Home Tips Cara Menghemat Air dengan Mudah dan Efektif

Cara Menghemat Air dengan Mudah dan Efektif

by Greg Pascal
Cara menghemat air

Cara menghemat air yang efektif untuk kelangsungan hidup dapat dilakukan dengan menggunakannya sebijak mungkin, karena sumber daya alam ini merupakan kebutuhan wajib untuk minum, memasak, mencuci, mandi dan keperluan lainnya.

Dengan menghemat air sama dengan menjaga ketersedian air terutama air bersih, tentunya untuk kebutuhan rumah tangga menjadi sesuatu yang penting. Maka dari itu, perlu kesadaran dari dalam diri untuk bisa berhemat dalam penggunaannya.

Dalam banyak kasus, di sebagian wilayah mungkin banyak yang kekurangan air bersih. Mungkin hal ini juga terjadi di beberapa kota besar, sebagian besar pasokan air bersih mengandalkan kiriman dari jasa penyalur air bersih. Untuk itu, usahakan gunakan dengan bijak air tersebut.

Bagaimana cara menghemat air yang efektif? Ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam menghemat penggunaan air, salah satunya matikan keran air setelah digunakan, ketika keran lupa dimatikan maka air akan terbuang sia-sia.

Cara Menghemat Air

Banyaknya kebutuhan terhadap air terkadang membuat penggunaannya menjadi berlebihan, jika secara terus menerus digunakan maka sumber air bisa habis. Apalagi jika airnya berasal dari jasa penyalur air, ketika digunakan berlebihan maka biayanya bisa membengkak. Adapun cara menghemat air yaitu sebagai berikut.

1. Matikan Keran Saat Tidak Digunakan

Salah satu cara efektif dalam menghemat air yaitu dengan mematikan kran setelah digunakan. Terkadang setelah dipakai, keran terus mengalirkan air hingga luber, inilah yang bikin boros dalam penggunaan air.

Contohnya ketika sedang mencuci tangan pastinya butuh air untuk membilas sabun. Cara menghematnya dengan menutup keran ketika selesai menyabuni tangan, dan buka kembali ketika ingin membilas.

2. Pikirkan Tagihan Air

Tagihan air yang besar biasanya menandakan penggunaan air yang besar pula, hal inilah yang bikin pengeluaran menjadi besar. Maka agar tagihan air tidak membengkak, bisa menghemat pemakaiannya sehingga bisa menghemat pula pengeluaran bulanan anda.

Biasanya untuk kota besar menggunakan jasa penyalur air, yang setiap bulannya dikenakan biaya. Dengan demikian, mulailah menghemat air agar tagihan air pun tidak membengkak.

Cara menghemat air

Baca Artikel Selanjutnya : 

3. Hindari Mandi Terlalu Lama

Salah satu hal yang harus dihindari demi menghemat air yaitu jangan mandi terlalu lama, atau berendam di bak mandi lama-lama. Hal ini bisa membuat pemakaian air menjadi berlebih dan bisa terbuang percuma.

Cara efektif menghemat air untuk mandi yaitu dengan mengganti bak mandi dengan shower dengan aliran air rendah, hal ini bisa mengurangi pemakaian air untuk mandi.

4. Daur Ulang Air Bekas Cucian

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghemat air yaitu dengan mendaur ulang air bekas cucian, artinya mengolah kembali air kotor menjadi air bersih dengan bantuan filter air.

Air yang telah didaur ulang tersebut bisa digunakan untuk keperluan lain seperti menyiram tanaman atau membersihkan kamar mandi dan lain sebagainya. Hal ini tentunya bisa menghemat pemakaian air.

5. Menampung Air Hujan

Menampung air hujan bisa menjadi salah satu cara menghemat air, dimana air dari tampungan hujan ini bisa digunakan untuk keperluan seperti menyiram tanaman hingga mencuci piring dan pakaian.

Maka buatlah penampungan air hujan, sebagai salah satu cara yang bisa dilakukan di rumah untuk menghemat pemakaian air. Anda bisa menempatkan ember atau penampung lainnya pada saat hujan.

Itulah cara menghemat air di rumah yang bisa dilakukan dengan mudah, tanpa harus mengeluarkan biaya. Terpenting gunakan air sebijak mungkin, dengan tidak membuang air untuk hal yang tidak mendesak atau dibutuhkan.

Manfaat Menghemat Air

Setelah mengetahui cara menghemat air yang efektif, yuk mengenal manfaat menghemat air dalam uraian dibawah ini.

1. Melestarikan Lingkungan

Dengan menghemat air bisa berdampak positif untuk kelestarian lingkungan, air sedianya menjadi sumber kehidupan baik bagi manusia, hewan dan tumbuhan. Dengan melimpahnya air bisa melestarikan lingkungan sekitarnya, seperti menumbuhkan tanaman, mengairi persawahan atau pertanian hingga sebagai bahan dasar untuk minum.

2. Menjaga Persediaan Makanan

Dengan pasokan air yang melimpah, maka bisa menjaga persediaan makanan. Misalnya air sangat dibutuhkan untuk pertanian atau perkebunan yang menghasilkan bahan makanan pokok bagi makhluk hidup. Apabila terjadi kekeringan makan pasokan makanan akan terganggu.

3. Menghindari Kekeringan

Dengan menghemat air bisa menghindari kekeringan, seperti air yang disalurkan ke rumah-rumah yang berasal dari sumber mata air. Jika tidak dijaga maka akan terjadi kekeringan, maka gunakan air dengan bijak dan seperlunya. Hindari memakai air dengan boros, sehingga secara tidak langsung ikut menjaga pasokan air yang ada.

Itulah beberapa manfaat menghemat air, tujuannya untuk menjaga kelangsungan hidup manusia, hewan dan tumbuhan. Karena kita hidup tidak bisa lepas dari air, sebagai kebutuhan pokok sehari-hari.

Cara menghemat air lainnya yang bijak dan efektif salah satunya dengan membuat sumur resapan atau penampungan air hujan. Bertujuan untuk menjaga pasokan air di rumah tetap terpenuhi. Meski demikian, sudah seharusnya bisa gunakan air seperlunya saja, tidak membuang-buang air secara percuma.

You may also like