Home Bisnis Cara Mempertahankan Bisnis

Cara Mempertahankan Bisnis

by Mas Abadi

Merintis suatu bisnis bukan hal yang mudah dan umumnya akan melalui proses yang panjang untuk bisa berhasil. Mulai dari menyiapkan modalnya, karyawan, hingga memikirkan strategi yang tepat untuk bisnis Anda. Ketika bisnis Anda sudah dapat dikatakan berhasil dan mencapai target, jangan merasa puas dulu. Membangun bisnis itu tidak hanya cukup pada bagaimana cara untuk bisa berhasil namun juga bagaimana mempertahankannya.

Dalam menjalankan bisnis pasti akan selalu dihadapkan oleh banyak tantangan. Sesukses apapun bisnis Anda, bukan tidak mungkin suatu saat keadaan bisa berbalik. Contohnya saja pada kondisi sekarang ini, sejak adanya pandemi Covid-19 tidak sedikit yang terdampak di sektor bisnis. Omzet menurun, PHK besar-besar hingga kebangkrutan sudah menjadi hal yang wajar terjadi sampai saat ini.

Melihat fakta yang ada di lapangan, untuk itu baiknya Anda mulai merancang strategi agar bisnis yang dijalankan terus bertahan. Berikut cara yang mungkin bisa Anda lakukan untuk mempertahankan bisnis.

Ikuti Tren PasarĀ 

Dari tahun ke tahun tren di pasaran selalu mengalami perkembangan, ada saja hal-hal baru yang bermunculan. Baik dari segi fashion, kuliner, dan juga wisata pasti terdapat perubahan apalagi dengan adanya kemajuan teknologi. Oleh karena itu, Anda harus pintar dalam melihat peluang-peluang yang ada.

Amatilah apa yang sedang menjadi tren di pasaran kemudian kembangkan bisnis Anda dengan melakukan berbagai inovasi. Mengamati dan mempelajari perubahan gaya hidup konsumen juga sangat penting agar bisnis yang Anda jalankan bisa disesuaikan. Kita ambil contoh, dari lima tahun lalu gaya hidup ngopi mulai eksis di kalangan anak muda. Perubahan gaya hidup tersebut akhirnya membuat bisnis kopi semakin marak hingga sekarang.

Dengan mengikuti tren pasar, bisnis Anda akan selalu up to date sehingga tidak ketinggalan zaman. Namun tetaplah untuk melakukan inovasi agar terlihat lebih unggul dari pesaing dan semakin menarik banyak konsumen.

Utamakan Kualitas Produk dan Layanan

Meraup untung sebanyak-banyaknya memang menjadi salah satu tujuan ketika seseorang menjalankan bisnis. Namun terkadang beberapa pengusaha tidak memperhatikan kualitas produk dan layanan mereka sehingga jumlah pelanggan semakin berkurang.

Maka dari itu, tingkatkanlah selalu kualitas produk yang Anda jual beserta layananannya. Hal tersebut akan membuat pelanggan selalu merasa puas dan mempertahankan loyalitas mereka. Bisnis Anda pun kemungkinan besar akan terus bertahan karena tidak ditinggalkan oleh para pelanggan bahkan kesempatan Anda untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan baru sangat besar karena sering direkomendasikan.

Reputasi bisnis Anda semakin baik karena kualitas yang terjaga dan pelanggan pun juga merasa senang bisa mendapatkan produk berkualitas dengan pelayanan yang baik. Keuntungan yang bisa Anda dapatkan juga semakin besar.

Hati-hati dalam Mengelola Keuangan

Arus kas yang ada pada keuangan bisnis yang Anda jalankan pastikan selau agar tetap sehat. Itu artinya, butuh kehati-hatian dalam mengelola keuangan bisnis Anda agar perputaran arus kas selalu lancar serta terkendali. Pengelolaan keuangan yang tidak baik bisa menjadi bumerang bagi bisnis Anda kedepannya nanti dan mungkin saja itu yang membuat bisnis menjadi tidak bertahan.

Sebisa mungkin upayakan agar pengeluaran sesuai dengan yang sudah dianggarkan dan utamakan hal yang bersifat urgent terlebih dahulu. Misalkan untuk biaya perbaikan mesin produksi atau pembelian bahan baku. Meskipun kondisi keuangan sedang dalam keadaan yang sangat baik bukan berarti tidak diperlukan pengelolaan keuangan. Hal tersebut akan membantu bisnis Anda jika sewaktu-waktu dihadapkan dalam keadaan yang sulit.

Mengupgrade Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM)

Seperti penjelasan sebelumnya bahwa menekankan kualitas layanan jauh lebih baik dibandingkan fokus pada target penjualan. Salah satu cara untuk bisa memberikan pelayanan yang terbaik yaitu dengan mengupgrade kualitas para SDM atau karyawan yang Anda kerjakan. Anda bisa memberikan pelatihan-pelatihan khusus untuk mereka agar semakin handal melakukan pekerjaannya.

Tingkatkan kemampuan serta keahlian mereka di jobdesknya masing-masing. Akan tetapi, apabila ada beberapa karyawan yang tidak mengalami kemajuan, Anda bisa segera menindaknya. Berikan kesempatan kepada karyawan tersebut untuk memperbaiki kualitasnya namun jika tidak ada perubahan, Anda bisa memberhentikannya dan merekrut SDM yang baru.

Perhatikan Pergerakan Kompetitor

Para kompetitor Anda tidak akan tinggal diam apabila melihat bisnis Anda berkembang pesat. Semua cara akan dilakukan untuk bersaing dengan bisnis Anda dan bisa saja akan mengalihkan perhatian para pelanggan loyal Anda.

Hal tersebut sangat mungkin terjadi di dalam dunia bisnis bahkan dikatakan wajar. Namun untuk tetap mempertahankan bisnis Anda, janganlah lengah dan selalu perhatikan pergerakan kompetitor. Diperlukan strategi yang jitu untuk bisa memenangkan pasar dan lebih unggul dari para kompetitor bisnis Anda.

Itulah tadi cara-cara yang bisa Anda terapkan untuk bisa mempertahankan bisnis yang sedang Anda jalankan. Smeoga bisa menginspirasi Anda !

You may also like