Home Tabungan Cara Menabung yang Efektif Walau Gaji Kecil

Cara Menabung yang Efektif Walau Gaji Kecil

by Mas Abadi
menabung walau gaji kecil

Ingin memiliki tabungan, tetapi Anda hanya memiliki gaji yang relatif kecil memang cukup menantang. Karena pastinya Anda harus mengaturnya dengan sangat cermat serta membutuhkan komitmen yang tinggi.

Namun, ketika Anda menemukan ritme yang tepat guna mengelola gaji kecil tersebut. Sudah bisa dipastikan bila kegiatan menabung akan lebih terasa menyenangkan dan pastinya Anda bisa menikmati uang tersebut di masa depan.

Cara mengatur keuangan dengan gaji kecil

Inti dari mengatur uang penghasilan yang relatif kecil adalah harus tepat dan cermat. Anda juga harus memiliki niat juga kepekaan dalam memisahkan kebutuhan dan keinginan. Prioritaskan selalu yang menjadi hal utama dalam hidup dibandingkan dengan keinginan Anda.

Buat daftar anggaran

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat anggaran bulanan. Budget bulanan ini wajib dibuat supaya Anda tahu apa-apa saja yang menjadi kebutuhan setiap bulan dan bisa memperlihatkan seberapa besar pengeluaran Anda.

Lalu apa saja yang harus dibuatkan daftar bulanannya?

  • Tagihan-tagihan wajib setiap bulan, seperti listrik, air, pulsa/kuota, spp sekolah, dll.
  • Kredit, seperti KPR, kendaraan, hutang-hutang kartu kredit, dll (apabila punya).
  • Belanja bulanan, misalnya kebutuhan dapur dan kebersihan.
  • Kebutuhan transportasi, misalnya bensin atau uang transport
  • Sisihkan juga untuk uang yang mungkin akan digunakan pada bulan tersebut.

Besar dari budget diatas tentunya ada yang sudah pasti dan belum pasti. Jadi, buatlah sedikit lebih banyak. Bilamana nantinya tidak terpakai sepenuhnya, bisa Anda tabungkan kembali.

Menyisihkan uang begitu menerima gaji

Sisihkan uang begitu Anda menerima gaji bulanan. Selain untuk anggaran bulanan, singkirkan kurang lebih 20% dari penghasilan Anda sebagai dana darurat. Pastikan Anda langsung menyisihkannya, sebelum dipakai untuk belanja dan membayar tagihan.

Cara ini dapat membatasi pengeluaran secara berlebihan, Anda harus benar-benar berkomitmen supaya berhasil menjalankan rencana menabung ini. Lalu jangan pernah berpikiran untuk mengambil 20% tadi bila tidak benar-benar butuh, Anda bisa menganggap bila uang tersebut tidak ada.

Carilah tambahan penghasilan

Apabila penghasilan Anda terlalu kecil untuk memenuhi kebutuhan harian, tidak ada salahnya untuk mencari pekerjaan tambahan. Apalagi sekarang sudah banyak sekali cara untuk bisa mendapatkan uang tambahan, misalnya berjualan online, membuka kursus, menjual makanan kecil dan lain sebagainya. Sesuaikan saja dengan keahlian Anda.

Lunasi semua hutang dan setelah stop untuk berhutang

Hal yang satu ini selalu menjadi pilihan ketika seseorang membutuhkan dana dalam waktu yang cepat, berhutang. Entah di instansi perbankan, kerabat atau pinjaman online. Padahal ini bukanlah pilihan yang baik, malah bisa memperburuk arus finansial pribadi Anda.

Jadi, ada baiknya bila memang memiliki hutang. Segera lunasi dan usahakan untuk tidak melakukan hal itu lagi. Apalagi jika ternyata Anda berhutang untuk hal-hal yang bersifat konsumtif, seperti berbelanja gadget padahal yang Anda miliki masih bagus dan normal.

Kalau memang pada kondisi tersebut Anda memang harus berhutang, pastikan Anda memikirkan secara matang. Mulai dari besaran hutang tersebut serta kemampuan Anda untuk membayarnya.

Mulai biasakan diri untuk menabung

Hilangkan dari pikiran Anda bila bergaji kecil susah menabung. Karena hal tersebut tidak dapat menjadi patokan yang terpenting Anda harus memiliki keinginan untuk menyisihkan uang sekecil apapun gaji yang Anda terima setiap bulannya.

Buatlah daftar belanja

Usahakan untuk selalu membuat daftar belanja, ini memang hal sederhana, namun cukup efektif untuk membantu Anda menekan pengeluaran. Karena mau tidak mau, Anda harus berbelanja sesuai dengan yang tercantum pada daftar tersebut.

Sebisa mungkin jangan tergoda dengan promo atau diskon barang, kecuali memang ada pada daftar belanja. Namun, bila barang tersebut ternyata memang dibutuhkan, Anda bisa melakukan perbandingan harga. Carilah produk serupa, tetapi dengan merek yang berbeda dan tentunya dengan harga yang lebih murah.

Tidak ada salahnya memasak sendiri untuk bekal

Memang merepotkan, tetapi memasak sendiri itu jauh lebih hemat dibandingkan membeli makanan yang sudah jadi. Bayangkan seberapa besar uang yang dapat Anda sisihkan bila masak sendiri dan tentunya akan lebih bermanfaat bagi kesehatan

Karena dengan memasak sendiri, Anda menjadi tahu apa saja bahan yang digunakan, bumbunya dan lain sebagainya. Ini tentu akan lebih menyehatkan tubuh serta dompet Anda. Lalu, memasak itu sebenarnya menyenangkan loh.

Harus memiliki tujuan serta berkomitmen

Memiliki tujuan tentu akan membuat Anda lebih konsisten ketika melakukan suatu hal. Begitu juga dalam hal mengelola keuangan, Anda harus menentukan target dalam waktu dekat, panjang atau pun menengah.

Tujuannya adalah agar Anda lebih termotivasi untuk menabung. Anda harus mampu menahan keinginan untuk membeli barang yang tidak diperlukan. Jadi, uang yang untuk berbelanja tersebut bisa dialokasikan sebagai dana darurat dan pastinya jauh akan lebih berguna untuk masa depan.

You may also like