Home Bisnis Cara Memulai Bisnis Online Bagi Pemula

Cara Memulai Bisnis Online Bagi Pemula

by Mas Abadi
bisnis online

Melakukan sebuah bisnis tentu dapat dilakukan oleh siapapun, termasuk Anda. Semua orang juga dapat sukses asal melakukannya dengan tepat. Kemudian biasanya sebelum memulai sebuah usaha, beberapa orang pasti mempunyai pertanyaan-pertanyaan tertentu.

Nah, berikut adalah beberapa pertanyaan yang kerap muncul dalam pikiran seseorang yang akan memulai bisnis onlinenya :

Kapan waktu yang tepat untuk memulai bisnis?

Jika Anda memiliki ide usaha, sudah mempunyai modal, tahu metode untuk menjalankannya dan memiliki waktu. Maka itu merupakan saat yang tepat untuk memulai bisnis, karena tidak lagi waktu yang tepat bila bukan sekarang. Apalagi Anda telah memiliki bayangan tentang usaha yang akan dijalankan.

Bisnis bagi pemula yang cocok?

Apabila Anda bertanya mengenai bisnis yang cocok bagi pemula? Artinya Anda harus memahami diri sendiri. Apa yang menjadi ketertarikan atau minat? Misalnya hobi yang dimiliki, bila Anda memiliki kegemaran memasak, maka itu merupakan sebuah peluang usaha yang dapat dijalankan.

Lakukanlah eksperimen tentang kuliner apa yang belakangan sedang menjadi favorit masyarakat, Anda dapat membuat sebuah survei kecil melalui media sosial atau bertanya pada sahabat, saudara, teman dan orang-orang disekitar mengenai hal tersebut.

Jadi, mulailah melakukan sesuatu dari hal-hal yang Anda sukai terlebih dahulu. Karena dengan begitu, Anda akan menjadi lebih semangat dan dapat dengan mudah menemukan solusi ketika terjadi kendala.

Sebelum memulai bisnis, apa yang harus dilakukan?

Ketika akan memulai sebuah bisnis, ada baiknya Anda memperhatikan serta melakukan beberapa hal berikut ini :

  • Buatlah sebuah riset pasar, ini berguna untuk mengetahui siapa saja yang menjadi saingan, bagaimana target pasar dan apa saja yang sedang digemari.
  • Jangan mudah terjebak oleh suatu masalah.
  • Pastikan bila usaha yang Anda jalankan memang memiliki manfaat bagi masyarakat.
  • Anda harus cermat dan pintar dalam mengelola keuangan.

Karena walaupun hanya usaha online, bukan berarti bisa dilakukan tanpa ada persiapan yang matang. Semua rencana dan strategi tetap dibutuhkan, supaya bisnis Anda dapat berlangsung lama.

Tips Memulai Bisnis Online Untuk Pemula

Dalam menjalankan sebuah bisnis, baik offline maupun online tentunya harus dengan banyak pertimbangan dan rencana matang agar dapat bertahan lama. Namun, Anda juga harus mengetahui tips-tipsnya :

1. Menemukan ide usaha

Umumnya hampir seluruh bisnis online itu diawali dengan ide-ide kreatif yang tidak semua orang miliki. Walau memang dari segi jasa atau produk yang ditawarkan itu sama, tetapi tetap akan mempunyai kelebihan dan berbeda dengan pendahulunya.

Agar bisa memperoleh ide kreatif, coba Anda lebih memahami tentang diri sendiri. Misalnya seperti keahlian, hobi, keterampilan serta pengetahuan apa yang dimiliki. Bila Anda merasa bingung, bisa bertanya kepada orang-orang yang ada disekitar seperti keluarga atau teman.

Namun, bila Anda merasa masih belum menemukan apapun untuk dijadikan sebagai ide bisnis. Anda dapat melihat sekitar tempat Anda tinggal atau ketika sedang berpergian, karena biasanya ide akan muncul disaat-saat yang tidak diduga. Ketika sudah mendapatkannya, selanjutnya adalah merealisasikannya.

2. Pikirkan dengan baik jasa atau produk yang akan ditawarkan secara online

Setelah mendapatkan ide untuk bisnis onlinenya, selanjutnya menentukan jasa atau produk yang akan menjadi andalan Anda dan nantinya dapat ditawarkan kepada masyarakat luas. Tentukan pula metode serta konsep yang dipilih.

Jika, ingin membuka usaha yang berkaitan dengan jasa layanan. Apa yang ingin ditawarkan? Misalnya antar jemput sekolah, layanan catering dan masih banyak lagi. Kemudian apabila menjual produk, apa jenisnya? Pakaiankah, makanan atau peralatan rumah tangga.

3. Pahami keadaan pasar serta segmentasinya

Anda harus tahu siapa saja yang menjadi target marketnya, contoh jenis kelamin, usia, status sosial dan area mana. Lakukan sebuah riset pasar untuk mengetahui tentang jasa serta produk yang nantinya akan jual, apakah akan disukai oleh masyarakat.

4. Pilih media atau platformnya

Anda harus bisa memilih media yang akan digunakan untuk mempromosikan jasa atau produk jualan Anda. Karena tidak semua pengguna platform dapat menjadi target pasar Anda. Namun, sebagai media order Anda tetap bisa menggunakan telegram atau whatsapp.

5. Dalam pemasarannya harus konsisten

Ketika Anda memutuskan untuk membuka bisnis online, hal penting yang harus dilakukan adalah konsisten dalam berpromosi. Artinya jangan pernah lupa untuk melakukan update pada media atau platform tempat berjualan dengan cara.

Rajin-rajinlah mengunggah produk yang dimiliki agar para pengikut tahu bila toko online Anda masih beroperasi. Karena membangun sebuah branding merupakan salah satu hal penting dalam dunia bisnis online.

6. Promosinya harus menarik

Buatlah sebuah promosi yang dapat menarik perhatian calon konsumen. Caranya dengan memberikan diskon atau promo lainnya, misal beli 1 dapat 1 atau beli dengan nominal tertentu bisa mendapatkan voucher belanja dan lain sebagainya. Namun, jangan terlalu sering membuat promo, karena dapat menurunkan pamor toko online Anda.

Demikianlah sekilas informasi mengenai cara bagi pemula yang ingin memulai bisnisnya tetapi secara online. Dalam bisnis apapun, Anda harus memiliki keyakinan serta tekad juga kesabaran.

 

You may also like