Home Perencanaan Cara Menghitung Biaya Pendidikan Anak dalam Satu Tahun

Cara Menghitung Biaya Pendidikan Anak dalam Satu Tahun

by Mas Abadi

Menghitung biaya pendidikan anak merupakan salah satu hal yang harus dilakukan  sedini mungkin sebagai orang tua. Melalui perencanaan pendidikan yang yang baik, tentu saja hal tersebut tidak akan membuat Anda rugi di masa depan. Keuntungan lain dari mempersiapkan biaya pendidikan anak sedini mungkin adalah Anda tidak harus lagi bersusah payah dalam mencari sebuah dana untuk pendidikan anak Anda. Selain itu,  anak Anda pun pastinya akan lebih memiliki semangat dalam belajar karena dalam setiap aktivitas belajarnya mendapatkan fasilitas yang terbaik dari orang tua. Kemudian bagaimanakah cara menghitung biaya pendidikan anak dalam satu tahun? 

Persiapan dan cara menghitung biaya pendidikan anak

Saat ini banyak sekali orang yang beranggapan bahwa melakukan perhitungan untuk biaya pendidikan anak merupakan hal yang sulit untuk dilakukan. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena pada artikel kali ini akan memberikan penjelasan mengenai tips-tips yang dapat dilakukan dalam melakukan sebuah perencanaan pendidikan anak sampai ke tahap perhitungan biaya pendidikan anak dalam satu tahun.  Berikut merupakan beberapa hal yang  dapat Anda lakukan dari sekarang sebagai langkah awal persiapan, yaitu;

1. Melakukan riset tentang sekolah anak

Seiring dengan berkembangnya zaman, saat ini Anda dapat menemukan banyak sekali pilihan sekolah yang diperuntukkan sebagai tempat pendidikan, mulai dari sekolah bertaraf swasta,  sekolah negeri,  asrama,  hingga sekolah yang menggunakan kurikulum internasional. Akan tetapi, pilihan dari beraneka ragam sekolah tersebut tentunya memiliki dana yang beragam pula.  Oleh karena itu, Anda perlu melakukan sebuah riset terlebih dahulu untuk mencari tahu apakah biaya pendaftaran dari sekolah yang Anda pilih sesuai dengan pendapatan Anda atau tidak. Jika demikian,  maka pengeluaran Anda untuk biaya pendidikan anak dapat diperhitungkan dengan baik.

2. Menghitung dana pendidikan saat ini

Jika Anda telah memiliki pilihan dari  jenis sekolah apa yang cocok untuk anak Anda,  maka langkah selanjutnya adalah membedakan biaya pendidikan berdasarkan tingkatannya.  Contohnya seperti biaya pendidikan saat TK, SD, SMP, sampai SMA, atau dalam kasus khusus bisa sampai ke tahap kuliah. Ini diperlukan karena pada masing-masing tingkatan tersebut mempunyai waktu dan juga cara yang perlu dibedakan dalam menabung. Apabila Anda telah mendapatkan gaji bulanan yang tetap, tentunya Anda hanya perlu merencanakan tentang uang yang dikeluarkan untuk tingkatan TK hingga SMA.

 

Hal ini penting dilakukan, karena uang sekolah anak Anda dapat diambil melalui persentase penghasilan bulanan. Namun bagi Anda yang belum memiliki gaji tetap setiap bulannya,  akan disarankan untuk menabung biaya sekolah saat ini.  Sedangkan untuk tingkatan kuliah sampai S1, itu Anda dapat mulai melakukan perhitungan dari awal masuk kuliah hingga lulus kuliah, yang kira-kira berjarak 4 tahun. Kemudian ada baiknya Anda untuk memilih patokan dari sekolah yang memiliki biaya paling mahal, hal tersebut akan mempermudah Anda jika ingin mengganti pilihan sekolah sewaktu-waktu.

3. Menghitung dana pendidikan di masa depan

Berdasarkan data, biaya akan cenderung mengalami kenaikan setiap tahunnya. Hal membuat Anda harus memiliki persiapan dan juga menghitung dana pendidikan anak di masa yang akan datang. Hal ini akan semakin penting apabila terdapat inflasi,  yang  akan membuat biaya tertentu semakin  mengalami kenaikan. Inflasi merupakan suatu keadaan saat harga barang yang mengalami kenaikan harga dan hal tersebut akan menyebabkan nilai mata uang juga mengalami kenaikan. Oleh karena adanya inflasi tersebut, maka perekonomian akan terkena dampaknya. 

4. Melakukan perhitungan biaya pendidikan menggunakan bantuan kalkulator online

Agar dapat mempermudah Anda dalam melakukan perhitungan dan memprediksi biaya yang diperlukan untuk pendidikan anak dalam 1 tahun ke depan. Anda dapat menggunakan  bantuan dari kalkulator Online.  Namun sebelum menggunakan kalkulator online tersebut, Anda harus mempersiapkan beberapa hal, yaitu adalah  present value, future value, periodic payment, periode dan inflasi. 

Dengan bantuan dari website kalkulator online tersebut, maka Anda dapat melakukan perhitungan biaya pendidikan anak dengan lebih mudah dan cepat.  Akan tetapi Anda juga perlu untuk mencocokkan setiap jenis investasi atau tabungan yang nantinya akan Anda pilih guna memenuhi dana pendidikan anak Anda selama satu tahun. 

Jika Anda memerlukan dana pendidikan dalam kurun waktu yang tidak lama, maka Anda dapat memilih tabungan yang cocok. Namun apabila Anda memerlukan dana pendidikan dalam jangka waktu yang cukup lama seperti sekitar 10 tahun maka investasi merupakan pilihan yang terbaik.

 

Demikianlah penjelasan mengenai cara menghitung biaya pendidikan anak dalam satu tahun. Dari beberapa tips perencanaan di atas,  tentu Anda akan semakin tentang pentingnya melakukan perhitungan biaya pendidikan anak sedini mungkin. Karena apabila Anda telah mempersiapkan dana pendidikan, maka Anda tidak perlu memusingkan pengeluaran Anda di masa depan. 

You may also like