Home keuangan Cara Mengatur Pengeluaran Supaya Liburan Tidak Mengganggu Finansial

Cara Mengatur Pengeluaran Supaya Liburan Tidak Mengganggu Finansial

by admin

Liburan adalah salah satu kegiatan yang ingin kamu lakukan dalam waktu dekat. Tapi, tentu saja untuk bisa liburan dengan nyaman dan aman untuk kondisi finansial harus memperhatikan banyak hal. Salah satunya adalah dengan tahu cara mengatur pengeluaran saat liburan. 

Terkadang saat kita liburan sendiri, kita sering gegabah dalam mengatur keuangan. Padahal penting sekali untuk mengatur finansial agar tidak mengganggu keadaan keuangan kamu. Ada beberapa cara yang bisa jadi solusi agar bisa tetap liburan tanpa harus boncos di akhir bulan. Simak ulasannya di bawah ini, yuk. 

Cara Mengatur Keuangan Untuk Liburan 

Liburan memang akan sangat menyenangkan jika kamu rencanakan jauh–jauh hari. Termasuk untuk pengeluaran agar nantinya finansial tidak terganggu. Adapun beberapa cara yang bisa kamu jalankan agar pengeluaran saat liburan tidak membengkak. Berikut ini adalah caranya: 

Mengatur Budget Pengeluaran 

Cara pertama agar finansial tetap aman saat kamu liburan adalah dengan mengatur budget terlebih dahulu. Mulai dari budget untuk transportasi, akomodasi bahkan hingga makan. Perkirakan berapa banyak yang kamu butuhkan untuk sekali liburan. Jika budget yang kamu miliki terbatas, maka prioritaskan hal penting terlebih dahulu. 

Misalnya kamu mencari penginapan yang murah dan nyaman. Lalu, untuk transportasi mungkin bisa dicari yang paling tepat, mau sewa kendaraan atau naik transportasi umum. Sehingga saat liburan kamu tidak akan over budget dan finansial pun akan tetap aman nantinya. 

Tentukan Waktu Liburan 

Cara selanjutnya adalah dengan menentukan waktu liburan yang tepat. Kamu harus tahu bahwa ada waktu-waktu dimana liburan bisa menjadi semakin mahal. Misalnya saat hari raya, libur sekolah atau cuti bersama. Dimana tentu saja ada baiknya kamu mempertimbangkan waktu-waktu tersebut. 

Sangat disarankan untuk tidak memilih waktu liburan di saat high season. Karena harga penginapan atau hotel bisa sangat mahal. Tidak hanya itu saja, transportasi seperti ojek online juga bisa jadi mahal. Maka daripada itu, pastikan kamu memilih waktu liburan yang tepat. 

Riset Terlebih Dahulu 

Salah satu cara yang tepat untuk bisa mengatur finansial saat liburan adalah dengan riset terlebih dahulu. Misalnya dimana kamu akan menghabiskan liburan, hotel yang tepat, ingin naik transportasi apa dan lain sebagainya. Kemudian, tentukan juga ingin makan apa saja supaya nantinya mudah dalam mengatur pengeluaran. 

Dengan cara ini, kamu bisa liburan tanpa ada rasa khawatir akan masalah keuangan. Jangan sampai kamu tidak mencari tahu terlebih dahulu. Bisa jadi, kamu nantinya akan kehabisan uang sebelum liburan selesai. Jadi, kamu harus memastikan semuanya terlebih dahulu. 

Menabung Terlebih Dahulu 

Ada baiknya sebelum kamu memulai liburan, menabung terlebih dahulu. Cara yang satu ini sendiri sangatlah penting sekali untuk kamu lakukan. Sebelum liburan, buatlah tabungan khusus agar kedepannya kamu tidak akan bermasalah dalam masalah keuangan ketika ingin liburan. 

Misalnya kamu ingin berlibur ke luar negeri, maka lebih baik kamu mulai menabung terlebih dahulu. Kalau ingin liburan ke luar negeri tahun depan, maka menabunglah dari sekarang. Karena dengan adanya tabungan kamu hanya perlu menambah sedikit saja untuk biaya liburan nantinya. 

Pesan Tiket Transportasi dan Hotel Jauh-jauh Hari 

Agar keuangan tetap aman saat kamu liburan, lebih baik kamu membeli tiket transportasi dan hotel jauh-jauh hari. Karena jika terlalu dekat, harga tiket seperti kereta dan pesawat serta hotel bisa lebih mahal. Ada baiknya kamu mulai memesan setidaknya sebulan sebelum mulai berlibur. 

Tidak ada salahnya, kamu mencari promo yang kerap diberikan platform pemesanan hotel dan transportasi. Bisa jadi harga yang kamu incar jauh lebih murah dibandingkan dengan membeli disaat waktu biasa. Manfaatkan juga beberapa waktu pembelian, seperti tanggal kembar. 

Siapkan Dana Darurat 

Saat kamu ingin berlibur, lebih baik menyiapkan dana darurat khusus untuk liburan. Dana darurat ini sendiri perlu kamu sediakan untuk mencegah hal yang tidak diinginkan. Karena bisa jadi saat liburan kamu membutuhkan dana lebih karena satu alasan. Untuk dana darurat liburan ini juga jumlahnya jangan terlalu mepet. 

Disarankan untuk punya dana darurat liburan setidaknya 1 kali budget liburan. Tapi, perlu kamu ingat kalau dana darurat untuk liburan ini sendiri hanya bisa digunakan disaat penting. Jadi, kalau tidak ada alasan untuk menggunakannya, kamu tidak perlu mengeluarkan dana darurat. 

Jika tidak digunakan pun, dana darurat khusus liburan ini bisa kamu manfaatkan untuk hal lain. Misalnya menambah tabungan untuk liburan selanjutnya atau dijadikan dana darurat untuk keperluan lain. 

Itulah beberapa cara yang bisa kamu ikuti agar pengeluaran saat liburan tidak mengganggu finansial. Semoga dengan cara ini, kamu bisa berlibur dengan lebih nyaman dan aman. Termasuk untuk finansial yang akan tetap paman. 

You may also like