Home Tips Cara Membuat Paspor Online Mudah, Ini Syaratnya!

Cara Membuat Paspor Online Mudah, Ini Syaratnya!

by Greg Pascal
cara membuat paspor

Bagaimana cara membuat paspor yang mudah dan cepat? Kini sudah tersedia layanan digital yang memungkinkan masyarakat membuat dokumen keimigrasian ini secara online.

Tahapan membuat paspor secara online bisa diakses melalui situs resmi Imigrasi, meskipun untuk proses foto dan wawancara harus dilakukan langsung di kantor Imigrasi.

Untuk membuat paspor tentu saja harus menyiapkan beberapa dokumen yang dibutuhkan sebagai bentuk verifikasi data, sehingga pembuatan surat ini bisa terdaftar di kantor Imigrasi, sehingga anda bisa gunakan untuk bepergian ke luar negeri atau sebagai kelengkapan dokumen tertentu.

Paspor merupakan dokumen resmi yang diperlukan seseorang dalam melakukan perjalanan ke luar negeri, sehingga dokumen ini penting dimiliki oleh anda yang suka traveling atau mengurus bisnis di luar negeri.

Syarat buat paspor yang lengkap harus disiapkan oleh pemohon, berupa data identitas diri yang asli, jika terdapat perbedaan data maka kemungkinan besar Kantor Imigrasi akan menolak permohonan pembuatan paspor.

Syarat Membuat Paspor

Berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor 8 Tahun 2014 tentang Paspor Biasa dan Surat Perjalanan Laksana Paspor, syarat yang harus dilengkapi pemohon adalah sebagai berikut.

  1. KTP asli dan fotokopi
  2. Kartu Keluarga asli dan fotokopi
  3. Surat Akta Kelahiran asli dan fotokopi
  4. Ijazah terakhir atau akta perkawinan maupun buku nikah
  5. Paspor lama bagi yang memperpanjang

Setelah menyiapkan kelengkapan persyaratan membuat paspor, maka anda bisa mengajukan permohonan dengan melalui dua metode yaitu online dan offline.

Meskipun pembuatan paspor bisa dilakukan secara online, namun untuk proses foto dn wawancara harus datang ke kantor Imigrasi, sehingga pembuatan paspor ini belum sepenuhnya bisa dilakukan secara online, ada proses tertentu harus datang ke kantor Imigrasi.

cara membuat paspor

Baca Artikel Selanjutnya :

Cara Daftar Paspor Online

Membuat paspor secara online untuk mempermudah pemohon dalam melakukan pendaftaran antrian, sehingga ketika mengajukan ke Kantor Imigrasi tidak perlu lagi antri.

  1. Buka laman situs https://antrian.imigrasi.go.id/ 
  2. Buat akun dengan masukan alamat email dan nomor telepon
  3. Setelah akun berhasil dibuat, maka pilih tempat kantor Imigrasi terdekat yang akan dituju untuk pembuatan paspor
  4. Anda pilih jadwal kedatangan ke kantor Imigrasi
  5. Setelah itu, maka akan menerima file bentuk pdf. Kemudian unduh dan cetak, ini nantinya sebagai bukti daftar yang harus ditunjukan saat datang ke kantor Imigrasi yang dipilih

Cara buat paspor secara online ini sebenarnya hanya untuk daftar nomor antrian, untuk proses pembuatannya harus datang ke kantor Imigrasi karena ada sesi foto dan wawancara yang tidak boleh dilewatkan atau sifatnya wajib.

Cara Buat Paspor di Kantor Imigrasi

Setelah mendapatkan nomor antrian yang diperoleh melalui online, maka selanjutnya datang ke kantor Imigrasi dengan membawa persyaratan yang dibutuhkan, berikut langkah-langkahnya.

  1. Menyiapkan semua dokumen syarat membuat paspor dan bukti daftar antrian online yang telah dicetak
  2. Mendatangi kantor Imigrasi sesuai dengan jadwal dan lokasi kantor yang dipilih sebelumnya
  3. Kemudian Melakukan proses wawancara dan pengambilan foto serta sidik jari
  4. Setelah itu, pemohon paspor membayar biaya pembuatan paspor serta biaya administrasi
  5. Paspor akan diproses selama empat sampai satu minggu hari kerja, jadi pemohon bisa kembali lagi sesuai jadwal
  6. Setelah paspor jadi, maka pemohon bisa mengambilnya sesuai dengan jadwal yang ditentukan serta membawa tanda terima saat proses wawancara

Itulah cara buat paspor lengkap dengan persyaratannya, meskipun tidak sepenuhnya bisa dilakukan secara online, tetapi memudahkan dalam daftar nomor antrian. Lantas, berapa biaya pembuatan paspor?

Biaya Membuat Paspor

Adapun biaya yang harus dikeluarkan dalam pembuatan paspor khususnya paspor biasa dan e-paspor adalah sebagai berikut.

  1. Paspor biasa 48 halaman biayanya sebesar Rp 350.000 
  2. Paspor biasa elektronik atau e-paspor 48 halaman biayanya sebesar Rp 650.000
  3. Layanan percepatan paspor selesai pada hari yang sama Rp 1.000.000
  4. Biaya paspor hilang dikenakan tarif Rp 1.000.000
  5. Biaya paspor hilang akibat bencana Rp 0
  6. Biaya paspor rusak dikenakan Rp 500.000
  7. Biaya paspor rusak akibat bencana Rp 0

Itulah biaya pembuatan paspor sesuai dengan pengajuannya, untuk paspor yang hilang atau rusak akibat bencana tidak dikenakan biaya. Apakah anda sudah punya paspor? 

Penggantian paspor karena akan habis masa berlakunya dilakukan 6 bulan sebelum habis masa berlaku, maka anda bisa memperpanjang masa aktif paspor sebelum habis masa berlakunya.

Fungsi paspor bagi sebagian orang sangat dibutuhkan dalam menunjang kegiatannya, maka sebagai bentuk identitas diri saat berada di negara asing, keberadaan paspor sangat penting.

Bagi anda yang ingin berlibur ke luar negeri atau mengurus bisnis di luar negeri maka harus punya paspor, cara membuat paspor dengan melengkapi persyaratan yang dibutuhkan bisa lebih cepat dan mudah, serta pendaftarannya bisa dilakukan secara online melalui situs resmi Imigrasi.

You may also like