Home Tips Cara Membeli Mobil Baru Tanpa Kredit, Bayarnya Cash

Cara Membeli Mobil Baru Tanpa Kredit, Bayarnya Cash

by Mas Abadi

Mempunyai mobil sendiri merupakan dambaan banyak orang. Dimana mimpi tersebut diwujudkan dengan beberapa metode pembayaran yang memang diciptakan untuk memberikan konsumennya kemudahan, seperti misalnya kredit, sebenarnya dibawa lebih dekat. Tetapi, banyak yang lebih memilih untuk membeli secara tunai tanpa cicil dengan berbagai alasan. 

Anda memiliki pilihan untuk membeli mobil secara cash atau kredit, jika Anda memilih salah satu diantara keduanya, silahkan simak tips beli dengan tunai dibawah ini.

Tips Membeli Mobil Baru Secara Cash

Berikut dibawah ini adalah beberapa tips bagi Anda yang ingin membeli mobil baru secara tunai, silahkan simak perinciaannya :

Lakukanlah survei ke dealer-dealer

Cara pertama yang harus Anda lakukan saat akan beli mobil secara cash, yaitu dengan mencari informasi mengenai dealer serta mobil. Jangan terlalu terburu-buru membeli mobil, alangkah lebih baik bila Anda kumpulkan info sebanyak mungkin agar Anda bisa memperoleh mobil sebagaimana keinginan Anda dan kebutuhan juga harga terbaik. 

Cari tahulah mengenai jenis mobil apa yang berkualitas baik, kelebihan dan kekurangannya juga cara merawatnya. Sebab, semua hal tersebut juga harus dipertimbangkan ketika Anda membeli mobil. Selain itu, Anda juga akan menemukan informasi tambahan dalam survei.

Misalnya seperti diskon ketika membeli mobil secara tunai. Info tersebut bisa membantu Anda memperoleh mobil dengan harga terbaik. Kemudian sebaiknya juga Anda mengetahui nilai jualnya saat digunakan, karena dengan begitu Anda mempunyai gambaran jika nanti harus menjualnya. 

Survei ini tidaklah sulit untuk Anda lakukan, karena Anda bisa menemukan segala info mengenai mobil serta harganya melalui dunia maya, datang ke pameran atau bisa juga menanyakannya pada kenalan Anda, saudara maupun teman.

Melakukan test drive pada mobil yang akan dibeli

Meski tidak wajib, melakukan test drive pada mobil yang diinginkan bukanlah hal yang mustahil. Test drive memungkinkan Anda untuk menguji karakteristik mobil yang akan Anda beli. Walaupun, tidak setiap dealer menawarkan test drive. Apabila, Anda ingin melakukannya, dealer mungkin akan memberikan waktu secara khusus. 

Karena tidak semua tempat penjualan mobil menawarkan semua jenis kendaraan untuk melakukan pengujian. Apabila pihak dealer meminta waktu, ada kemungkinan bila mobil yang Anda inginkan saat itu sedang tidak ada atau belum ready. Apabila begitu, sebaiknya Anda merencanakan ulang untuk bertemu dengan pihak dealer.

Pastikan telah mempersiapkan modal untuk uang muka

Jangan salah, ada banyak yang mengungkapkan jika membeli mobil secara cash tidak perlu memakai uang muka, tetapi pada kenyataannya Anda perlu menyiapkan uang muka tertentu, terutama bagi mobil dengan status masih indent. 

Anda masih harus menyiapkan uang cash untuk pramugara atau biaya reservasi. Sinyal beli ini menyebabkan pesanan bisa diproses langsung pada dealer. Nilai biaya reservasi biasanya sekitar 1 juta sampai dengan 5 juta rupiah.

Simpan SPK

Setelah Anda menyelesaikan pembayaran, Anda nantinya akan menerima SPK. Dimana surat ini merupakan berkas guna pembelian mobil baru yang akan dikirimkan ketika Anda benar-benar yakin membeli serta sudah melakukan pembayaran. Harap simpan surat tersebut dengan baik ketika Anda menerimanya. 

Surat tersebut berisi berbagai info mulai dari harga, jenis dan warna. Kemudian tanggal hingga bulan pembelian, lokasi dealer dan potongan yang disepakati akan dicantumkan. Jika  dealer menyerahkan aksesoris kepada pembeli, maka aksesoris tersebut juga tertulis dalam SPK. Baca detail DSS yang diberikan sebelum Anda menandatanganinya. 

Kemudian Anda juga berhak menanyakan juga mengenai pembatalan apabila ingin membatalkan pembelian selepas SPK keluar, dana yang nantinya dikembalikan apakah dikenakan pemotongan atau tidak. Sebagai konsumen tetap perlu menanyakan hal ini sehingga Anda mempunyai gambaran jika ada keadaan yang memaksa Anda untuk membatalkan pembelian.

Tinggal menunggu mobil tiba di rumah

Setelah Anda menyelesaikan segala urusan tentang SPK, maka selanjutnya adalah menunggu unit mobil impian dikirim oleh pihak dealer ke rumah Anda. Apabila mobil pesanan ada di dealer, maka tidak memerlukan waktu lama untuk bisa mencobanya. Tetapi jika belum, maka mau tidak mau Anda harus menunggu beberapa waktu. 

Waktu paling lama yang dibutuhkan dealer untuk mengantarkan pesanan Anda adalah 1 minggu, ini hanya berlaku bila mobil yang Anda inginkan tersedia. Namun, pada kondisi tertentu, Anda bisa saja harus menunggu hingga sebulan atau lebih hingga mobil tiba.

Saat Anda memperoleh perangkat, periksa secara mendetail. Perangkat yang dikirimkan oleh pengecer mungkin memiliki cacat. Apabila Anda menemukan kecacatan pada body mobil, segera kabari penjual atau distributor. 

Keluhan merupakan hak semua konsumen, maka jangan ragu melakukannya. Jika, sudah tidak ada lagi masalah pada keadaan unit yang diterima, tandatangani kwitansi sebagai tanda bila Anda sudah melakukan pemeriksaan serta menerima mobil.

You may also like