Home Tabungan Cara Membuat Mastercards Gratis

Cara Membuat Mastercards Gratis

by admin

Dalam proses penerbitan atau pembuatan credit card sebenarnya tidak terlalu sulit. Anda sebagai nasabah hanya perlu melakukan pengajuan dengan cara mendatangi bank yang bersangkutan dan memberikan segala persyaratannya.

Langkah pembuatan Mastercard

  • Silahkan memilih bank serta jenis kartu kredit yang sesuai

Seperti yang Anda tahu, apabila Indonesia memiliki banyak instansi perbankan yang memiliki kewenangan dalam hal penerbitan kartu kredit. Jadi, ada baiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu informasinya beserta jenis kartu yang mereka sediakan.

Jika sudah mengetahui dan memutuskan untuk membuatnya, Anda tinggal mendatangi salah satu bank dan mengatakan pada pihak customer servicenya apabila berminat untuk membuat kartu kredit. Pastikan bila Anda memilih kartu yang memang sesuai dengan kebutuhan, jangan sampai limitnya melebihi pendapatan bulanan. Perhatikan keuntungan, fitur, besaran bunga dan denda keterlambatannya.

  • Melengkapi persyaratan

Selanjutnya, setelah memilih bank dan jenis kartu yang dikehendaki. Anda wajib melengkapi beberapa persyaratan, sebenarnya setiap bank memiliki ketentuannya sendiri-sendiri. Namun, umumnya mereka akan menggunakan persyaratan seperti :

  • Salinan  identitas, KTP/Paspor
  • Minimal berusia 21 tahun
  • Minimal memiliki penghasilan bulanan Rp 3.000.000
  • Salinan slip gaji
  • Salinan NPWP
  • Salinan buku rekening minimal 3 (tiga) bulan terakhir
  • Apabila mempunyai credit card, silahkan melampirkan tagihannya pada 3 (tiga) bulan terakhir
  • Mengisi formulir pengajuan

Selanjutnya adalah mengisi formulir di kantor cabang dari bank pilihan. Bawalah semua berkas persyaratan yang diminta oleh pihak bank. Nantinya berkas-berkas tersebut akan dicek oleh petugas bank, saat petugas melakukan pemeriksaan.

Anda akan diminta mengisi beberapa formulir terkait, bisa sudah mengisinya pihak bank kemudian akan kembali memeriksa dan menyamakan dengan berkas yang Anda bawa. Bila sama dan sesuai, selanjutnya hanya tinggal di proses apakah akan disetujui atau tidak.

  • Survei dari pihak bank

Setelah ketiga poin diatas terpenuhi, selanjutnya tinggal menunggu pihak bank melakukan survei. Biasanya mereka akan mendatangi lingkungan rumah serta tempat Anda bekerja juga mengecek apakah riwayat kredit Anda baik atau buruk. Hal inilah yang menjadi penentu apakah disetujui atau tidaknya pengajuan credit card.

  • Menunggu kabar dari bank

Setelah di survei, maka pihak bank akan kembali melakukan evaluasi terkait pengajuan credit card. Apabila semua persyaratan serta ketentuannya sudah terpenuhi, maka proses akan dilanjutkan. Bila tidak, berarti pengajuan Anda ditolak.

Kemudian apabila ternyata berhasil lolos, nantinya Anda akan mendapatkan pemberitahuan atau telepon dari bank tempat melakukan pengajuan. Mereka akan mengkonfirmasi apabila pengajuan disetujui dan kartu akan dikirim.

  • Segera aktivasi kartu ketika Anda menerimanya

Selanjutnya yang harus Anda lakukan dalam mengaktivasi credit card yang dikirim ke alamat terdaftar. Anda dapat melakukannya secara online atau mendatangi kantor cabang dari bank tempat Anda mengajukan sebelumnya.

  • Ganti PIN yang diberikan bank dengan milik Anda sendiri

Demi keamanan dan kenyamanan saat bertransaksi, ada baiknya Anda mengganti nomor PIN dari bank dengan PIN milik sendiri. Anda dapat melakukannya melalui online, baik lewat website maupun SMS. Anda hanya tinggal memilih ingin menggunakan cara yang mana.

Beberapa hal yang wajib diperhatikan sebelum memutuskan membuat credit card

Supaya tidak muncul penyesalan karena menggunakan Mastercard, berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh Anda sebagai calon pemegang kartu.

Pertama, pahami terlebih dahulu tentang konsep dasar credit card, karena kartu ini bukan hanya menawarkan kemudahan kepada Anda dalam melakukan transaksi. Pada dasarnya, kartu kredit merupakan media penyedia pinjaman dengan tenor selama 30 hari. 

Dimana setelahnya, Anda wajib melakukan pembayaran sesuai dengan transaksi yang telah dilakukan pada kurun waktu tersebut. Jadi, bisa dikatakan apabila Anda menggunakan credit card, artinya Anda memiliki sejumlah hutang.

Kedua, jangan sembarangan dalam memilih jenis dari kartu kredit, Anda harus menyesuaikannya dengan pendapatan bulanan. Jangan sampai limitnya lebih besar dari gaji yang Anda miliki. Kemudian, pilih juga kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan Anda dalam membayar tagihan bulanannya.

Ingat, kartu kredit itu adalah hutang yang harus dibayar setiap bulan. Dimana bila Anda lalai melakukan pembayaran, Anda bisa terkena bunga dan denda yang jumlahnya tidak sedikit. Kemudian, ketika Anda telah memiliki CC jangan pergunakan untuk tarik tunai, karena biaya yang dibebankan terbilang besar.

Ketiga, pada proses pengajuan pembuatan kartu kredit, petugas dari bank pastinya akan melakukan pemeriksaan terkait keuangan yang Anda miliki. Itu berarti mereka akan memeriksa riwayat kredit Anda, apakah pernah terkena kredit macet atau tidak. Karena apabila pernah, permohonan Anda akan ditolak. Jadi, bila memang ingin memiliki credit card, pastikan riwayat keuangan aman.

Demikianlah informasi mengenai pembuatan Mastercard secara gratis di bank-bank yang memang memiliki izin resmi untuk menerbitkannya.

You may also like