Home Tabungan Cara Menabung Dollar di Jenius Mudah dan Cepat

Cara Menabung Dollar di Jenius Mudah dan Cepat

by Mas Abadi
nabung dollar

Menabung merupakan salah satu sifat kebaikan yang harus Anda miliki. Dengan menabung setidaknya Anda bisa mengamankan finansial ke depannya. Selain menabung dengan uang rupiah, Anda pun dapat menabung dengan mata uang dollar. Hampir semua bank sudah membuka tabungan dollar, termasuk Jenius dari BTPN. 

Bank digital yang satu ini sendiri memberikan kemudahan bagi nasabah yang ingin membuka tabungan dollar, hanya dengan melalui aplikasi saja. Anda pun bisa mendapatkan banyak keuntungan yang tidak didapatkan dari tempat lain. Lalu, bagaimana cara untuk menabung dollar di Jenius? Yuk, simak pembahasannya berikut ini. 

Keuntungan Menabung Dollar 

Sebelum Anda tahu bagaimana cara menabung dollar di Jenius, lebih baik memahami terlebih dahulu apa saja keuntungan menabung dollar. Berikut ini adalah keuntungannya: 

  • Stabil 

Anda pasti tahu bahwa dollar sendiri memiliki nilai yang selalu stabil. Tidak banyak terpengaruh dengan fluktuasi. Bahkan ada kemungkinan angka dollar bisa naik. Andaikan nilainya turun pun tidak akan banyak berpengaruh, terlebih jika ditukarkan ke rupiah. Jadi, Anda pun akan merasa aman dengan nilai dollar yang cukup stabil ini. 

  • Selisih kurs dan investasi jangka pendek 

Jika Anda mencari investasi jangka pendek yang menguntungkan, tabungan dollar adalah hal yang paling tepat. Fluktuasi yang tidak banyak berpengaruh adalah alasannya. Selain itu dari selisih kursnya pun bisa sangat menguntungkan. Karena naik turunnya dollar bisa diprediksi, mulai dari masalah ekonomi hingga politik bisa menandakan kapan dollar turun dan naik. 

Anda pun bisa membaca hal tersebut dan membuat rencana untuk tabungan dollar saat harga turun dan ditarik saat harganya sedang naik. Contohnya adalah ketika Anda beli dollar dengan nilai 14 ribu rupiah, lalu setelahnya ada kenaikan harga jual hingga 15 ribu rupiah hanya dalam waktu singkat. 

  • Bunga bank 

Sama seperti tabungan biasa, dimana menabung dollar di bank pun bisa mendapatkan bunga. Walaupun angkanya tidak besar, tapi kalau Anda menabung dengan jumlah yang banyak pun bisa mendapatkan keuntungan yang semakin tinggi. 

Dari keuntungan tersebut, maka jelas bahwa menabung dollar bisa menjadi pertimbangan Anda untuk berinvestasi. Dengan resiko yang tidak terlalu besar, Anda pun masih bisa mendapatkan keuntungan yang cukup lumayan. 

Tips Menabung Jenius 

Untuk menabung dollar pun ada beberapa tips yang harus Anda perhatikan. Hal ini sendiri dilakukan agar Anda tidak mengalami kerugian, berikut ini adalah tipsnya: 

  1. Perhatikan harga beli dan jual dari USD. Karena seringkali berubah-ubah, pastikan bahwa Anda membeli dollar pada saat sedang turun. 
  2. Selain itu pastikan tujuan Anda menabung dollar. Kalau memang ingin untuk investasi, maka jangan sering Anda ambil begitu saja ketika naik. Biarkan saja semakin banyak dan tambahkan sedikit-sedikit. 
  3. Jika tabungan dollar Anda sudah cukup banyak, sangat disarankan Anda membuka deposito dollar. Dimana ini akan menambah pundi-pundi investasi. 

Cara Menabung Dollar di Jenius 

Setelah tahu apa saja keuntungannya, sekarang Anda harus mengetahui bagaimana cara untuk menabung dollar di Jenius. Tidak perlu khawatir, caranya sendiri sangatlah mudah. Berikut ini adalah caranya: 

  1. Download dan instal aplikasi Jenius
  2. Apabila Anda sudah pernah mendaftar menjadi nasabah Jenius, bisa langsung login. Tapi, jika Anda belum punya bisa mendaftar terlebih dahulu. Caranya mudah dan cepat, jadi Anda tidak perlu khawatir memakan waktu yang lama.
  3. Lalu, isi saldo Jenius Anda. Untuk nominalnya, pastikan bahwa Anda mengisi sesuai dengan kurs dollar. Minimal untuk menabung dollar adalah $10. Dengan kurs yang sekarang sekitar Rp. 13.900, dapat diisi sekiranya Rp. 150.000,-. Perlu Anda ingat bahwa disini Anda akan membeli dollar, sehingga biasanya kurs tukar tidaklah sama dengan yang ada.
  4. Apabila sudah, buka aplikasi Jenius Anda. 
  5. Kemudian masuklah ke dalam menu Tambah (dilambangkan dengan gambar +). Nanti akan muncul pilihan mata uang yang tersedia. Anda bisa pilih USD (dollar Amerika). 
  6. Jika sudah, Anda pilihlah menu Tujuan Mengaktifkan. Disini Anda akan menemukan pilihan seperti Transaksi Pribadi, Menabung/Investasi dan Transaksi Bisnis. Jika Anda ingin menabung maka pilih yang Menabung/Investasi. 
  7. Masukan saldo USD yang ingin Anda tabungkan, seperti yang disebutkan adalah minimal $10. Kemudian, klik Lanjut. 
  8. Centang bagian persetujuan Syarat dan Ketentuan. 
  9. Lalu, pilih Aktifkan USD.
  10. Kemudian, masukan password dari akun Jenius milik Anda dan tekan tombol Submit. 
  11. Seluruh proses sudah selesai dan Anda akan menemukan dua mata uang yaitu IDR dan USD. 

Bila Anda ingin menambahkan nominal dollar Anda, maka langkah yang dilakukan pun sama dengan di atas. Jadi, Anda sudah bisa menabung dollar tanpa harus repot. Dengan menggunakan Jenius, Anda pun bisa menikmati segala fitur dan keuntungan yang diberikan oleh bank digital pertama di Indonesia ini. 

You may also like