Home Tips Cara Membuat Laporan Arus Kas

Cara Membuat Laporan Arus Kas

by Mas Abadi

Laporan arus kas atau cash flow sebenarnya adalah salah satu bentuk dari laporan keuangan terpenting dalam bisnis Anda. Hal ini disebabkan karena laporan digunakan untuk memahami pendapatan dan pengeluaran masing-masing perusahaan. Rincian laporan arus kas dijelaskan di bawah ini. Ini dia presentasi lengkapnya.

Memahami arus kas 

Sebelum itu, sebagian orang mungkin masih belum memahami laporan arus kas maupun arti dari laporan arus kas yang merupakan bentuk laporan keuangan berisi informasi yang relevan mengenai arus kas masuk dan keluar perusahaan. Laporan arus kas mencatat arus kas dari berbagai sumber.

Berdasarkan kegiatan penjualan, kegiatan investasi dan kegiatan keuangan perusahaan. Tujuan dari pembuatan laporan ini berguna untuk mengetahui apa sebenarnya pembayaran dan pendapatan kas perusahaan. Melalui cara ini, akan lebih ringan untuk melihat potensi perwujudan kas di masa depan.

Laporan arus kas dapat dibuat menggunakan dua metode. Hal ini dapat dilakukan dengan cara langsung atau tidak langsung. Tentunya keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tentu saja, perusahaan dapat memilih di antara keduanya sesuai dengan situasi serta keadaan mereka.

Buat laporan arus kas memakai metode tak langsung

Setelah memahami pentingnya arus kas, langkah selanjutnya adalah menyesuaikan arus kas. Metode tidak langsung dapat digunakan untuk membuat laporan arus kas. Laporan arus kas yang dibuat dengan menggunakan metode ini harus mengacu pada tiga elemen. Diantaranya adalah arus bisnis, kas dari investasi, dan kas dari pembiayaan. Untuk membuat laporan arus kas menggunakan metode tidak langsung:

  • Buat laporan laba rugi.

Pertama, siapkan data-data yang diperlukan. Salah satunya yaitu laporan untung rugi  periode berjalan. Berdasarkan data ini, Anda dapat melihat apakah perusahaan Anda merugi atau untung.

  • Buat neraca

Langkah berikutnya juga akan membuat neraca untuk periode saat ini dan sebelumnya. Dengan mengumpulkan dari dari tahun sebelumnya Anda akan bisa membandingkan dan memperoleh data tentang pergerakan keuangan perusahaan pada tahun buku berjalan.

  • Penyesuaian laba tahunan

Dalam laporan laba rugi, data diambil dari posisi keuangan perusahaan. Apakah itu rugi atau untung? Arus kas melalui aktivitas operasi dihasilkan dengan menyesuaikan laba atau rugi ini. Arus kas lewat aktivitas operasi dimasukkan pada laporan arus kas yang menggunakan metode tidak langsung.

  • Periksa dampak transaksi nontunai

Setelah nominal arus kas operasi ditentukan, langkah selanjutnya yaitu mencari arus kas investasi serta pendanaan. Rahasianya adalah memodifikasi mekanisme perdagangan tanpa uang tunai. Misalnya, menunda pembayaran tunai untuk operasi sebelumnya dan selanjutnya. Data ini dapat diperoleh dari neraca sebelum serta selama periode berjalan.

  • Buat laporan arus kas

Ini adalah beberapa langkah untuk membuat laporan arus kas. Apalagi secara tidak langsung.

Buat laporan arus kas menggunakan metode langsung

Laporan arus kas tidak hanya mempunyai metode tidak langsung, pelaporan arus kas juga bisa dikerjakan dengan menggunakan metode langsung. Perbedaan dari metode tak langsung terletak pada sumber datanya. Melalui metode ini yang menggunakan kumpulan data buku besar bank atau buku kas. Untuk membuat laporan arus kas memakai metode langsung:

  • Pemeriksaan silang

Anda akan memerlukan beberapa dokumentasi untuk menyelesaikan prosedur pemeriksaan silang. Mulailah dengan buku tabungan Anda dan periksa rekening giro Anda, punuk dan cek tunai atau cek tunai. Inspeksi timbal balik ini dikenal sebagai rekonsiliasi. Apabila proses bank collation dan Patty Cash sudah selesai, berarti tahap pertama telah berhasil diselesaikan.

  • Eliminasi silang

Apa  yang Anda lakukan dengan eliminasi silang? transaksi bersama yang terkait dengan buku kas.

  • Klasifikasikan semua jenis pengeluaran dan pendapatan dalam laporan arus kas

Fase ini membutuhkan banyak waktu. Apabila jika hanya langkah ini yang dilakukan rutin setiap hari (dalam mencatat semua pemasukan dan pengeluaran), tentu dapat lebih cepat. Arus kas transaksi mencakup semua item yang terkait dengan aktivitas utama perusahaan (dilaporkan dalam laporan laba rugi).

Arus kas investasi, di sisi lain, adalah segala transaksi yang terkait dengan pembelian dan penjualan aset tetap. Juga, penerimaan kas melalui piutang. Terakhir, kami meningkatkan arus kas, adalah transaksi yang terkait dengan kewajiban serta modal yang dipunyai oleh perusahaan.

  • Menyusun Laporan Arus Kas

Jika Anda mengikuti langkah-langkah sebelumnya, Anda dapat dengan cepat membuat laporan arus kas. Ini karena segala data  berhasil diambil.

Kesimpulan 

Laporan Arus Kas memungkinkan pemangku kepentingan untuk dengan mudah memonitor perkembangan bisnis yang telah didanai. Bagi orang dalam, arus kas dapat menjadi pusat informasi untuk menilai bisnis Anda. Selain itu, Anda dapat mencoba memakai software akuntansi yang mempunyai kemampuan pelaporan keuangan terlengkap serta memenuhi kebutuhan bisnis Anda untuk memudahkan penciptaan dan pengelolaan arus kas terbaik Anda.

You may also like