Home Uncategorized Cara Menyiapkan Dana Pensiun Meski Sudah Usia 30an

Cara Menyiapkan Dana Pensiun Meski Sudah Usia 30an

by Mas Abadi

Mungkin ada banyak harapan yang ingin kamu wujudkan ketika sudah memasuki masa pensiun nanti. Namun bisa menikmati masa pensiun dengan rasa aman dan nyaman adalah harapan setiap orang. Bayangkan saja ketika kamu bisa menjalani hidup tanpa ada rasa khawatir meskipun sudah tidak memiliki penghasilan tetap.

Bersantai di rumah bersama keluarga sembari menikmati hari tua tentunya akan lebih menyenangkan daripada harus hidup susah dan bergantung kepada orang lain. 

Nah, untuk mewujudkannya kamu perlu menyiapkan dana pensiun sedini mungkin. Tak ada kata terlambat meski saat ini kamu sudah berusia 30an. Lalu, bagaimana caranya agar dana pensiun terkumpul dan bisa dimanfaatkan ketika sudah tidak produktif lagi ? Simak artikel ini sampai akhir, ya !

5 Cara untuk Menyiapkan Dana Pensiun

Buat kamu yang saat ini sudah menginjak kepala tiga, jangan khawatir karena ada beberapa cara agar kamu bisa memiliki dana pensiun. Berikut  5 cara menyiapkan dana pensiun :

Tentukan Waktu Pensiun

Sebenarnya tidak ada ketentuan yang pasti mengenai berapa besar uang yang mesti dikumpulkan sebagai persiapan masa pensiun. Karena setiap orang tentunya memiliki kebutuhan dan tujuan finansial yang berbeda-beda.

Maka dari itu, rencanakan terlebih dulu kapan kamu akan pensiun. Ini penting agar kamu tahu berapa lama kamu harus menyiapkan dana pensiun. Sehingga nantinya akan lebih mudah untuk memperkirakan berapa besar dana pensiun yang harus terkumpul. 

Sebagai contoh kamu berencana pensiun saat berusia 55 tahun dan sebut saja kamu diberi kesempatan hidup sampai usia 80 tahun. Artinya, kamu perlu mengumpulkan dana pensiun yang bisa mencukupi kebutuhan kamu selama 25 tahun. Jumlahnya bisa dilihat dari total pengeluaran bulanan kamu selama ini.     

Mulai Konsisten Menabung dari Sekarang

Jika kamu sudah mengetahui besaran dana pensiun yang dibutuhkan nantinya, maka mulailah menabung dari sekarang. Sisihkan sebagian penghasilan kamu dengan persentase yang sudah ditentukan sebelumnya.

Tapi umumnya, alokasi untuk tabungan dana pensiun sebesar 10%-20% dari total penghasilan bulanan. Sehingga kamu perlu menyisihkan sekitar Rp 500 ribu per bulan jika penghasilan kamu sebesar Rp 5 juta. Lakukan hal ini secara rutin dan konsisten karena untuk mengumpulkan uang dalam jumlah banyak tentu tidaklah mudah.

Dan jangan tunda lagi untuk mulai menabung dari sekarang. Karena semakin awal kamu mulai untuk menabung dana pensiun, maka kesempatan kamu untuk bisa menyiapkannya akan semakin lama. Lebih baik mengumpulkan sedikit demi sedikit dari sekarang ketimbang langsung menyisihkan uang dalam jumlah yang banyak. 

Segera Lunasi Utang

Sekeras apapun usahamu untuk menghindari utang, namun terkadang hidup memang tidak semudah yang dibayangkan. Ada saja hal-hal tak terduga yang mungkin membuat kamu terpaksa memiliki utang. 

Jika sudah terlanjur memiliki utang-utang yang belum lunas sampai sekarang, maka fokus utama kamu saat ini adalah melunasinya.

Alokasikan penghasilan kamu untuk membayar tagihan utang, bisa dimulai dari yang jumlahnya paling kecil. Atau bisa juga melunasi utang yang beban bunganya besar.

Usahakan utang-utang yang kamu miliki bisa segera lunas, meskipun kamu harus mengorbankan beberapa pos pengeluaran. Namun jangan sampai kamu melunasi utang-utang tersebut dengan berutang lagi. Masalah bukannya selesai justru akan semakin bertambah di kemudian hari. 

Manfaatkan Program Dana Pensiun

Saat ini terdapat banyak pihak yang menyediakan program dana pensiun, seperti perbankan dan perusahaan asuransi. Ini bisa kamu manfaatkan untuk menyiapkan dana pensiun.

Program yang ditawarkan tentu memberikan beragam manfaat yang penting bagi kamu yang ingin menikmati masa pensiun dengan nyaman. Kamu cukup membayar iuran atau premi per bulan, yang besarannya tergantung dari kebijakan masing-masing penyedia program dana pensiun.

Pilihlah program dana pensiun yang memberikan banyak benefit dan sesuai dengan kebutuhan kamu. Dengan mengikuti program ini, kamu bisa lebih mudah menyiapkan dana pensiun untuk hari tua nanti.

Pertimbangkan untuk Mulai Investasi

Jika kamu hanya mengandalkan tabungan, maka kemungkinan akan sulit untuk mencapai target dana pensiun kamu. Nah, investasi bisa kamu jadikan opsi terbaik karena bunga yang bisa kamu dapatkan lebih besar dari tabungan. Karena investasi tidak terpengaruh inflasi sehingga modal yang kamu tanamkan bisa tumbuh dalam jumlah besar meski harus menunggu sekian tahun.

Jadi, pertimbangkan untuk berinvestasi juga meskipun kamu sudah rutin menabung. Imbal hasil yang kamu dapatkan dari investasi pasti lebih menguntungkan, apalagi jika dimulai dari sekarang. Dengan kemampuan analisa yang baik, kamu bisa menghasilkan pendapatan dari investasi.     

Memiliki perencanaan keuangan jangka panjang seperti halnya menyiapkan dana pensiun memang penting. Dan sebaiknya kamu persiapkan mulai dari sekarang agar tak ada penyesalan di hari tua nanti. Selamat mencoba kelima cara di atas, ya ! 

You may also like