Home keuangan Cara Mudah Menjadi Perempuan Cerdas Finansial

Cara Mudah Menjadi Perempuan Cerdas Finansial

by admin

Menjadi seorang perempuan bukan berarti kamu tidak bisa merdeka secara finansial. Zaman sekarang kedudukan laki laki dan perempuan sudah tidak memiliki perbedaan yang signifikan, karena apa yang dilakukan laki laki perempuan juga dapat melakukannya termasuk merdeka dalam finansial. Walaupun banyak sekali anggapan perempuan tidak dapat merdeka dalam finansial karena dianggap lebih boros dibandingkan laki laki. Hal ini tidak sepenuhnya salah karena salah sifat boros ini dapat menjadi penghambat seseorang merdeka dalam finansial, termasuk laki laki.

Tetapi untuk dapat merdeka secara finansial perempuan harus memiliki kecerdasan mengenai finansial itu sendiri. Karena pada dasarnya perempuan adalah makhluk perasa yang sulit untuk mengandalkan logika, tetapi disini perempuan harus sepenuhnya dituntut untuk menggunakan logikanya jika ingin memiliki kecerdasan finansial. Selain logika, terdapat beberapa cara lain yang dapat digunakan oleh para wanita agar dapat cerdas secara finansial.

Tips Menjadi Perempuan yang Cerdas Finansial

  • Mengontrol Perasaan

Ketika mengatur uang kamu dituntut untuk bisa menguasai diri mu sendiri, salah satunya adalah dengan mengontrol emosi. Emosi yang kerap kali muncul pada diri perempuan membuatnya tidak dapat menggunakan logikanya ketika melakukan sesuatu termasuk dalam mengontrol keuangannya. Karena seringkali perempuan melampiaskan berbagai emosi yang ada dalam dirinya dengan belanja apa yang mereka sukai, hal ini tentu saja salah satu sifat boros yang harus dihindari.

Untuk itu, mengontrol perasaan merupakan salah satu hal yang dapat membuatmu cerdas dalam finansial. Hargai setiap uang yang kamu miliki agar kamu tidak mudah untuk menghambur hamburkannya. Cerdaslah dalam mengeluarkan setiap uangmu dan ingat jerih payahmu dalam mendapatkan uang uang tersebut. Jangan sampai uang yang telah kamu kumpulkan sekian lama akan habis begitu saja karena kamu yang tidak bisa dalam mengontrol perasaan mu sendiri. 

  • Lakukan Komunikasi dengan Orang Sekitar

Keuangan adalah hal yang harus kamu rencanakan dengan matang, mulai dari berapa target pendapatan mu, kemudian pengeluaran yang boleh kamu lakukan dan lainnya. Dengan begitu semua masalah keuangan mu akan tersusun dengan rapi. Tetapi sebelum dapat menjalankan semua rencana keuangan tersebut ada baiknya kamu melakukan komunikasi dengan orang orang disekitarmu.

 

 Kamu juga perlu mendapatkan saran dari mereka untuk mendengar dari sudut pandang lain. Dengan begitu kamu jadi dapat melihat dimana letak potensi kesalahan yang dapat terjadi pada keuangan mu dari banyak sudut pandang. Karena terkadang wanita sangat sulit untuk melakukan komunikasi, jadi untuk dapat cerdas dalam finansial kamu harus mulai terbiasa dalam melakukan komunikasi terlebih dalam mengkomunikasikan masalah keuangan.

  • Terus Belajar

Terus belajar untuk dapat mengembangkan potensi diri merupakan cara selanjutnya yang dapat kamu lakukan untuk cerdas dalam finansial. Cari metode belajar mana yang kamu sukai untuk lebih tertarik setiap akan belajar. Kemudian pilih lah bagaimana caramu dalam mengatur keuangan tersebut dari yang paling kamu sukai dan kuasai. Dengan begitu setiap mengatur keuangan kamu jadi tidak kesulitan dan tidak memiliki benda yang berlebih. 

 

Karena tentu saja mengatur keuangan bukanlah hal yang muda, terlebih untuk membuatmu cerdas dalam finansial. Kamu harus terus belajar dan menerima hal hal baru agar potensi dalam dirimu terus berkembang.

  • Mencari Dukungan

Untuk dapat mengatur keuangan ada baiknya kamu memiliki dukungan agar membuat dirimu lebih bersemangat. Memiliki dukungan juga sangat penting untuk mu agar dapat mengendalikan emosi. Carilah dukungan dari orang orang yang tepat terlebih dari mereka yang memiliki keahlian dibidang keuangan, dengan begitu kamu juga dapat belajar dari mereka. Terlebih bagi seorang perempuan mendapatkan dukungan secara emosional adalah hal yang sangat penting untuk mereka. 

  • Hargai Diri Sendiri

Dapat menghargai diri sendiri sebenarnya terlihat sangat sepele, tetapi belum tentu semua orang dapat melakukannya. Menghargai diri sendiri dapat dilakukan dengan hal hal kecil, seperti misalkan tahu batasan diri sendiri dimana kamu tidak boleh memaksakan dirimu sendiri untuk mengerjakan sesuatu yang tidak dapat kamu lakukan. Tahu batasan diri sendiri ini merupakan bentuk menghargai yang paling sederhana yang harus kamu terapkan, karena ketika kamu melampaui apa yang ada pada dirimu kamu akan lebih membebani dirimu sendiri.

 

Ketika kamu memiliki beban yang begitu besar tentunya tidak baik untuk tubuhmu karena akan mengeluarkan reaksi yang akan merugikan. Seperti stress yang berlebih kemudian mudah lelah dan juga tubuhmu akan sangat rentan akan penyakit. Karena kembali lagi tubuh tidak akan bisa dibohongi jika ia merasakan stress yang berlebih ia akan meresponnya dengan berbagai penyakit. 

 

Selain itu kamu juga dapat menghargai diri sendiri dengan memberikan penghargaan penghargaan kecil. Seperti misalkan ketika kamu mencapai sesuatu yang membanggakan kamu dapat pergi berlibur untuk mencharger kembali energy mu.

You may also like