Home Tips Cara Mengatasi Kartu ATM yang Keblokir Gara-gara Salah PIN

Cara Mengatasi Kartu ATM yang Keblokir Gara-gara Salah PIN

by Mas Abadi

Pernahkan Anda mengalami kartu ATM terblokir yang disebabkan karena Anda salah PIN? Pasti ada di antara Anda yang pernah mengalaminya. Pemblokiran otomatis ketika Anda salah memasukkan PIN sebanyak 3 kali adalah bentuk dari perlindungan bank terhadap rekening Anda. Tindakan ini sendiri sangat penting dilakukan oleh bank, agar tidak terjadi penyalahgunaan kartu ATM. 

Tapi, jika Anda mengalami kartu ATM terblokir karena salah PIN, apa yang harus dilakukan? Sebenarnya caranya sendiri sangatlah mudah dan Anda bisa mendapatkan kembali kartu ATM. Dimana akan dijelaskan di bawah ini. Jadi, simak terus, ya. 

Cara Atasi Kartu ATM Terblokir Karena Salah PIN 

Salah memasukkan nomor PIN bisa jadi Anda alami. Apalagi jika memang Anda lupa dengan nomor PIN dari kartu ATM yang Anda miliki. Jika sampai 3 kali salah, maka sudah pasti sistem akan memblokir kartu Anda dan secara otomatis kartu tidak akan keluar dari mesin ATM. Bila hal ini terjadi, maka perhatikan ada dua kondisi yang melatarbelakanginya, seperti berikut ini: 

Masih ingat PIN ATM 

Terkadang salah memasukkan PIN ATM sendiri bisa jadi Anda teledor salah menekan tombol atau ada sistem error yang membuat PIN tidak diterima mesin. Apabila Anda masih ingat dengan PIN asli dari ATM yang Anda gunakan, maka bisa mengikuti langkah berikut ini: 

  • Pertama siapkan terlebih dahulu data diri, seperti KTP yang digunakan membuka rekening. Jika Anda hafal nomor rekening dan menyimpan nomor kartu ATM pun juga bisa digunakan. Hal ini sendiri sangatlah penting, karena sudah pasti pihak bank akan menanyakan data tersebut untuk dilakukan pengecekan dan meverifikasi bahwa memang benar Anda pemilik kartu tersebut. 
  • Kemudian, hubungi call center dari bank yang Anda gunakan. Biasanya pada setiap mesin ATM sudah tertera nomor call center yang bisa Anda hubungi. Sehingga Anda tidak usah repot-repot mencarinya. 
  • Ikuti arahan dari mesin penjawab dan Anda pun akan dihubungkan dengan customer service. Jika sudah terhubung, maka selanjutnya Anda akan ditanya data yang ada dalam KTP untuk mencocokan dengan data yang tersimpan pada sistem. Anda tidak akan menunggu lama, karena bisa dipastikan pengecekan akan berlangsung sangat cepat. 
  • Apabila semua sudah cocok, maka Customer service akan bertanya apakah Anda masih ingat dengan PIN kartu ATM sebelum terblokir. Jika masih ingat, maka Anda bisa menyampaikan berapa PIN kartu ATM. Ini dilakukan agar memastikan Anda bisa kembali mengaktifkan kartu tanpa harus datang ke kantor cabang. 
  • Bila sudah, maka tidak dalam waktu lama kartu ATM pun akan kembali aktif. Biasanya kartu langsung bisa digunakan pada saat itu juga. Bahkan ada beberapa bank yang memberikan arahan untuk menunggu satu jam hingga kartu ATM dapat digunakan kembali. 

Tapi, untuk cara yang satu ini sendiri, tidak semua bank memilikinya. Hanya sebagian saja dan Anda pun harus mengeceknya terlebih dahulu. Satu bank yang masih belum bisa menggunakan cara ini adalah BRI. 

Tidak ingat PIN 

Jika Anda benar-benar tidak ingat berapa PIN kartu ATM, maka mau tidak mau Anda harus datang ke kantor cabang. Tidak seperti dulu, dimana untuk mengaktifkan ATM harus datang ke kantor tempat pertama kali membuat rekening. Sekarang ini, Anda hanya perlu ke kantor cabang terdekat dan membawa data diri dan buku rekening. Bahkan beberapa bank hanya membutuhkan data diri saja. 

Anda hanya tinggal datang saja ke kantor cabang terdekat dan menyampaikan maksud pada satpam. Jika sudah Anda nantinya akan diberikan nomor antrian dan harus menunggu hingga dipanggil oleh customer service. Apabila sudah, maka selanjutnya Anda pun tinggal mengatakan bahwa ATM terblokir karena lupa pin. 

Kemudian, pihak customer service akan meminta data diri dan juga buku rekening jika dibutuhkan. Apabila sudah, maka Anda pun tinggal menunggu saja. Nantinya Anda akan diminta menyerahkan ATM jika tidak tertelan mesin. Kemudian akan di reset ulang dan Anda hanya perlu memasukkan nomor PIN yang baru. 

Beberapa bank akan menetapkan biaya pelayanan ini, tapi ada juga yang sudah menggratiskannya. Untuk Bank BRI akan dimintai biaya pembuatan kartu baru sebesar Rp. 5.000 saja. Anda pun bisa langsung memotongnya dari saldo yang ada dalam rekening. ATM pun sudah bisa kembali Anda gunakan. 

Demikianlah beberapa cara yang bisa Anda lakukan ketika kartu ATM keblokir karena lupa dengan nomor PIN. Pelayanan bank pada saat ini sendiri sudah sangat bagus sekali, sehingga Anda pun tidak perlu panik jika memang ATM terblokir. Karena akan diurus dengan cepat dan juga Anda bisa menggunakan kartu ATM saat itu juga jika sudah diperbaiki.

You may also like