Home Investasi Cara Membeli Reksadana Syariah Mandiri

Cara Membeli Reksadana Syariah Mandiri

by Mas Abadi
reksadana syariah mandiri

Reksadana syariah mandiri adalah reksadana yang investasinya hanya di instrumen pasar uang syariah dan/atau surat berharga pendapatan tetap syariah dengan sisa jatuh tempo atau jangka waktu kurang dari 1 tahun.

Investasi syariah merupakan bentuk investasi yang bukan sekedar memperhitungkan return atau keuntungan yang diperoleh dan risiko, namun pula kepatuhan terhadap peraturan syariah. Tujuan dari investasi syariah bukan hanya untuk dunia saja melainkan juga untuk masa depan.

Salah satunya yaitu Anda dapat membeli reksa dana berbasis syariah. Ini adalah jenis reksa dana terbaik yang dianggap oleh lembaga terhubung memiliki proses investasi yang sesuai dengan hukum Syariah.

Selain itu, keunggulan lain dari reksa dana yaitu reksa dana memungkinkan Anda melakukan investasi syariah secara online, sebab saat ini telah banyak menjamur aplikasi investasi reksa dana syariah.

Langkah-langkah Membeli Reksadana Syariah Mandiri

Tata cara pembelian reksa dana seperti berikut ini:

  1. investor yang akan membeli reksa dana Mandiri Sekuritas harus menjadi nasabah Mandiri Sekuritas untuk memiliki RDN untuk melakukan pembayaran efek;
  2. Jika sudah menjadi nasabah, para investor akan menyediakan sejumlah dana yang cukup di akun RDN sesuai nominal nilai pembayaran yang diinginkan;
  3. Investor bisa bertransaksi secara online melalui MOST Mobile dan MOST Web atau langsung saja menghubungi sales representative dari Mandiri Sekuritas dengan mengunjungi cabang Mandiri Sekuritas terdekat, menghubungi account officer masing-masing (untuk nasabah full service) atau ke ruang negosiasi Mandiri Sekuritas dengan menghubungi 021500 179;
  4. Konfirmasi dari transaksi pembelian yang sudah dilakukan akan langsung terkirim ke Investor.

4 Jenis Reksadana Syariah

  • Reksa dana pasar uang syariah

Reksa dana pasar uang syariah adalah reksa dana yang investasinya hanya pada instrumen pasar uang syariah dan/atau surat berharga pendapatan tetap syariah dengan jangka waktu atau sisa jatuh tempo paling lama 1 (satu) tahun.

  • Reksa Dana Pendapatan Tetap Syariah

Reksa Dana Pendapatan Tetap Syariah adalah reksa dana yang investasinya minimal 80% dari NAB pada efek pendapatan tetap Syariah.

  • Reksa Dana Campuran Syariah

Manajer Investasi pengelola Reksa Dana Campuran Syariah hanya dapat melakukan investasi pada Efek Syariah Pendapatan Tetap, Efek Bersifat Syariah dan/atau instrumen pasar uang nasional sesuai dengan Prinsip Syariah di pasar modal dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. penanaman modal pada salah satu sarana penanaman modal tidak melebihi 79% (tujuh puluh sembilan persen) dari nilai kekayaan bersih; dan
  2. portofolio reksa dana syariah harus memuat saham syariah dengan saham syariah dan efek pendapatan tetap.
  • Reksa Dana Saham Syariah

Reksa Dana Pendapatan Tetap Syariah adalah reksa dana yang investasinya paling sedikit 80% dari NAB pada saham Syariah.

Resiko dan Manfaat dari Reksadana

Resiko Reksadana

  • Risiko kehilangan nilai dalam unit penyelesaian

Risiko ini adalah risiko utama yang terkait dengan investasi di reksa dana. Pengurangan jumlah penyertaan saham dalam suatu dana investasi terjadi karena fluktuasi harga aset atau surat berharga dalam dana investasi tersebut.

  • Risiko Likuiditas

Manajer Investasi tidak dapat segera memproses penjualan kembali reksa dana sahamnya. Untuk mengurangi risiko ini, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah menetapkan bahwa Manajer Investasi harus menyelesaikan semua transaksi penjualan kembali selambat-lambatnya 7 hari kerja setelah transaksi.

  • Risiko gagal bayar

Risiko gagal bayar efek pendapatan tetap yang mewakili tujuan investasi reksa dana.

Manfaat Reksadana

reksadana adalah

  • Kemudahan Akses Investasi

Akses bagi calon investor untuk berinvestasi di reksa dana sangat mudah. Investasi reksa dana dapat dilakukan melalui agen penjual reksa dana, manajer investasi, bahkan aplikasi elektronik.

  • Dikelola oleh manajemen profesional

Manajer Investasi adalah perusahaan manajemen profesional dengan pengalaman khusus dalam mengelola dana. Peran mereka penting sekali sebab mereka lah yang akan melayani langsung para investor yang mempunyai waktu terbatas dan tidak bisa melakukan penelitian langsung terhadap perusahaan dan investasinya untuk mengetahui harga sekuritas dan memperoleh informasi di pasar modal.

  • Likuiditas yang tinggi

Likuiditas adalah kesanggupan perusahaan untuk memenuhi kewajiban jangka pendeknya. Jika likuiditas tinggi, investor dapat menarik saham penyertaannya setiap saat sesuai dengan ketentuan dana investasi masing-masing.

  • Reksadana Rendah

Reksadana yang dibutuhkan untuk berinvestasi di reksadana jauh lebih rendah dibandingkan dengan sarana investasi lainnya.

  • Transparansi

Jenis investasi ini menyediakan seluruh informasi yang jelas dan berkelanjutan tentang evolusi dan biaya portofolio. Hal ini dilakukan agar pemegang saham dapat memantau pendapatan, biaya dan risiko kapan saja. MI sebagai pengelola reksa dana pun harus mempublikasikan NAB pada surat kabar setiap hari dan menerbitkan laporan keuangan semesteran dan tahunan serta brosur secara berkala. Dengan keterbukaan informasi ini, para investor pun bisa secara rutin memantau perkembangan investasinya.

Demikian pembahasan mengenai reksadana syariah mandiri yang harus Anda ketahui sebelum melakukan investasi. Semoga membantu!

You may also like