Home Tabungan Cara menabung Bagi Pengantin Baru Untuk Bisa Beli rumah

Cara menabung Bagi Pengantin Baru Untuk Bisa Beli rumah

by Mas Abadi

Saat masih muda mungkin kamu belum kepikiran untuk beli dan memiliki rumah sendiri. Kamu pasti cenderung membeli barang-barang kesukaan dan menghamburkan uang sesukanya. Tetapi, berbeda jika kamu sudah menikah. Keinginan kamu bukan hanya membeli motor atau tas bermerek, tetapi lebih besar lagi biayanya yaitu rumah.

Rumah baru berarti harapan baru untuk memulai kehidupan berumah tangga dengan pasangan. Bahkan bagi sebuah keluarga, mempunyai rumah sendiri adalah impian bahkan keharusan. Biasanya rumah bisa didapatkan secara dibeli tunai, membangun sendiri dan ada juga melalui cicilan KPR.

Nah, ini dia cara menabung bagi pengantin baru untuk bisa beli rumah impian.

Memperkecil Biaya Resepsi

Buat kamu yang belum menikah atau baru melakukan akad, ada kesempatan besar agar kamu dan pasangan bisa membeli rumah sebelum habis dipakai acara resepsi.  Pasti bakalan banyak tekanan dari pihak sana-sini untuk membuat pesta resepsi dengan biaya mahal. terutama keluarga besar dan gengsi pada teman-teman. 

Tapi dalam menjalankan pernikahan adalah kamu dan pasangan yang akan mengalami. Biaya resepsi yang cukup besar sayang sekali untuk membuat pesta yang hanya satu hari kan? maka uang yang tidak jadi kamu pakai resepsi ini bisa kamu dan pasangan tabung untuk membeli rumah loh.

Mempunyai Aturan Dalam Menabung

Menabung akan terasa lebih ringan bila dilakukan dengan sistematis. Misalnya kamu menetapkan jumlah uang harus 50 ribu sehari terus menerus, jika terlewat kamu akan dikenakan denda serta pembayaran pokok. Ini penting dilakukan untuk kedisiplinan dalam menabung. 

Jika hal ini tidak dilakukan, target menabung akan berlarut-larut. Maka jangan menargetkan jumlah uang yang terlalu membebani agar dapat dilakukan secara ringan. Ini juga akan membuat kamu bisa lebih mengontrol keuangan.

Memiliki Tujuan Yang Sama

Sebagai sepasang suami istri, kamu harus memiliki tujuan yang sama dalam menjalankan kehidupan berumah tangga. Salah satu tujuan yang penting dalam berkeluarga adalah memiliki rumah pribadi. Pada awal pernikahan, kamu dan pasangan harus sudah sepakat dengan apa-apa saja yang akan dibeli saat  memulai tabungan.

Jangan sampai kamu dan pasangan malah memiliki keinginan yang berbeda, sehingga impian dalam mewujudkan rumah tidak dapat tercapai dalam waktu lama akibat keegoisan masing-masing.

Tentukan Jumlah Uang Yang Ditabung

Setelah mempunyai tujuan yang sama untuk membeli rumah impian, langkah selanjutnya adalah  menentukan jumlah uang yang ditabung untuk kisaran rumah impianmu dengan pasangan.

Pastikan kamu telah mengecek berapa uang yang dibutuhkan untuk sebuah rumah. Jika rumah cicilan kamu tinggal menyesuaikan jumlah cicilan dengan kesepakatan. Berbeda dengan kamu membeli tunai rumah tersebut berarti kamu harus mengetahui kisaran harga rumah yang akan dibeli.

Memperketat Pengeluaran Uang

Karena kamu memiliki keinginan mempunyai rumah dengan cara menabung, sebaiknya batasi pengeluaran uang dengan lebih ketat. Pastikan pengeluaran untuk kebutuhan sehari-hari tidak melebihi pemasukan yang kamu dapatkan.

Untuk kamu para pengantin baru mungkin akan mudah melakukannya. Karena kamu belum memiliki tanggungan besar yaitu anak. Maka dari itu, mumpung masih berdua aja kamu bisa memaksimalkan menabung untuk beli rumah impian.

Berhemat

Menjalani kehidupan baru yaitu berumah tangga juga harus menetapkan gaya hidup yang baru. Jika saat lajang kamu dan pasangan cenderung boros dan memiliki gaya hidup yang terlalu mewah, sekarang kamu harus mencoba berhemat.

Tidak harus signifikan, kamu bisa mulai dari hal-hal kecil. Seperti tidak sering makan makanan di luar dan belajar makanan rumah. Kurangi keinginan jalan-jalan dan hal lainnya yang dapat meminimalkan pengeluaran.

Belanja Cerdas

Belajar untuk mencatat dan menyusun daftar belanjaan dengan detail. Pastikan kamu mematuhi catatan tersebut saat berbelanja, sehingga pengeluaran uang bisa terkontrol dan tidak boros. Hal ini juga berlaku untuk berbelanja di aplikasi online maupun langsung.

Investasi Emas

Banyak masyarakat yang tidak percaya dengan sistem penabungan di bank. sehingga cara-cara menabung dengan menggunakan investasi barang adalah yang sering dilakukan.

Jika kamu memiliki target tabungan yang cukup panjang, emas adalah pilihan investasi yang bagus. Karena emas tidak terpengaruh dengan kenaikan inflasi menjadikan emas akan terus stabil.

Bebas Dari Hutang

Cara yang tepat untuk memulai tabungan adalah pastikan kamu sudah segera membayar hutang atau cicilan. Sehingga kamu bisa fokuskan keuangan hanya pada kebutuhan pokok dan target menabung.

Kamu juga harus mencegah transaksi cicilan-cicilang yang memungkinkan kamu lakukan, karena hal ini akan menghambat proses menabung.

Sebagai pengantin baru, mungkin banyak sekali hal-hal yang ingin diwujudkan bersama. terutama mengenai rumah impian. Mulailah dari cara menabung yang paling memungkinkan dulu. Sehingga kamu bisa menjalankannya dengan mudah dan asyik bersama pasangan.

Meskipun kebutuhan finansial setiap pengantin baru beragam, tidak ada salahnya mencoba cara-cara diatas untuk dapat menabung dan memiliki rumah impian.

You may also like