Home Tips Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Gaji Mingguan

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Gaji Mingguan

by Mas Abadi

Hal yang lumrah terjadi ketidakstabilan rumah tangga karena faktor pengelolaan ekonomi yang kurang baik. Kerjasama yang baik antara suami dan istri baik dalam menahan diri, menabung dengan bertujuan agar pengelolaan keuangan bisa terkendali bersama. Sebagai seorang istri hal yang paling utama adalah mengelola keuangan keluarga.

Mengelola keuangan keluarga bukanlah pekerjaan yang gampang bagi seorang Istri selain ia mengurus kerumatanggan serta anak.

Apabila tidak dikelola dengan baik maka keuangan dalam rumah tangga akan mengalami ketidakstabilan secara ekonomi yang berdampak pada ketidakharmonisan dalam rumah tangga. Pada kesempatan kali ini kita bahas tentang tips cara bagaimana mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji mingguan.

Kelola Budget Anda Selama Seminggu

Penghasilan kalian dalam seminggu sejumlah berapa? Jika anda sekiranya dalam seminggu masih kekurangan untuk mencukupi kebutuhan lebih baik mencari pendapatan tambahan. Namun apabila sudah cukup untuk mencukupi kebutuhan rumah tangga perlu anda selanjutnya membuat pengelolaan secara rinci terhadap keuangan kalian. Dengan metode yang sesuai dengan kemampuan anda misal metode 20 % dan 80 %. Persentase 80 % untuk kebutuhan selama seminggu kemudian 20 % di pos anggaran untuk tabungan dan keperluan dana dadakan yang sewaktu – waktu bisa saja dikeluarkan untuk hal – hal yang sifatnya segera atau penting.

Rencana Belanja dalam Mingguan

Tidak harus kita pandai berhitung secara matematik yang kadang terlihat rumit, namun memang dasar berhitung adalah matematika. Dalam sebuah perjalanan berumah tangga keputusan di minggu depan juga dipengaruhi oleh pengelolaan yang terjadi pada minggu – minggu sebelumnya.

Untuk itu perlu kita mengetahui arus pengeluaran ekonomi  tiap minggu nya. Kita pasti nya sudah mengetahui dalam sehari apa saja yang menjadi kebutuhan anda. Apa saja yang dibutuhkan untuk di beli dan apa yang tidak kita butuhkan untuk di beli.

Kemudian sisa tersebut dapat kita tabung. Sebagai contoh saja dalam waktu seminggu pendapatan penghasilan hanya  sebesar 750.000 rupiah  dan kemudian kalian hanya dapat menyisihkan uang dalam waktu sehari sekitar sebesar 10.000 rupiah, jika kontinue dalam menysihkan sebulan dapat mengumpulkan sebesar  280.000 rupiah, dalam setahun anda akan mendapatkan sejumlah 3.360.000 rupiah jumlah yang tentu cukup besar sehingga dapat kita gunakan untuk keperluan lainnya dan keperluan – keperluan yang mendesak lainnya.

Menabung Uang Recehan 

Uang receh sering kali diabaikan oleh orang – orang karena dianggap punya nilai yang rendah. Tak selalu yang rendah dan kecil itu tak ada artinya.

Selama ini tak kita sadari bahwa pecahan uang sebagai contoh uang 500 rupiah dan 1.000 rupiah apabila dapat terkumpul secara terus menerus bisa jadi berjumlah banyak. Kalau uang tersebut sudah terkumpul lalu tukarkan ke uang kertas.

Anda pasti terkejut jika ternyata bisa berjumlah besar, itu pun karena anda secara kontinue menabung dan menyisikan uang recehan tersebut. Anda pasti akan merasa puas atas komitmen anda terus mengumpulkan uang recehan dan anda akan merasakan manfaatnya. Selamat mencoba !

Menggunakan Anggaran Biaya Sesuai Kebutuhan

Kebutuhan anggaran sehari – hari kita tidaklah banyak, pada umum nya kita hanya menggunakan untuk kebutuhan makan dan minum, untuk itu lebih baik berhemat dengan tidak menghambur – hamburkan uang dengan jajan atau makan dengan biaya yang di luar batas kemampuan kita sehari – hari.

Sebab dalam sebulan kita butuh untuk membayarkan pos anggaran untuk tagihan wajib lainnya seperti tagihan air, tagihan listrik, tagihan kontrak jika masih berada di rumah kontrakan, tagihan kredit jika kita membeli barang dengan kredit atau diangsur. Maka, jika penghasilan anda gaji mingguan perlu untuk menahan diri supaya bisa terbayarkan dengan baik dan lancar.

Berhemat dengan Memasak Sendiri

Banyak kita lihat perkembangan tentang kemajuan penjualan online berbagai macam makanan dan minuman ada yang murah juga namun alangkah baik nya jika anda tetap untuk memasak sendiri.

Dengan kita memasak sendiri kita bisa sesuaikan dengan baik selama dalam 3 – 4 hari kedepan belanjaan yang akan kita masak, dengan begitu kita bisa berhemat lebih daripada kita sering jajan ke warung atau beli via online.

Demikian 5 tips dari kami. Berkomitmen untuk menentukkan arah penggunaan keuangan ke depan sangat penting terlebih kita hanya mendapatkan gaji mingguan sebab jika tidak dikelola dengan baik serta kita mempunyai komitmen yang baik tentu akan menyebabkan ketidakstabilan secara ekonomi dalam sebulan kemudian tahunan.

Sehingga komunikasi antara suami dan istri tentu harus di jalankan dengan baik pula. Jika ada peluang dan kesempatan baik suami dan istri menambah penghasilan dalam seminggu itu lebih baik, sebab adanya tambahan untuk pembiayaan pengeluaran yang lainnya

You may also like