Home Belanja Cara Menangani Penyakit Ketagihan Belanja Online

Cara Menangani Penyakit Ketagihan Belanja Online

by Mas Abadi

Sebelum menjelaskan tentang cara mengatasi bila kecanduan berbelanja online, penting untuk diketahui bahwa kegiatan berbelanja sejatinya dapat membuat atau menciptakan perasaan senang. Secara ilmiah, situasi tersebut membuat saraf dapat melepaskan dopamin yang dapat menimbulkan rasa bahagia atau senang. Hal tersebutlah yang membuat sebagian orang ingin berbelanja terus menerus.

Biasanya, kecanduan berbelanja online ini bisa diobati melalui terapi perilaku serta konseling individu. Tidak hanya itu, orang yang telah kecanduan harus mengembangkan pengendalian impuls serta belajar mengidentifikasi pemicunya.

Di beberapa kasus, ketagihan berbelanja ini mungkin berasal dari sisi emosional yang dalam atau situasi kesehatan mental seseorang. Maka dari itu, melakukan konsultasi langsung ke para ahli atau tenaga profesional sangat dibutuhkan agar membantu menentukan situasi kondisi dirinya lebih akurat.

Perawatan dan penangan yang dilakukan ini tujuannya adalah untuk dapat menghentikan kecanduan seseorang dalam kegiatan berbelanja lewat online, mengatasi permasalah yang mendasari, serta mengembangkan cara dalam berpikir, merasakan, dan tindakan yang lebih positif dan yang pastinya jauh lebih sehat.

Nah, terkait hal ini tentu Anda perlu beberapa cara atau tips dalam mengatasi rasa kecanduan terus menerus untuk berbelanja online. Berikut cara lengkapnya.

1.       Menjalani Terapi Perilaku Kognitif

Untuk yang tidak tahu, terapi tersebut berguna untuk dapat mengatasi perilaku seseorang yang tidak sehat yang bisa berkontribusi kepada compulsive buying disorder. Strategi yang diterapkan oleh para tenaga ahli kesehatan metal tersebut juga dapat membantu seseorang dapat memahami cara berpikir lainnya serta merespon dengan cara lebih positif dan juga produktif.

2.       Terapi Keluarga

Ketagihan bukan hanya akan mempengaruhi satu individu saja, bisa saja kepada anggota keluarga lainnya juga bisa mengalami hal yang serupa. Bila yang sudah kecanduan berbelanja online ini lebih dari satu individu dalam sebuah keluarga, tips mengatasi ketagihan berbelanja online ini yakni bisa dengan melakukan terapi keluarga.

Jika Anda melakukan terapi tersebut, hal ini bisa membantu Anda dalam meningkatkan akuntabilitas diri atas semua tindakan atau aktivitas yang dijalankan. Misalnya, timbul dorongan dari diri Anda untuk memberi rekening koran ke pasangan agar dapat mendorong kejujuran diri serta membatasi semua bentuk pengeluaran yang dirasa tidak terlalu penting.

3.       Mengobati Penyakit Komorbid

Layaknya orang-orang yang ketagihan, keberadaan dari komoditas mungkin cukup berpengaruh. Seseorang yang sudah terlanjur kecanduan berbelanja online mungkin mereka sedang berusaha dan berjuang dari kecemasan atau depresinya, serta melibatkan aktivitas berbelanja online sebagai sebuah sarana mereka agar dapat membuat kondisi mentalnya jauh lebih baik.

Maka dari itu, tips untuk mengatasi bila sudah kecanduan berbelanja online yang dipicu oleh komorbiditas yaitu mengobati atau mengatasi penyakit yang menjadi dasar utamanya terlebih dahulu. Dengan begitu barulah Anda lanjut tahapan-tahapan berikutnya yang juga menjadi faktor lain munculnya kecanduan tersebut.

4.       Terapi Perilaku Dialektik

Terapi DBT atau dialectical behavior therapy tujuannya untuk dapat membantu mengontrol dorongan kompulsif seseorang dalam kebiasaan berbelanja, caranya yakni dengan mengkombinasikan pelatihan keahlian berbasis kelompok serta terapi individu.

Pada terapi perilaku dialektik ini sejatinya akan melibatkan perhatian secara penuh serta regulasi emosional sebagai strategi yang bisa dipakai untuk bisa menahan godaan besar dalam aktivitas berbelanja secara online. Dengan menjalani terapi ini, secara perlahan seseorang akan mulai bisa menahan atau setidaknya mengurangi kebiasaan berlebihan dalam berbelanja suatu barang lewat online

5.       Obat-obatan

Karena kecanduan berbelanja online bisa melibatkan kondisi lainnya yang terjadi dalam waktu bersamaan, misalnya depresi dan rasa cemas. Pengobatan mungkin akan sangat dibutuhkan agar dapat meringankan dan meminimalisir gejala yang muncul pada diri seseorang yang sudah kecanduan akut.

Bila ditemukan kondisi kesehatan pada mental mungkin memicu Anda berbelanja secara berlebihan sebagai bentuk mekanisme koping. Melihat kondisi ini, Anda mungkin diberikan resep obat antidepresan atau beberapa obat untuk dapat mengatasi rasa cemas.

6.       Menjalankan Hobi Baru

Untuk beberapa kasus, mereka yang merasa jenuh dan stres akan mengalihkan perhatiannya ke aktivitas berbelanja online. Bila Anda menggunakan aktivitas belanja untuk dijadikan sebagai penghilang rasa jenuh, bosan, cemas atau sekedar hiburan semata, cobalah mulai mencari kegiatan lainnya yang jauh lebih sehat dan positif, seperti melakukan yoga atau aktivitas olahraga lain.

Bukan hanya baik untuk mengurangi stress, melakukan yoga juga dapat menjadi sarana hiburan serta menyehatkan tubuh yang bisa dilakukan sendirian atau dengan teman-teman.

7.       Menghapus Aplikasi Belanja Online

Hadirnya aplikasi berbelanja online tentu akan memudahkan siapapun untuk berbelanja dimanapun dan apapun. Agar dapat membatasi-nya, cobalah untuk menghilangkan aplikasi tersebut di handphone yang bisa merayu Anda untuk selalu membuka, melihat-lihat suatu produk, dan akhirnya membeli barang tersebut.

You may also like