Home Tabungan Cara Menabung 20jt Dalam 1 Tahun

Cara Menabung 20jt Dalam 1 Tahun

by Mas Abadi

Saat ini sedang ada  tantangan yang jadi trend nih ,tantangan yang bakal bikin kamu bisa ngumpulin 20 juta dalam setahun, Ada juga yang menyebutnya tantangan menabung 20 juta dalam 52 minggu. 

Lalu apa sebenarnya tantangan ini? Jadi garis besarnya ini adalah tantangan buat kamu untuk dapat mengumpulkan  uang tiap minggunya dalam jumlah tertentu  yang sudah disusun dalam program yang dibuat  dan harus diikuti.

Terus gimana aturan main tantangan  20 juta dalam setahun itu? Berikut untuk gambaran program yang harus kamu ikuti, seperti membuat table ,di dalam table itu ada 52 angka yang ada dalam kolom kolom yang menunjukan jumlah minggu dalam satu tahun.  Aturan mainnya , beri tanda pada salah satu angka  jika kamu berhasil menabung sejumlah uang yang ada dalam kolom. jadi pada minggu pertama di januari 2022 kamu menabung 70 ribu terus pada minggu pertama Mei 2022 kamu pilih angka yang lebih besar ,misalnya 1 juta karena pada saat itu bertepatan  pembagian THR hari Raya Idul Fitri.

Setelah tahu bagaimana aturan mainya, yang perlu dilakukan selanjutnya adalah  menyimpan uang yang kamu tabung itu pada celengan ataupun pada rekening bank.

Namun tentu saja hal tersebut tidaklah semudah yang dibayangkan atau digambarkan, dalam prakteknya pasti ada tantangan dan godaan dalam melakukan tantangan saving  atau menabung itu, nah biar semua berjalan lancar perlu sikap disiplin dan keteguhan hati untuk fokus pada pencapaian target

Agar tetap fokus untuk disiplin demi mencapai target yang diinginkan  lakukan beberapa hal berikut

  1.   Mengurangi jajan

Salah satu penghalang  atau godaan orang  saat hendak menabung adalah menahan keinginan untuk jajan, apalagi jika kamu adalah orang yang senang dengan wisata kuliner atau orang yang mengatasi bosan dengan makan cemilan. Jika kamu sedang mengikuti tantangan untuk menabung demi 20 juta dalam setahun maka kamu perlu berhemat dalam pengeluaran untuk jajan.

  1.   Ubah pandangan menabung

Mungkin bagi sebagian orang atau bagi kamu,  berpendapat bahwa menabung adalah uang yang tersisa saat  semua pengeluaran sudah terpenuhi. Pendapat ini tidak salah, namun jika kamu sedang dalam tantangan  mendapatkan 20 juta dalam setahun rasa kamu perlu mengubah pandangan ini.

Jika selama ini uang kamu tabung adalah sisa dari penghasilan kamu dikurangi  pengeluaran yang kamu  butuhkan untuk mencukupi kebutuhan  selama sebulan, maka sekarang saat kamu menerima gaji atau mendapatkan penghasilan, segera tentukan uang yang bakal kamu  gunakan untuk menabung, dan sisanya yang kamu gunakan untuk  pengeluaran mencukupi kebutuhan. Dengan cara begini maka target menabung bisa terpenuhi dan juga memaksa kamu untuk hidup hemat karena pasti kamu akan Cuma menggunakan uang untuk hal hal yang perlu dan penting saja dan bakal mengurangi atau meniadakan  untuk hal hal yang tidak penting

  1.   Mengaktifkan fitur potong saldo di aplikasi internet banking

Jika kamu mempunyai aplikasi internet banking maka hal ini akan semakin memudahkan kamu dalam menentukan target dalam saving atau menabung kamu.  Dengan fitur potong saldo , maka otomatis akan tersisihkan sejumlah uang untuk tabungan setelah kamu mendapatkan transferan uang gajian atau kamu mendapatkan pemasukan uang

  1.   Mengumpulkan uang sisa belanjaan

Sehabis belanja pasti kamu akan mendapatkan sejumlah uang kembalian entah uang koin ataupun uang kertas, kumpulkan sebagian atau seluruhnya  untuk ditabung.

  1.   Ikut arisan

Ikut arisan juga sebenarnya memiliki   manfaat yang positif yaitu “memaksa” kamu untuk menyisihkan uang demi untuk membayar uang arisan yang nanti juga jika kamu yang berhasil menang arisan , uang yang kamu sisihkan untuk bayar arisan akan kembali lagi padamu . Simpan saja untuk ditabung uang dari hasil menang arisan ini jangan malah kamu anggap sebagai uang kaget dan dipakai untuk hura hura atau konsumtif lainnya.

  1.   Menguatkan tekad menabung dengan impian

Agar keinginan menabung  dapat  terus terjaga dengan baik dan membuat kamu disiplin untuk melakukanya, coba buat impian yang ingin kamu raih dengan tabungan yang kamu kumpulkan, misalnya kamu ingin membeli suatu barang yang kamu impi impikan selama ini atau mungkin liburan ke tempat impian atau hal hal lain yang bisa dijadikan semangat buat kamu untuk tetap rajin dan disiplin untuk menabung sesuai target yang ingin kamu raih 

Demikan  tips tips yang bisa kamu lakukan demi bisa mengikuti tantangan untuk mendapatkan 20 juta dalam sestahun, tentu saja hal ini bisa terwuud dan bukan sekedar impian saja jika kamu bisa mau bersungguh sungguh utnuk melakukannya

Untuk menabung tidak harus dengan cara atau tatangan ini, kamu bisa juga membuat  tantangan saving kamu sendiri sesuai dengan kondisi dan pendapatan kamu, misalnya tantangan menyisihkan uang dalam sehari atau sebulan dalam jumlah nominal tertentu untuk ditabung, atapun juga misalnya  tantangan mengumpulkan setiap uang koin dan uang kembalian yang kamu dapat sehabis belanja untuk di tabung dalam celengan atau tempat rahasia.

You may also like