Home Bisnis Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Ribet Di Tahun 2022

Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Ribet Di Tahun 2022

by Mas Abadi

Sebagian orang yang akan membuka bisnis pastinya mengalami kendala keterbatasan modal. Untuk membuka bisnis baru tentunya modal menjadi hal penting yang harus dimiliki. Dengan adanya modal tersebut, maka keperluan Anda untuk membuka bisnis dapat dilakukan dengan lancar sebab memiliki keuangan yang sehat. 

 

Tetapi, sayangnya tidak semua orang dapat memperoleh modal bisnis yang mudah dan cepat sebab ada beberapa persyaratan yang sulit. Lalu, bagaimana cara supaya memperoleh modal untuk membuka bisnis bagi pemula? Nah, bila sekarang Anda sedang mencari pinjaman modal, dibawah ini ada beberapa cara yang dapat Anda coba sesuai dengan kemampuan. 

 

Yuk, simak ulasannya berikut ini. 

  • Pakai tabungan pribadi 

Salah satu cara mendapatkan modal dengan tidak berhutang yaitu dengan menggunakan tabungan pribadi yang Anda miliki. Tetapi, cara ini pun tidak bisa dipakai oleh semua orang sebab mungkin ada beberapa orang yang tidak memiliki saldo tabungan yang cukup untuk membuka bisnis. 

 

Belum lagi bila tabungan tersebut adalah tabungan pensiun, tabungan asuransi, dana pendidikan dan dana untuk keperluan mendesak lainnya. Tetapi, Anda tidak perlu cemas bila cara pertama ini tidak dapat Anda lakukan sebab masih banyak cara lain untuk mendapatkan modal usaha yang dapat Anda jadikan pilihan sesuai dengan kebutuhan. 

  • Menggadaikan aset 

Jika Anda tidak ingin menjual aset yang dimiliki untuk modal membuka bisnis, maka Anda bisa menggunakan cara yang satu ini yaitu menggadaikan aset tersebut. Dengan menggadaikannya, maka Anda bisa lebih cepat memperoleh modal untuk membuka bisnis dan tidak akan kehilangan aset yang telah Anda miliki. 

 

Biasanya, pegadaian akan menerima aset pribadi yang bentuknya surat tanah, barang elektronik, BPKP, dan emas sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Selain pegadaian milik pemerintah, sekarang sudah banyak lembaga yang bisa meminjamkan modal usaha untuk Anda. Nominal pinjamannya juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Ada beberapa jenis gadai yang harus Anda ketahui, seperti: 

  • Jenis-Jenis Gadai 

Tetapi, pastinya ada beberapa syarat yang harus Anda penuhi untuk memperoleh modal usaha dari pegadaian ini yaitu Anda harus mempunyai aset pribadi. Apabila Anda tertarik untuk memperoleh pinjaman modal dengan menggadaikan aset, maka pahami jenis-jenis gadai berikut ini. 

  • Gadai konvensional 

Jenis gadai yang pertama ini bisa memberikan Anda pinjaman, namun Anda harus memberikan barang sebagai jaminannya dan juga bunga yang diberikan sudah ditetapkan oleh pegadaian. Cara yang satu ini sangat mudah dan sederhana tetapi ada bunga yang wajib Anda bayarkan ditambah dengan pinjaman pokok yang di ambil. 

  • Gadai Syariah 

Untuk umat islam, pegadaian syariah adalah cara yang sangat aman dan juga sesuai dengan syariat agama sebab tidak ada bunga yang harus dibayarkan. Dengan demikian, gadai syariah dapat Anda jadikan pilihan untuk memperoleh modal bisnis yang halal. 

  • Meminjam KTA di bank 

Bank menjadi lembaga yang bisa memberikan pinjaman modal untuk Anda. Terdapat banyak pilihan bank yang bisa Anda gunakan dengan syarat dan sistem yang bervariasi, sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda untuk mendapatkan modal bisnis. 

 

Tidak sama dengan pegadaian yang wajib menjaminkan aset pribadi, pinjaman di bank ini bisa Anda gunakan tanpa menjaminkan barang atau aset apapun. Cara untuk mengajukan pinjaman modal usaha ke bank ini yaitu Anda harus menggunakan produk dari bank tersebut seperti Kredit Tanpa Agunan (KTA). 

  • Meminjam dari perusahaan fintech 

Dengan perkembangan teknologi internet dan smartphone yang terus maju, sekarang banyak sekali perusahaan online yang memberikan pinjaman uang secara online atau biasa kita kenal dengan pinjol. Anda bisa mendapatkan modal usaha dengan meminjam dari perusahaan fintech yang sekarang telah menjamur dan mudah ditemukan. 

 

Namun, jika Anda ingin mengajukan pinjaman online ini, pastikan perusahaan tersebut terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk menghindari adanya penipuan. Sebab, jika Anda masuk ke dalam tipuan tersebut, bukan modal usaha yang akan Anda dapatkan, tetapi uang Anda akan menghilang. 

  • Meminjam dari koperasi 

Dapat dikatakan koperasi merupakan lembaga keuangan yang sangat familiar untuk masyarakat di Indonesia khususnya di daerah pedesaan. Anda bisa meminjam modal di koperasi dengan syarat harus menjadi anggota nya terlebih dulu. Sebab koperasi dijalankan dengan prinsip kekeluargaan dan gotong royong. Cara untuk mendaftarnya juga sangat mudah dan bunga yang diberikan yaitu bunga flat. 

  • Modal bisnis dari pemerintah 

Ini merupakan program yang dibuat oleh pemerintah dan mendapatkan sambutan sangat baik dari masyarakat yang membutuhkan modal usaha seperti UMKM. Terdapat berbagai macam bentuk usaha dari KUR ini dan mencakup semua bidang, misalnya perikanan, kehutanan, pertanian dan bidang lainnya. Untuk mendapatkan modal usaha dari pemerintah ini, Anda harus melengkapi beberapa persyaratan yang sudah ditentukan. 

 

Demikianlah, beberapa cara untuk mendapatkan modal usaha tanpa ribet yang bisa Anda coba sekarang juga. Semoga berhasil!

You may also like