Home Tabungan  Cara Mudah Menabung Untuk Merdeka Finansial

 Cara Mudah Menabung Untuk Merdeka Finansial

by Mas Abadi

 

Merdeka finansial adalah impian bagi semua orang. Bisa dikatakan bahwa, seseorang yang sudah merdeka finansial adalah orang yang memiliki finansial dengan matang, hidupnya damai, bebas dari hutang piutang, tidak merasa terbebani. Bahkan, kebanyakan masalah timbul karena finansial yang belum matang.

Kamu harus memiliki tujuan dan rencana hidup yang jelas, agar kamu bisa mengetahui target tabungan untuk meraih merdeka finansial. Khususnya bagi kamu yang sudah bekerja dan mendapatkan gaji setiap bulannya, tentu saja harus menentukan rencana hidup yang jelas.

Karena, dana dalam tabungan akan sangat bermanfaat kelak menghadapi situasi yang darurat, atau bermanfaat untuk mendapatkan apa yang sedang kamu inginkan dengan membeli suatu barang. 

Menabung dengan Cara Ini Agar Merdeka Finansial

Berikut ini adalah tips menabung yang mudah diikuti supaya kamu berhasil dalam merdeka finansial. Simak bagaimana caranya yuk!

Membuat Rencana Target Tabungan dengan Detail

Cara pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat rencana target tabungan dengan detail. Sesuatu akan berjalan dengan arah yang jelas dan tidak akan buang-buang waktu jika kamu memiliki target yang jelas. Termasuk dalam hal menabung, kamu juga harus membuat rencana target tabungan yang jelas dan detail.

Kamu bisa membuat perencanaan tabungan dengan cara menuliskan secara detail, berapa anggaran yang harus dikeluarkan atau dibutuhkan untuk satu hal/barang yang memang kamu butuhkan. Tulislah barang apa yang kamu butuhkan, berapa anggarannya, kemudian kamu juga harus mencantumkan tanggal atau target tanggal yang ingin kamu capai.

Sebagai contoh kamu ingin memiliki dana pensiun dengan target Rp 70 miliar, maka kamu bisa menargetkan tabungan tersebut selama 4 atau 5 tahun bekerja. Bisa juga target lain, tentunya harus bermanfaat di masa yang akan datang, dengan begitu kamu bisa merdeka finansial.

Membuat Akun Bank yang Hanya Untuk Tabungan Saja

Jika sudah bekerja dan memiliki penghasilan setiap bulan, tentu saja kamu sudah memiliki akun bank tertentu untuk khusus untuk pengiriman gaji. Namun, perlu kamu perhatikan juga, menyimpan uang tabungan dengan uang yang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari juga harus dipisah.

Kamu harus memisahkan keduanya sebab, apabila kamu menggunakan akun rekening yang sama, uang tabungan lama-lama juga akan ikut terpakai. Jadi, sebagai orang yang ingin merdeka finansial, kamu harus lebih cermat dalam mengatur uang tabungan.

Utamakan Uang Untuk Tabungan Setelah Menerima Gaji

Jika sudah mendapatkan gaji setiap bulannya, akan lebih baik jika kamu langsung menyisihkan beberapa jumlah uang masuk dalam tabungan. Jadi, kamu bisa lega dan tidak akan habis duluan setelah menerima gaji. 

Target tabungan akan terpenuhi dengan cepat, dan sebisa mungkin jika kamu memiliki uang lebih, kamu harus prioritaskan uang tersebut untuk tabungan. Memang akan terasa berat saat menabung, artinya kamu harus hidup lebih prihatin.

Namun, jangan khawatir karena kamu akan merasakan hasil dari tabungan kamu sendiri selama ini di masa depan nanti. Bisa kamu gunakan untuk pensiun, darurat dan bisa juga untuk membeli kebutuhan mendesak dan yang lain sebagainya. Selain itu, usahakan untuk tidak menyentuh uang tabungan sebelum mencapai targetnya.

Mencatat Semua Pemasukan dan Pengeluaran Selama Satu Bulan

Selanjutnya, agar kamu bisa merdeka finansial harus rajin membuat catatan khusus pemasukan dan pengeluaran selama satu bulan. Hal tersebut harus kamu terapkan, karena sangat penting agar target terpenuhi dengan detail. Itu artinya, kamu memantau bagaimana pemasukan dan pengeluaran seimbang atau tidak. 

Kamu juga akan tahu lebih detail apakah kondisi finansial kamu merupakan defisit atau surplus. Tentu saja akan berpengaruh terhadap target tabungan yang sedang kamu kumpulkan. Kemudian kamu tentukan, jika surplus maka uang tabungan harus kamu tambah, dan sebaliknya. Apabila mengalami defisit, maka kamu harus mengurangi jumlah uang yang harus kamu tabung.

Jadi usahakan harus tetap menabung bagaimana kondisinya. Itu semua demi target yang sudah kamu rencanakan dengan matang, sehingga merdeka finansial.

Usahakan Tidak Berhutang dan Kredit

Selanjutnya, jika kamu sudah mencatat pemasukan dan pengeluaran kamu dan mengetahui apakah hasilnya surplus atau defisit. Sebaiknya tidak berhutang atau tidak melakukan kredit. Sebab, berhutang hanya akan membuat kamu fokus untuk melunasinya.

Hal buruknya, tentunya itu akan menghambat kamu dalam menabung. Target yang sudah kamu rencanakan juga hanya akan sia-sia dan kamu akan kehilangan semangat untuk mewujudkan merdeka finansial.

Usahakan Tidak Belanja Secara Impulsif

Hindari belanja dengan cara yang impulsif. Hal tersebut hanya akan membuat kamu menyesal karena sudah menggunakan uang untuk belanja hal yang tidak kamu butuhkan. Kamu hanya belanja berdasarkan “lapar mata”, padahal kamu tidak membutuhkan barang tersebut. Jadi, usahakan membelanjakan uang dengan cara yang bijaksana.

You may also like