Home keuangan Cara Mudah Kelola Finansial Sebelum Lebaran

Cara Mudah Kelola Finansial Sebelum Lebaran

by Mas Abadi

Bulan lebaran adalah bulan yang berbeda dari bulan bulan pada biasanya terutama untuk umat muslim. Akan banyak pengeluaran yang dilakukan untuk menyambut bulan lebaran. Karena biasanya masyarakat indonesia memiliki kebiasaan kebiasaan nya sendiri pada bulan ini. Mulai dari mudik ke kampung halaman, kemudian berkumpul dengan sanak saudara, dan juga pergi liburan bersama keluarga besar. Belum lagi pembagian THR yang kerap kali dilakukan untuk para keponakan. 

Seluruh kegiatan pada saat lebaran tersebut tentu saja membutuhkan biaya yang cukup besar. Untuk itu sebelum lebaran tiba kamu harus memiliki cara baru dalam mengatur keuangan agar dapat memenuhi seluruh kebutuhan pada saat lebaran. Dibawah ini terdapat beberapa cara mudah yang dapat kamu lakukan untuk mengelola finansial sebelum lebaran tiba!

Tips Mengelola Finansial Sebelum Lebaran

  • Buat Rancangan Anggaran Untuk Lebaran

Tips pertama yang dapat kamu lakukan sebelum lebaran tiba adalah membuat rancangan anggaran untuk lebaran. Dengan membuat rancangan anggaran kamu dapat mengetahui berapa budget yang kamu butuhkan, kemudian apa saja yang harus kamu beli ketika menjelang lebaran tiba. Dengan rancangan tersebut akan meminimalisir mu dari belanja di luar anggaran dan membuat anggaran mu membengkak saat lebaran.

 

Karena ketika sudah membuat rancangan anggaran saja kamu dapat melihatnya  =secara langsung bahwa itu membutuhkan budget yang cukup besar, apalagi jika kamu tidak membuat rancangan anggarannya terlebih dahulu. Nantinya kamu malah bisa kaget karena anggaran jauh lebih membengkak  akibat tidak memiliki kontrol ketika berbelanja.

  • Belanja Sesuai Kebutuhan

Setelah membuat rancangan anggaran untuk lebaran, selanjutnya kamu dapat langsung menerapkannya dengan cara belanja sesuai dengan kebutuhan yang telah kamu tuliskan. Jangan sampai menjelang lebaran kamu malah menghamburkan uangmu untuk berbagai kebutuhan yang tidak terlalu penting. Karen jika hal tersebut kamu lakukan setelah lebaran berlalu finansial mu akan sangat kacau. 

Untuk itu konsistenlah dalam membelanjakan uangmu sesuai dengan kebutuhan, jangan mudah terayu dengan promo menjelang lebaran. Karena tentu saja akan sangat banyak promo yang ditawarkan menjelang lebaran tiba. Terlebih semua orang akan berlomba lomba untuk belanja baju lebaran. Jika kamu tidak memiliki rem atas diri mu sendiri dampaknya juga akan kembali pada dirimu.

 

Jangan sampai kalap untuk membeli semua barang yang kamu inginkan dengan alasan momen lebaran hanya terjadi setahun sekali. Belanjalah sesuai dengan rancangan anggaran yang telah kamu buat sebelumnya.

  • Jangan Campurkan Uang THR dan Gaji 

Tips selanjutnya yang dapat kamu lakukan pada saat menjelang lebaran adalah jangan sampai mencampurkan uang THR dan gaji. Kamu dapat membuat rancangan anggaran sendiri dengan uang thr mu. Jangan sampai mencampurkan THR dan gaji untuk meminimasilis adanya kekurangan dana. Jadi uang gajimu tetap dapat kamu aplikasikan untuk kebutuhan seperti biasanya dan uang THR dapat kamu aplikasikan untuk kebutuhan lebaran.

 

Terlebih jangan sampai kalap menggunakan THR mu untuk kebutuhan yang tidak terlalu berguna. Manfaatkanlah uang THr tersebut untuk berbagai kebutuhan menjelang lebaran, seperti untuk membayar zakat, belanja keperluan lebaran, dan lain sebagainya. Jika perlu kamu dapat menabung sebagian untuk antisipasi dana darurat.

  • Siapkan Dana Darurat

Menyiapkan dana darurat sebelum menjelang lebaran tiba adalah hal yang sangat penting. Kana banyak sekali kebutuhan yang bisa terjadi ketika lebaran tiba. Oleh karena itu membuat dana darurat akan menyelamatkan mu nantinya. Kamu akan terhindar dari hutang jika membutuhkan dana secara cepat. Terlebih lebaran adalah momen dimana semua orang membutuhkan dana untuk memenuhi kebutuhan lebarannya sendiri.

 

Oleh karena itu memiliki dana darurat akan membuat dirimu jauh lebih aman dan terhindar dari potensi menyusahkan orang orang sekitar. Jangan sampai yang tadinya momen lebaran adalah untuk bersenang senang malah terjadi kekacauan akibat kamu tidak dapat menanggulangi masalah yang tiba tiba terjadi. Seperti misalkan kendaraan mu rusak ketika lebaran, tentu saja jika tidak cepat kamu perbaiki mobilitas mu akan terganggu dan membuatmu sulit untuk melakukan silaturahmi dengan sanak saudara. 

  • Pelajari Masalah Keuangan

Keuangan adalah hal salah satu yang sangat kompleks dalam kehidupan. Untuk itu, keuangan adalah hal yang harus kamu pelajari. Mulai dari cara untuk mendapatkannya, cara untuk mengelolanya, dan lain sebagainya. 

 

Terlebih saat menjelang lebaran, akan banyak pengeluaran yang kamu lakukan. Jika kamu tidak pandai mengaturnya nantinya keuangan mu akan mengalami masalah. Dan jika keuanganmu sudah terjadi masalah akan banyak hal yang ikut terdampak. Mulai dari tidak terpenuhi kebutuhan lebaran, kemudian kamu juga dapat jatuh sakit akibat stress yang  berlebih karena memikirkan kondisi keuangan. Oleh karena itu jangan sampai kamu menyepelekan cara mengatur pada keuangan.

You may also like