Home Bisnis Cara Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha

Cara Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha

by Mas Abadi
pinjaman modal usaha

Memiliki usaha mungkin adalah mimpi Anda, di mana untuk membangunnya sendiri Anda membutuhkan modal. Walaupun Anda bisa mendapatkan modal dari penghasilan sendiri ataupun dengan mengumpulkan sedikit demi sedikit, tapi terkadang itu tidaklah cukup. Namun, Anda sendiri bisa mendapatkan pinjaman modal usaha. Lalu bagaimana cara mendapatkan pinjaman modal ini? Dalam artikel ini akan diberikan beberapa pilihannya. 

Cara Memperoleh Pinjaman Modal Usaha 

Mendapatkan modal untuk usaha memang bisa menggunakan beberapa cara, di mana Anda sendiri bisa memilih cara yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini sendiri adalah beberapa pinjaman yang mungkin bisa Anda pilih untuk mendapatkan modal usaha: 

  • Meminjam ke Bank 

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan tambahan modal usaha adalah dengan meminjam ke bank. Sebagai lembaga keuangan, bank sendiri memiliki beberapa produk pinjaman untuk membantu masyarakat. Di mana ada beberapa bank yang menyediakan pinjaman tanpa agunan ataupun dengan agunan. 

Untuk pinjaman dana dengan menggunakan agunan atau jaminan, Anda bisa menggunakan surat berharga seperti sertifikat kepemilikan property seperti rumah dan tanah, BPKB kendaraan bermotor ataupun deposito. Untuk jaminan yang menggunakan deposito tidak semua bank dapat menerimanya. 

Untuk Anda yang ingin meminjam dana tanpa agunan atau tanpa jaminan, tentu saja ada syarat dan ketentun yang berlaku. Biasanya untuk pinjaman tanpa agunan ini sendiri nominalnya tidak terlalu besar. Di mana masa tenor juga biasanya lebih pendek. Anda dapat memilih salah satu dari jenis pinjaman bank tersebut sesuai dengan kebutuhan. 

  • P2P Landing 

Cara selanjutnya agar bisa memperolah pinjaman untuk modal usaha adalah P2P Landing atau Peer-to-Peer Landing. Untuk cara yang satu ini sendiri belakangan sangat popular dikalangan para pelaku UMKM. Di mana juga biasanya tidak membutuhkan syarat yang rumit serta prosesnya lebih mudah. 

Anda hanya perlu mencari website P2P Landing dan mengisi form yang sudah disediakan. Di mana nantinya Anda akan memperkenalkan usaha yang sedang dilakukan dan menunggu investor P2P tertarik. Namun, perlu diperhatikan pada saat Anda menggunakan cara yang satu ini, di mana pastikan bahwa perusahaan yang tergabung dalam P2P Landing sudah masuk dalam daftar perusahaan terpercaya di Badan Otoritas Jasa Keuangan atau OJK. 

  • Paylater 

Seperti yang sudah diketahui, bahwa pada saat ini sendiri e-money yang ada di Indonesia sudah menyediakan fitur Paylater. Di mana fitur yang satu ini untuk bisa menambah modal usaha yang Anda jalankan. Paylater sendiri adalah fitur pinjaman yang tidak menggunakan kartu kredit, di mana proses pengajuannya sendiri tidaklah sulit. 

pinjaman modal usaha

Walaupun kebanyakan fitur Paylater yang disediakan oleh e-money ini digunakan untuk kebutuhan konsumtif, tidak ada salahnya Anda manfaat dengan baik untuk menambah modal. Tapi perlu dicatat agar Anda bisa membayar tagihan tepat waktu karena terlambat membayar akan ada denda yang dikenakan. 

  • Platform E-commerce 

Apabila Anda membuka usaha dan berhubungan dengan salah satu platform e-commerce seperti Tokopedia atau Shopee, Anda bisa mencari pinjaman dana tambahan modal dari platform tersebut. Dalam pengajuannya sendiri e-commerce akan melakuakn riset prilaku dari toko yang Anda buka di platform mereka. 

Nantinya bila memang sudah memenuhi syarat, maka pihak e-commerce akan menghubungi Anda dan memberikan skema pinjaman yang sudah disusun. Di mana dana ini sendiri diberikan dari kerja sama antara pihak e-commerce dengan mitra atau investor penyedia dana. Tentu saja ini bisa menjadi cara yang sekiranya bisa Anda coba untuk bisa memperoleh dana pinjaman untuk modal usaha. 

  • Modal Usaha dari Pemerintah 

Pemerintah sendiri juga menyediakan beberapa program bantuan untuk bisa memudahkan masyarakat dalam mengembangkan UKM. Salah satu program yang dikenal adalah KUR atau Kredit Usaha Rakyat yang bekerja sama dengan bank pemerintah. 

Di mana pinjaman yang satu ini sendiri hanya memberikan syarat bahwa pada saat ini usaha Anda tidak memiliki kredit lain. Nominal dan yang diberikan sendiri bisa mencapai 500 juta rupiah, tergantung dari usaha apa yang dilakukan. Bunga untuk KUR terbilang rendah dengan masa tenor yang cukup panjang, sehingga Anda tidak akan kesulitan ketika membayarkannya. 

Selain KUR, pemerintah melalui BUMN juga memberikan pinjaman yang bernama PKBL. Jenis pinjaman yang satu ini mirip dengan KUR, di mana syaratnya adalah Anda belum pernah atau tidak sedang dalam peminjanan dana dari pihak BUMN manapun. 

Pinjaman terakhir yang disediakan oleh pemerintah adalah PNPM. Jenis pinjaman yang satu ini sendiri diberikan khusus untuk warga miskin yang masuk dalam wilayah PNPM. Besaran pinjaman yang diberikan sendiri akan ditentukan dari musyawarah warga. 

Itulah beberapa cara untuk mendapatkan pinjaman modal usaha yang sekiranya bisa Anda pilih. Setiap pinjaman sendiri sudah pasti memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Di mana yang terpenting adalah jenis pinjaman yang dipilih harus dimanfaatkan sebaik mungkin agar bisa membuat usaha Anda berkembang dan selalu profit.

You may also like