Home Tips Cara Membebaskan Diri dari Hutang di Tengah Resesi

Cara Membebaskan Diri dari Hutang di Tengah Resesi

by Mas Abadi

Sekarang ini kondisi keuangan negara sedang dalam keadaan yang memang tidak baik. Terlebih sekarang ini masih dalam kondisi pandemi yang sudah jelas masih memberikan dampak yang cukup buruk terhadap ekonomi. Dengan adanya kenyataan bahwa Indonesia sedang resesi, maka sudah pasti Anda harus segera melunasi semua hutang yang dimiliki. 

Hal ini sendiri sangatlah penting sekali untuk Anda agar tidak mendapatan banyak masalah finansial di masa depan. Apalagi Indonesia yang resesi akan terus bertahan lebih lama. Mengingat pandemi masih belum bisa menyelamatkan segala sektor yang ada. Apabila Anda ingin membebaskan diri dari segala hutang di tengah resesi, di bawah ini akan dibahas caranya. 

Cara Membebaskan Diri dari Hutang di Tengah Resesi 

Hutang di tengah resesi adalah mimpi buruk bagi sebagian orang. Mengingat bahwa pada saat resesi akan ada banyak penurunan dalam sektor ekonomi. Maka daripada, jika Anda ingin membebaskan diri dari hutang, maka berikut ini adalah caranya: 

Cari pendapatan tambahan 

Cara pertama yang bisa Anda lakukan agar terbebas dari lilitan hutang di tengah resesi adalah dengan mencari pendapatan tambahan. Mungkin bagi Anda yang bekerja sebagai karyawan akan sulit membagi waktu. Tapi, Anda bisa mencari pendapatan tambahan dengan cara online. Misalnya dengan berjualan dan juga menawarkan jasa. 

Mencari pendapatan tambahan setidaknya akan membantu Anda agar cepat melunasi hutang yang dimiliki. Apalagi ketika resesi seperti sekarang ini yang jelas akan memberikan beban ekonomi yang lebih berat lagi. Mencari pendapatan tambahan tidak harus bekerja di dua tempat. 

Karena hal paling utama untuk bisa membayarkan hutang dengan cepat adalah dengan menekan angka pengeluaran dan menambah pendapatan. Jika Anda sudah memastikan bahwa sudah paham kedua hal tersebut. Maka, Anda pun bisa dengan cepat melunasi semua hutang yang dimiliki. 

Alokasikan dana hiburan untuk membayar hutang 

Bagi sebagian dari Anda mungkin sudah mempunyai budget untuk hiburan, misalnya dana traveling atau sekedar berbelanja barang mewah. Ada baiknya dana hiburan ini dialokasikan untuk membayar hutang. Tidak ada salahnya, Anda tidak liburan selama beberapa bulan. Karena yang paling penting adalah hutang terbayar dengan cepat. 

Mengingat bahwa yang paling penting adalah terhindar dari hutang yang menumpuk. Menahan diri menjadi sangat penting di tengah situasi seperti sekarang ini. Karena yang pasti Anda harus bisa bertahan hidup terlebih dahulu tanpa ada beban hutang. Setidaknya Anda bisa memperoleh ketenangan finansial sementara negara sedang resesi. 

Menghemat penggunaan energi 

Energi yang dimaksud disini adalah seperti listrik yang juga menjadi salah satu pengeluaran yang terbilang tinggi. Ada baiknya mulai sekarang pun Anda menghemat penggunaan energi. Misalnya dengan mematikan lampu pada siang hari, penggunaan alat elektronik tidak di malam hari dan lain sebagainya. 

Dengan cara ini sendiri akan sangat membantu sekali agar tagihan tidak membengkak. Sehingga Anda pun bisa mulai membayar hutang sedikit demi sedikit. Jangan menggunakan listrik jika memang tidak diperlukan. Gunakanlah sebijaksana mungkin agar bisa membantu Anda melunasi hutang di tengah resesi. 

Identifikasi hutang 

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan agar cepat terbebas dari hutang adalah dengan mengidentifikasi hutang itu sendiri. Sebaiknya Anda mulai mencatat berapa hutang yang dimiliki dan lakukan perhitungan dengan terperinci. Setelah itu, pisahkan hutang yang ada. Mana yang sekiranya harus dibayarkan terlebih dahulu dan mana yang masih bisa sedikit ditunda. 

Dalam hal ini sendiri, Anda membutuhkan pengelolaan uang yang sangat baik. Sehingga Anda pun bisa secara perlahan membayarkan hutang. Pastikan bahwa Anda mencatat hingga hutangan dengan nilai yang kecil sekalipun. Dengan cara ini, maka Anda pun bisa mengatur keuangan agar lebih baik lagi. 

Pahami kemampuan diri 

Untuk yang satu ini sendiri pun juga sangatlah penting sekali. Anda harus tahu kemampuan diri sendiri yang mana akan sangat membantu jika ingin melunasi hutang. Jika memang Anda merasa mampu semua hutang dibayarkan sekaligus, maka lebih baik segera bayarkan. 

Tapi, jika dana yang ada terbatas, maka mencicil bisa jadi alternatif yang tepat. Lebih baik, Anda tidak memaksakan diri untuk membayar sekaligus jika memang tidak ada. Apabila si pemberi hutang masih memberikan kesempatan untuk membayar hutang, maka tidak ada salahnya Anda ambil. Dengan catatan bahwa Anda tetap akan membayarnya dan jangan mengingkari janji. 

Demikianlah cara yang akan membantu Anda untuk terbebas dari hutang di tengah resesi seperti sekarang ini. Dimana Anda pun bisa mempraktekannya agar hutang bisa cepat lunas. Sehingga ketika dalam kondisi resesi seperti sekarang, Anda tidak akan mengalami kesulitan finansial. Hal paling utama agar hutang cepat terbayar adalah dengan mengatur keuangan dengan baik.

You may also like