Home Tips Cara Membangun Rumah Secara Bertahap, Solusi Dana Terbatas

Cara Membangun Rumah Secara Bertahap, Solusi Dana Terbatas

by Mas Abadi
bangun rumah bertahap

Seiring berkembangnya zaman, manusia semakin mudah memenuhi kebutuhan sandang dan pangan. Tapi tidak dengan papan, rasanya sangat sulit diwujudkan dalam waktu dekat. Pasarnya semakin hari harga properti kian naik, hal ini tentu cukup memberatkan kaum milenial terutama generasi sandwich yang punya banyak tanggung jawab.

Berencana bangun rumah sendiri namun masih terkendala modal? Anda tak harus membuat rumah langsung jadi, kok. Mendapatkan rumah impian kini bukan lagi angan-angan, karena ada banyak cara untuk melakukannya. Seperti cara membangun rumah secara bertahap, dimulai dari membeli lawah, menyewa jasa arsitek, hingga memilih material bagunan yang tepat. Tak hanya solusi saat budget terbatas, tapi juga membantu Anda dalam membangin rumah sesuai kebutuhan.

Pelajari Cara Membangun Rumah Secara Bertahap Berikut Ini

Masalah biaya memang sering menghambat seseorang dalam memenuhi kebutuhan akan tempat tinggal.  Makanya Anda harus mulai melakukan perencanaan dari sekarang. Seperti mengurangi pengeluaran dan menambah sumber penghasilan. Kalau sudah cukup terkumpul, segera bangun rumah secara bertahap dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1.     Menyusun Perencanaan Serinci Mungkin

Ini merupakan langkah penting yang harus dilakukan kalau Anda berencana membangun rumah sendiri secara bertahap. Menyusun perencanaan harus sematang mungkin agar eksekusi bisa dilakukan dengan sempurna. Anda dapat memulainya dari membeli lahan. Setelah mendapatkan lahan yang cocok bisa segera dibeli dan diurus surat-suratnya.

Tentukan apakah Anda butuh jasa arsitek untuk mendesain hunian tercinta, kalau ya maka siapkan budget lebih. Setelah itu baru menyusun tanggal pembangunan secara rinci. Budget harus sudah tersedia, jadi pastikan terlebih dahulu agar rencana bisa dijalankan. Karena perannya begitu penting dalam proses penyusunan hingga hasil akhir rencana.

  1.     Survey Material Bangunan

Setelah menyusun perencanaan yang rinci, langkah selanjutnya adalah melakukan survey terhadap material secara rinci. Pos pengeluaran satu ini memang cukup besar dalam pembangunan rumah, maka dari itu Anda perlu melakukan survey terhadap kualitas dan harganya yang cocok dengan modal saat ini. Kalau bisa cari bahan berkualitas namun harganya murah, dari merk lokal pun tak masalah karena yang merk impor pasti lebih mahal.

  1.     Menghitung RAB (Rancangan Anggaran Biaya)

Rencana sudah disusun, kemudian survey material juga sudah, hal apa selanjutnya yang dilakukan? Yakni menghitung rancangan anggaran biaya secara kasar. Kalau memutuskan menyewa arsitek, berarti Anda harus bayaran jasanya dalam hitungan RAB. Begitu pun saat tidak, semua harus dihitung mulai dari pondasi hingga bangunan jadi. Ini adalah rumah Anda, tempat tinggal sampai tutup usia. Lebih baik memahami betul prosesnya, jadi bukan sekedar tinggal.

  1.     Menyesuaikan Pondasi dan Bahan bangunan Sesuai Kondisi Tanah

Pondasi dan bahan bangunan yang dipilih kedepannya harus sesuai dengan kondisi tanah rumah yang akan dibangun. Ada beberapa jenis tanah yang perlu diketahui, yakni tanah sangat lunak, tanah lunak, tanah sedang, dan tanah keras. Masing-masing punya karakteristiknya sendiri, oleh sebab itu pondasi harus dibangun sesuai kondisi tanah tersebut. Jangan sampai Anda membangun rumah di atas tanah yang tidak ideal.

  1.     Tentukan Konsep yang Tepat, Lalu Eksekusi

Konsep yang tepat dengan membangun rumah bertahap adalah rumah tumbuh. belakangan ini memang sedang tren di kalangan masyarakat karena cocok bagi orang-orang yang terbatas pada dana. Dalam konsep pembangunan ini, rumah akan dibangun secara bertahap menyesuaikan budget yang tersedia serta prioritas ruangan yang dibutuhkan.

  1.     Memilih Material dan Desain Sesuai Kebutuhan Fungsional

Anda mungkin tergiur menggunakan material di luar rencana saat proses pembangunan berlangsung. Nah perlu disadari bahwa godaan-godaan seperti ini dapat mempengaruhi hitungan RAB yang telah disusun. Anggaran yang seharusnya kecil bisa membengkak kalau tak sesuai rencana awal. Makanya Anda harus lebih disiplin dan mampu menentukan skala prioritas.

Terkait dengan desain, Anda bisa memilih rumah minimalis yang lebih multifungsi. Banyak sekali contohnya di internet yang bisa dijadikan inspirasi.

Keuntungan Membangun Rumah Secara Bertahap

Memiliki rumah sendiri adalah impian semua orang. Kita tentu akan berusaha semaksimal mungkin agar dapat mewujudkannya, apalagi kalau sudah berkeluarga. Rumah adalah kebutuhan paling krusial, karena berfungsi sebagai tempat tinggal sampai hari tua. Namun sayang tak semua dari kita cukup beruntung untuk mewujudkan rumah impian dalam waktu singkat.

Beruntung ada metode membangun rumah secara bertahap yang bisa jadi solusi terbaik. Apa sih keuntungannya?

  •       Ikut terlibat dalam pembuatan rumah tersebut, mulai dari menguasai pembangunan hingga keuangan. Dengan demikian Anda dapat memiliki hunian sesuai keinginan.
  •       Menentukan sendiri jadwal pembangunan sesuai kondisi keuangan saat ini.
  •       Lebih fleksibel dalam merubah desain rumah.
  •       Menghemat pengeluaran, sehingga tabungan tidak menipis.
  •       Kapasitas ruangan rumah dapat dimaksimalkan.
  •       Memberi kepuasan tersendiri yang harganya tak ternilai

Itulah cara membangun rumah secara bertahap serta keuntungan dari metode tersebut. Bagaimana, tertarik memiliki hunian impian dengan cara satu ini? Apapun itu keputusan Anda, sebaiknya diputuskan secara matang. Semoga dapat membangun rumah secepatnya.

You may also like