Home Tips Cara Mendapatkan Bantuan Sosial Pemerintah

Cara Mendapatkan Bantuan Sosial Pemerintah

by Mas Abadi
bantuan sosial

Selama masa pandemi Covid 19 membuat banyak sektor mengalami dampak dan tidak bisa bertahan, sehingga membuat kondisi perekonomian memburuk. Dampak yang paling terasa terjadi pada masyarakat yang mengalami PHK dan kehilangan sumber penghasilannya. Kondisi tersebut, pemerintah mencoba memberikan alternatif dan bantuan untuk meringankan. 

Salah satunya pemerintah Indonesia memberikan beberapa bantuan sosial untuk membantu masyarakat dan meringankan beban yang dimiliki.hampir dua tahun pandemi Covid 19 ini, pihak dari berbagai lembaga pemerintah memberikan beberapa bentuk bantuan. Nah, berikut ini ada beberapa penjelasan lengkapnya, simak yuk ulasannya. 

Daftar Bantuan Sosial Pemerintah 

Saat ini beberapa bantuan sosial (bansos) yang diberikan atau dikeluarkan oleh pemerintah pusat dan daerah ada banyak. Beberapa daftarnya sendiri sekitar 10 jenis bantuan yang telah diberikan. Nah, apa saja itu? Simak yuk

  1. Bantuan Untuk Program Keluarga Harapan (PKH)
  2. Bantuan Untuk Sembako Pangan (BSP)
  3. Bantuan Untuk Sosial Tunai (BST) melalui Kantor Pos 
  4. Bantuan Untuk Sosial Tunai (BST) melalui Bank Negara
  5. Bantuan untuk Pangan non-Tunai (BPNT)
  6. Bantuan untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM)
  7. Subsidi listrik yang diberikan oleh PLN
  8. Bantuan untuk subsidi karyawan atau kartu prakerja
  9. Bantuan Untuk Sembako dari Pemerintah Daerah
  10. Bantuan langsung tunai dari Dana Desa (BLT DD)

Syarat-Syarat Mengajukan Bantuan 

Untuk mengajukan bantuan dari pemerintah, baik pusat dan daerah ada beberapa syarat yang bisa Anda penuhi. Apalagi bantuan satu ini dikhususkan untuk keluarga yang tidak mampu dan beberapa orang terkena dampak ekonomi akibat pandemi Covid 19. Dalam tahap ini, ada beberapa syarat untuk proses penerimaan bansos tersebut, simak penjelasan lengkapnya. 

1. Calon Penerima Bansos

Mengenai calon penerima bansos ini bisa Anda lihat dan pahami berdasarkan dari proses yang menerimanya dan disesuaikan dengan data dari daftar yang disusun oleh rukun tetangga (RT) dan melalui data dari rukun warga (RW). Semuanya harus benar-benar bisa Anda lihat mengenai data yang sudah ada, jika ingin memilikinya bisa langsung ke pemerintah setempat.

Dalam tahap ini, prosesnya untuk memberikan bantuan tersebut agar bisa tepat sasaran dan diberikan kepada beberapa orang yang benar-benar membutuhkannya. Oleh karena itu, masyarakat harus berperan aktif untuk melihat dan mempertanyakannya. 

2. Calon Terdampak Covid 19 

Jika Anda terkena dampak pandemi Covid 19 sebenarnya bisa melakukan permintaan pengajuan bantuan kepada pemerintah. Namun, dalam tahap pastikan Anda tidak sembarangan dalam melihat dan memperhatikannya. Semua prosesnya harus Anda tentukan agar tidak salah langkah dalam melakukannya. 

Dalam tahap ini, apabila Anda benar-benar terkena dampak pandemi dan kehilangan pekerjaan, maka tentunya Anda termasuk dalam radar dan penerima prioritas. Mungkin Anda harus memperhatikan regulasi dan tahapannya untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah. 

3. Tidak Mendapatkan Bantuan Lainnya 

Dalam tahap ini, tidak semua orang bisa mendapatkan semua jenis bantuan yang diberikan oleh pemerintah pusat dan daerah. Jika Anda sudah mendapatkan salah satu dari beberapa daftar bantuan diatas, maka selanjutnya tidak akan mendapatkan bantuan lainnya. Oleh karena itu, tahapan satu ini harus Anda pahami agar ketika mengajukan tidak ditolak. 

Bagaimana Proses Pengajuan Bantuan? 

Dalam tahap ini untuk proses pengajuan sendiri ada beberapa tahapan yang bisa Anda lakukan, simak penjelasan lengkapnya. 

1. Mendatangi RT atau RW Setempat

Apabila Anda menginginkan untuk mengajukan bantuan, maka tahapan pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan langsung data ke kantor kelurahan, RT, RW setempat untuk memastikan bahwa data yang Anda miliki telah masuk dalam daftar pemerintah desa setempat. Sehingga Anda harus mengecek dan memperhatikannya. 

2. Memenuhi Persyaratan 

Jika data Anda belum termasuk dan statusnya Anda terkena dampak akibat Covid 19, maka membuat laporan dan diminta memenuhi persyaratan. Dalam tahap ini, ada beberapa berkas yang bisa Anda persiapkan, mulai dari menyiapkan Kartu Tanda Penduduk (KTP), mempersiapkan Kartu Keluarga (KK), dan kode untuk keluarga. 

3. Proses Pengurusan 

Semua data yang akan Anda berikan tersebut akan langsung diproses dan dilakukan oleh pemerintah desar, sehingga akan disesuaikan jenis bantuan yang akan diterima. Proses satu ini memang membutuhkan waktu dan harus saling memahami, apalagi bantuannya terbatas dan tidak semua orang mendapatkannya. 

4. Penerima BPNT 

Jika Anda termasuk dalam anggota BPNT, maka prosesnya akan dibuat rekening bank khusus dan mendapatkan kartu keluarga sejahtera (KKS). Dalam tahapan satu ini, maka semuanya tinggal menunggu bantuannya saja dan pemerintah akan mengirimkannya. 

6. Proses Pengecekan 

Terakhir, langkah pengecekan yang dilakukan oleh pemerintah untuk mengecek dan memahami beberapa bantuan yang terkait. Daftar penerima bansos tersebut sudah masuk dalam daftar atau belum sama sekali mendapatkan bantuan 

 

Nah, apabila Anda ingin melakukan proses pendaftaran bansos dapat memperhatikan beberapa penjelasan diatas. 

You may also like