Home Tips Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

by Mas Abadi
Cara membuat surat lamaran kerja

Bagi Anda yang ingin mencari pekerjaan baik itu untuk perusahaan besar maupun perusahaan kecil memang harus membuat surat lamaran. Surat ini sendiri sudah menjadi salah satu syarat paten yang diperlukan oleh perusahaan untuk merekrut pegawai baru. Cara membuat surat lamaran kerja pun harus sesuai dengan aturan yang ada, di mana biasanya banyak sekali yang masih tidak begitu mengetahui caranya yang benar. 

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja 

Walaupun terkesan mudah, tapi ternyata masih banyak sekali yang salah dalam membuat surat lamaran ini. Hal ini tentu saja sangat disayangkan, karena jika Anda salah membuat maka perusahaan tidak akan memanggil Anda untuk melanjutkan seleksi. Di bawah ini sendiri adalah cara untuk membuat surat lamaran kerja yang baik serta benar: 

  • Membaca persyaratan yang ada pada lowongan kerja 

Cara pertama yang perlu dilakukan untuk membuat surat lamaran adalah dengan membaca seluruh informasi dan persyaratan dari lowongan kerja yang Anda incar. Hal ini sendiri sangatlah penting karena Anda harus mengetahui posisi apa yang diperlukan serta dari mana Anda mendapatkan informasi lowongan pekerjaan tersebut. 

Dengan memahami seluruh kriteria serta informasi yang tercantum pada lowongan kerja, maka Anda dapat lebih mengerti apa tujuan bekerja di perusahaan yang dilamar. Hal ini juga akan membantu Anda memahami pekerjaan apa yang akan Anda hadapi jika diterima kerja di perusahaan tersebut. 

  • Menggunakan tata bahasa yang baik dan benar 

Ketika Anda membuat surat lamaran, baik itu diketik maupun tulis tangan. Anda harus menggunakan tata bahasa yang baik. Di mana kata-kata yang dituliskan menggunakan bahasa baku atau yang sudah ada dalam KBBI. Hal ini sangatlah penting, karena ini adalah surat formal yang ditujukan kepada sebuah perusahaan. 

Cara membuat surat lamaran kerja

Menggunakan bahasa yang tidak baku dalam surat lamaran sendiri akan mengurangi nilai, karena ini menunjukan bahwa Anda tidak memiliki etika ataupun sopan santun. Buatlah surat lamar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sesuai dengan KBBI. Jangan pernah membuat surat lamaran dengan menggunakan bahasa yang tidak baku. 

  • Alamat harus ditulis dengan jelas 

Agar surat lamaran ini bisa diterima dengan baik oleh perusahaan, maka Anda harus menuliskan nama serta alamat perusahaan dengan benar. Karena bila Anda salah menuliskan alamat dan nama perusahaan, maka sudah dapat dipastikan Anda tidak akan lolos untuk tahap selanjutnya. Kenapa? Karena Anda dianggap tidak serius ketika menuliskan surat lamaran. 

Tulislah tujuan kepada siapa surat tersebut harus diterima dan di perusahaan apa. Walaupun Anda sendiri yang membawanya, tapi dalam surat lamaran alamat serta nama perusahaan adalah hal yang sangat penting. Hal ini sendiri untuk menunjukan bahwa Anda sudah siap berdedikasi terhadap perusahaan yang dilamar. 

  • Hindari informasi yang sudah ada di curriculum vitae 

Pada saat Anda melamar pekerjaan selain menyerahkan surat lamaran, Anda juga wajib memberikan daftar riwayat hidup atau curriculum vitae. Di mana daftar ini sendiri berisikan semua informasi dasar tentang diri Anda. Kesalahan yang banyak dibuat ketika menuliskan lamaran pekerjaan adalah menulis kembali apa yang ada di CV ke dalam surat lamaran. 

Hal tersebut harus Anda hindari, karena tujuan CV adalah memberikan informasi secara terperinci tentang diri Anda. Jadi, buatlah surat lamaran yang tidak mengulang apa yang ada di CV. Buatlah surat lamaran ini sebagai soft marketing tentang diri Anda. Di mana bisa Anda jelaskan tujuan bergabung ke perusahaan dan menjelaskan secara singkat kemampuan apa saja yang Anda miliki. 

  • Kurangi penggunaan kata “saya” 

Pada saat Anda membuat surat lamaran pekerjaan, maka ada baiknya mengurangi penggunaan kata “saya”. Terlalu banyak menggunakan kata tersebut akan memberikan kesan bahwa Anda hanya memfokuskan terhadap diri sendiri. Tentu saja ini akan membuat perusahaan akan menilai bahwa Anda adalah seorang yang individualis dan tidak berkompeten untuk dapat bekerja dalam suatu tim. 

Walaupun terkesan simple, namun jika dilihat impact yang diterima sangatlah besar. Jadi, ada baiknya Anda hanya menyebut kata “saya” beberapa kali saja. Berikanlah kesan bahwa Anda siap bekerja untuk perusahaan dengan dedikasi tinggi. 

  • Tata letak 

Selanjutnya yang terpenting dalam membuat surat lamaran pekerjaan adalah dari tata letaknya. Surat ini sendiri harus Anda buat serapi mungkin, baik dengan tulisan tangan maupun diketik. Tata letak yang sudah menjadi format resmi harus Anda perhatikan. Semisalnya tanggal yang harus diletakan pada sebelah kiri dan lain sebagainya. 

Lalu, sebisa mungkin layout yang digunakan adalah rata kanan kiri dengan menggunakan font standar. Bagi yang ingin membuat lamaran kerja dengan tulisan tangan, harus membuatnya dengan rapid dan juga mudah untuk dibaca. 

Itulah beberapa cara membuat surat lamaran kerja yang baik serta benar. Di mana surat ini memang harus dibuat sesuai dengan format yang sudah disebar. Pastikan bahwa lamaran ditulis dengan benar dan tidak ada kesalahan penulisan kata.

You may also like