Home Tips Cara Membuat Surat Resign Kerja Beserta Contohnya

Cara Membuat Surat Resign Kerja Beserta Contohnya

by Greg Pascal
surat resign

Sebagai seorang karyawan yang bekerja di sebuah perusahaan, pasti ada pikiran untuk mengundurkan diri atau resign. Banyak hal yang menjadi alasan Anda untuk mengundurkan diri dari pekerjaan, salah satunya yaitu lingkungan kerja yang tidak nyaman. Namun, bagaimana cara membuat surat resign yang baik dan benar.

Ketika ingin mengundurkan diri atau resign dari perusahaan tempat Anda bekerja saat ini, Anda tidak bisa langsung meninggalkan begitu saja pekerjaan Anda di perusahaan yang lama. Ada beberapa prosedur pengunduran diri yang bisa Anda lakukan. Berikut adalah beberapa hal yang harus ada di dalam surat pengunduran diri yang perlu Anda ketahui.

Unsur-Unsur dalam Surat Pengunduran  Diri yang Baik dan Sopan

1. Tujuan Resign yang Masuk Akal

Menjelaskan alasan Anda mengundurkan diri dari suatu perusahaan dengan singkat, padat dan jelas. Anda tidak perlu menjelaskan alasan secara panjang. Karena, perusahaan hanya perlu mengetahui alasan Anda dalam mengundurkan diri dari perusahaan bukan rencana hidup Anda dalam kurun waktu 5 tahun.

2. Menggunakan Kata yang Sopan

Merangkai kata-kata pengunduran diri Anda dengan sopan dan penuh hormat. Bukan berarti Anda akan meninggalkan perusahaan lama, Anda bebas dalam berbicara seenak hati. Karena memiliki nama baik di suatu perusahaan dapat menjadi batu loncatan untuk karir Anda di masa yang akan datang.

3. Data Diri yang Jelas

Dalam menuliskan surat pengunduran diri, sebaiknya Anda mencantumkan nama, alamat dan jabatan dengan jelas. Hal ini memiliki fungsi sebagai data perusahaan dan informasi mengenai karyawan dan alumni karyawan.

4. Ucapan Terima Kasih

Unsur yang harus ada dan wajib dicantumkan dalam surat resign kerja yaitu ucapan terima kasih. Sebaiknya Anda menyampaikan ungkapan rasa terima kasih karena telah diberikan kesempatan untuk bekerja pada perusahaan yang menaungi Anda. Hal ini akan membuat Anda lebih professional dan rendah hati.

5. Ucapan Mohon Maaf

Selain ucapan terima kasih, Anda juga perlu mencantumkan ungkapan permintaan maaf jika selama bekerja Anda memiliki tanggungan tugas yang belum terselesaikan. Anda bisa menyampaikan ucapan mohon maaf ini jika selama bekerja melakukan banyak kesalahan baik yang sengaja ataupun yang tidak sengaja.

surat resign

Baca Artikel Selanjutnya :

Cara Membuat Surat Pengunduran Diri

  1. Alasan mengundurkan diri, terlebih lagi jika Anda seorang karyawan suatu perusahaan maka Anda wajib memiliki alasan. Ketika Anda menulis surat pengunduran diri sebaiknya disetai dengan alasan yang masuk akal. Alasan yang disampaikan juga harus baik dan sopan untuk menjaga perasaan pihak perusahaan.
  2. Penulisan surat pengunduran diri kerja termasuk ke dalam kategori surat resmi. Sehingga surat pengunduran diri yang dibuat harus ditulis dengan kaidah yang telah ditentukan, struktur penulisannya terdiri dari pembuka, isi dan penutup.
  3. Dalam mengajukan surat pengunduran diri paling lambat 30 hari sebelum Anda resign. Seperti yang tertera pada Pasal 162 UU 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan bahwa surat pengunduran diri harus ditulis selambat-lambatnya 30 hari selepas tanggal pengunduran diri.
  4. Memberikan kesan baik kepada perusahaan, jika Anda ingin mengundurkan diri lebih baik bertemu langsung dengan kepala atau atasan dan mengungkapkan suatu alasan Anda keluar dari pekerjaan. Sebaiknya alasan yang dibuat sopan dan tidak ada unsur menyinggung pihak perusahaan.

Setelah mengetahui unsur-unsur dan cara membuat surat resign, ada baiknya Anda memahami format penulisan surat pengunduran diri yang baik dan sopan. Sehingga perusahaan dapat menerima keputusan pengunduran diri Anda. Berikut adalah format penulisan surat pengunduran diri yang perlu Anda ketahui.

  1. Nama Kota dan Tanggal Penulisan Surat
  2. Nama dan Alamat yang Dituju dalam Surat
  3. Salam Pembuka dalam Surat
  4. Alasan Anda Mengundurkan Diri
  5. Menulis Tanggal Anda Mengundurkan Diri
  6. Ucapan Terima Kasih kepada Kepala Perusahaan
  7. Ucapan Permohonan Maaf kepada Kepala Perusahaan
  8. Salam Penutup dalam Surat
  9. Nama Terang dan Tanda Tangan

Setelah memahami poin-poin yang telah dijelaskan sebelumnya. Berikut adalah salah satu contoh surat pengunduran diri yang bisa Anda jadikan referensi. 

Kepada :

Yth. Kepala Personalia

Bunga Abadi

Di

Tempat

Perihal : Pengunduran Diri

No   : 

Bersama surat ini yang bertanda tangan di bawah ini, saya :

Nama : Annisa Lailatul

Jabatan : Staff Administrasi

Alamat : Jl. Kenanga Jakarta Timur

Perusahaan : PT. Bunga Abadi

Secara resmi saya mengajukan permohonan izin untuk mengundurkan diri dari perusahaan ini. Adapun alasan dari pengunduran diri ini adalah : Dikarenakan adanya tawaran pekerjaan di tempat lain yang saya nilai dapat lebih mengembangkan kemampuan yang saya punya.

Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan untuk bekerja di PT. Bunga Abadi.

Melalui surat pengunduran diri ini saya ucapkan mohon maaf kepada segenap kepala personalia dan karyawan PT. Bunga Abadi jika ada kesalahan yang saya perbuat selama bekerja. Besar harapan saya semoga PT. Bunga Abadi akan terus berkembang dan maju.

Jakarta Timur, 18 Maret 2021

Hormat Saya,

Annisa Lailatul

Nah itulah, beberapa penjelasan mengenai surat resign, surat pengunduran diri dan cara membuat surat resign yang perlu Anda ketahui. Semoga dengan adanya informasi ini bisa Anda jadikan sebagai referensi. Semoga bermanfaat.

You may also like