Home Tips Cara Menjaga Kartu Kredit Supaya Tetap Aman

Cara Menjaga Kartu Kredit Supaya Tetap Aman

by admin

Apakah Anda pernah mengalami penipuan ketika memakai kartu kredit? Mengalami penipuan memang merupakan kejadian yang sangat menyebalkan. Penipuan ketika memakai kartu kredit banyak terjadi karena kartu kredit dapat digunakan untuk membeli barang-barang mahal dan mudah digunakan. Karena itu, Anda perlu selalu menjaga keamanan kartu kredit Anda. Penipuan kartu kredit sangat umum akhir-akhir ini sehingga penipuan  skimming merupakan salah satu penipuan yang paling umum. Proses penipuan skimming banyak terjadi ketika sebagian orang tidak mengetahui kapan mereka menggunakan kartu kreditnya saat berbelanja. penipuan skema dapat disebabkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab dan mencoba merugikan Anda saat Anda memakai kartu kredit Anda untuk bertransaksi. Dengan begitu, orang asing memasukkan kartu kredit Anda ke alat pembayaran menggunakan skimmer. Ini memberi penjahat akses ke semua informasi pribadi yang berkaitan dengan kartu kredit dan memberi mereka kebebasan untuk menggunakannya. Ini hanyalah salah satu dari banyak jenis penipuan hari ini. Oleh karena itu, yang perlu Anda lakukan adalah berusaha menjaga keamanan kartu kredit Anda setiap saat. Cara menjaga kartu kredit supaya tetap aman adalah sebagai berikut.

  • Waspadalah terhadap transaksi 

Menggesek kartu adalah moment yang paling rentan untuk ditipu, jadi Anda harus lebih waspada saat melakukan transaksi. Ikuti setiap proses transaksi dengan cermat. Jangan beri kesempatan kasir mencuri kartu kredit Anda tanpa perhatian Anda. Untuk memastikan keamanan kartu kredit Anda, jangan serahkan kartu kredit Anda kepada orang lain tanpa sepengetahuan Anda. Lihat semua detail proses perdagangan. Jika Anda memiliki masalah, jangan ragu untuk bertanya guna mencegah penipuan. Selalu waspada.

  • Jangan memberikan informasi kartu kredit 

Cukup praktis untuk melakukan pembayaran kartu kredit saat belanja online. Hal ini karena belanja online sangat nyaman dan menawarkan berbagai macam produk kepada pembeli, terutama jika mereka sering membeli produk yang mereka butuhkan secara online. Tentu saja, dalam hal ini pun pembayaran sering dilakukan dengan menggunakan kartu kredit. Belanja online merupakan cara berbelanja yang mudah. Namun, berhati-hatilah ketika berbelanja online dengan kartu kredit. Pada Beberapa online store sering meminta Anda untuk memasukkan detail kartu kredit Anda untuk  melakukan transaksi dengan kartu kredit. Anda perlu memastikan bahwa toko online Anda bukan toko palsu sebelum memberikan kartu kredit Anda, karena Anda dapat dengan mudah menggunakan detail kartu kredit Anda untuk transaksi lainnya. Periksa review toko sebelum melakukan pembayaran. 

  • Selidiki sebelum membayar faktur 

Setiap bulan, Anda akan menerima laporan kartu kredit berua total transaksi yang sudah Anda lakukan pada bulan tersebut. Banyak orang yang tidak ingin repot-repot mengecek tagihannya, sehingga mereka hanya membayar tanpa menyelidiki terlebih dahulu. Hal ini dapat membuat Anda menjadi korban penipuan. Kami menyarankan Anda untuk menyelidiki sebelum membayar faktur dan segera melaporkan setiap transaksi yang mencurigakan ke bank Anda. Simpan juga bukti transaksi yang telah Anda lakukan agar dapat dibandingkan dengan tagihan Anda. Menyimpan bukti transaksi tentu merepotkan, tetapi jika Anda tidak ingin menjadi scam, Anda harus rela melakukannya. Jika Anda melakukannya  dengan hati-hati, Anda dapat menghindari penipuan.

  • Tanda tangani kartu kredit Anda 

Semua kartu kredit mempunyai punggung putih yang harus dan perlu ditandatangani agar tetap aman, namun tetapi masih banyak orang  yang tidak melakukannya. Banyak pengguna kartu kredit tidak mengerti cara menggunakannya, sehingga mereka tidak menganggapnya penting. Oleh sebab itu, jika Anda tidak mau mengalami sendiri penipuan tersebut, cepat tandatangani kartu kredit Anda. Jika kartu tersebut sudah ditandatangani, maka  kartu kredit tersebut menjadi milik Anda secara sah.

  • Gunting kartu yang tidak digunakan 

Semua kartu kredit memiliki tanggal kadaluarsa, setelah itu kartu tidak dapat digunakan lagi. Namun, kartu tersebut harus dipotong dan dimusnahkan untuk mencegah penyalahgunaan. Ini adalah cara paling mudah untuk mencegah  penyalahgunaan kartu ke tangan orang jahat atau digunakan oleh orang lain untuk menyakiti Anda.

  • Gunakan  PIN 

Kini, bank-bank di Indonesia telah menyediakan cara lain untuk meningkatkan keamanan kartu kredit mereka: kode PIN. Sebelumnya, Anda hanya perlu menandatangani konfirmasi transaksi saat melakukan transaksi, namun kini Anda dapat menggunakan kode PIN. Menggunakan PIN pada kartu kredit Anda sebenarnya membuat proses transaksi lebih sederhana dan pasti lebih aman.

Anda dapat mengamankan kartu kredit dengan mengikuti 6 langkah di atas, tetapi jika Anda memiliki kartu kredit, Anda juga harus membawa barang-barang lain. apa ini? Anda perlu mengatur keuangan Anda dengan baik. Kenyamanan yang ditawarkan kartu kredit dapat membuat Anda melupakan diri sendiri dan pilihan keuangan Anda, yang akhirnya hilang begitu saja. Jadi, kartu kredit Anda harus aman, tetapi jangan lupakan keamanan finansial Anda.

You may also like