Home Tips Cara Mengurus NPWP Pribadi Maupun Badan

Cara Mengurus NPWP Pribadi Maupun Badan

by Mas Abadi
cara mengurus NPWP

Sebenarnya cara mengurus NPWP baik pribadi atau badan memiliki 2 (dua) metode. Keduanya terbilang mudah apabila Anda memang telah memahami dengan baik bagaimana cara kerjanya. Namun, sebelum mendaftar sebaiknya Anda mempersiapkan semua dokumen yang ditentukan oleh pihak pengurusan pajak.

Perlu Anda ketahui, jika NPWP adalah salah satu dokumen resmi yang sebenarnya wajib dimiliki oleh setiap WNI (Warga Negara Indonesia) tentunya bagi yang memenuhi syarat sebagai Wajib Pajak. Selain itu banyak sekali manfaat atau keuntungan  yang bisa Anda dapatkan dengan memiliki NPWP.

Keuntungan Memiliki NPWP

Sebagai seorang Wajib Pajak, banyak keuntungan serta kemudahan yang bisa didapatkan ketika ingin mengajukan atau membutuhkan sesuatu, misalnya :

  1. Ketika ingin membuat Visa atau Paspor keluar negeri, tentunya akan lebih mudah. Karena memang NPWP merupakan salah satu dokumen wajib yang harus ada ketika mengajukan pembuatan kedua dokumen tersebut.
  2. Saat Anda akan mengajukan KPR Rumah atau Kredit Kendaraan.
  3. Kemudahan dalam pengajuan pinjaman UKM atau KUR.
  4. Bila Anda memiliki sebuah usaha dan ingin membuat SIUP, NPWP adalah dokumen wajib yang harus disertakan.
  5. Tentukan akan mendapatkan kemudahan ketika Anda sedang mengurus apapun yang berkaitan dengan pajak, contohnya :
  • Untuk pengajuan pengurangan pembayaran pajak.
  • Mengurus retribusi.
  • Pengurusan rekening koran.
  • Pembukaan rekening baru.
  • Mengetahui total pajak yang wajib dibayar.

Cara Mengurus NPWP Pribadi atau Badan Secara Online

Cara membuat NPWP

Semakin berkembang teknologi, tentunya semakin mempermudah masyarakat untuk membuat dan mengurus segala sesuatunya melalui internet. Seperti untuk mengurus NPWP bagi pribadi dan badan, Anda tidak perlu lagi berpanas-panasan untuk mendatangi Kantor Pelayanan Pajak. Berikut dibawah ini adalah cara mengurus NPWP melalui Online :

  1. Buka situs www.pajak.go.id, kemudian Anda cari menu e-Registration. Bila sebelumnya belum mendaftarkan diri, lakukan pendaftaran terlebih dahulu. Cukup klik “daftar” dan ikuti petunjuknya.
  2. Lakukan aktivasi, buka email kemudian cek kotak masuk. Bila menemukan surel dari dirjen pajak, buka dan ikuti petunjuknya.
  3. Jika sudah melakukan aktivasi, langkah selanjutnya adalah mengisi formulir.
  4. Masuklah kembali ke situs tadi menggunakan email serta password yang telah dibuat sebelumnya.
  5. Masuk ke halaman pendaftaran untuk membuat NPWP, isi keseluruhan kolom yang ada, jangan terlewat satu pun.
  6. Jika sudah selesai, nantinya akan ada Surat Keterangan Terdaftar Sementara yang bisa Anda simpan.
  7. Kirim formulir tadi, pilih menu “daftar”. Otomatis Anda telah mengirimkan semua informasi ke pihak KKP.

Apabila telah melakukan semua langkah di atas, selanjutnya Anda harus mencetak beberapa dokumen :

  1. Cetak formulir yang telah terisi.
  2. Cetak Surat Keterangan Terdaftar Sementara yang tadi didapatkan.

Setelah Anda mencetak kedua dokumen tersebut, langkah berikutnya adalah menandatangani formulir dan lengkapi semua persyaratannya. Kiriman kembali semua file tersebut ke KKP melalui pos atau Anda bisa scan dan  unggah melalui e-Registration.

Lalu apa yang harus dilakukan jika sudah melakukan semua langkah di atas? Anda hanya harus menunggu dan mengecek apakah dokumen Anda disetujui atau ditolak. Apabila disetujui, maka KKP akan mengirimkan kartu NPWP ke alamat yang terdaftar. Namun, bilamana dokumen Anda ditolak, silahkan lakukan pengecekan kembali apakah ada syarat yang salah.

Cara Mengurus NPWP Pribadi atau Badan Secara Offline

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya jika metode mengurus NPWP ada 2 (dua) cara, pertama online yang kedua dilakukan secara offline. Berikut adalah caranya :

  • Datang ke Kantor Pelayanan Pajak (KKP)

Untuk proses mengurus NPWP ini ada baiknya Anda telah mempersiapkan seluruh dokumen dan persyaratan yang dibutuhkan agar tidak bolak-balik. Anda cukup datang ke KKP terdekat sesuai dengan asal tinggal.

Bilamana ternyata KTP berbeda dengan alamat tinggal, mintalah terlebih dahulu surat keterangan domili pada RT, RW dan kelurahan setempat sebagai bukti jika Anda memang tinggal dilingkungan tersebut.

Fotokopi seluruh dokumen yang dijadikan persyaratan. Serahkan pada petugas, kemudian Anda ikut mengantri setelah mendapatkan bukti tanda jika sudah melakukan pendaftaran sebagai Wajib Pajak dan telah terdaftar sebagai penerima kartu NPWP.

Mulai dari proses pendaftaran hingga menerima kartu, biasanya hanya memerlukan waktu 1 (satu) hari kerja. Kegiatan ini tidak dipungut biaya apapun. Bila kartu telah selesai di buat, akan dikirim melalui pos ke alamat yang tercatat.

  • Lewat Kantor Pos dan Jasa Ekspedisi

Jika Anda memilih untuk mendaftarkan diri melalui kantor pos atau jasa ekspedisi. Siapkan semua persyaratan serta dokumen. Bawa semua ke kantor pos terdekat, mintalah formulir pada teller atau petugas, isi dengan jujur. Jika sudah nanti pihak pos atau ekspedisi akan membantu mengirimkan dokumen tersebut ke KKP. Anda hanya tinggal menunggu hasilnya.

Itulah tadi proses dari cara mengurus NPWP untuk pribadi dan badan. Anda dapat memilih metode mana yang ingin digunakan dalam pengurusannya. Anda juga harus memastikan apabila semua dokumen dan persyaratan telah terpenuhi, agar nantinya tidak perlu berulangkali melakukan pekerjaan yang sama.

You may also like