Home Bisnis Cara Melihat Ketentuan Gaji Fresh Graduate

Cara Melihat Ketentuan Gaji Fresh Graduate

by Mas Abadi
gaji fresh graduate

Masa transisi dari kehidupan kampus dan dunia kerja memang akan ada banyak perubahan. Hal ini akan sangat terasa oleh fresh graduate, karena masih minim pengalaman dan baru memulai merintis beberapa kebutuhan yang ada. Keadaan satu ini memang menjadi permasalahan semua orang, sehingga perlahan akan bisa menemukan jalan tengahnya. 

Apabila Anda sudah memutuskan untuk melamar kerja setelah lulus dari kampus, maka ada beberapa persiapan yang harus Anda ketahui. Salah satunya mengenai rentang gaji yang akan didapatkan oleh fresh graduate ketika bekerja. Nah, pada tahap ini kami akan menjelaskan beberapa proses yang bisa dilakukan untuk mengukur gaji fresh graduate, simak ulasannya.

Mengetahui Gaji Fresh Graduate

1. Skill yang Dikuasai 

Ada beberapa ketentuan untuk mendapatkan gaji yang diinginkan atau sesuai ekspektasi yang diharapkan oleh setiap lulusan baru. Salah satunya yang harus Anda pahami, biasanya perusahaan mengukur dari skill yang akan dikuasai. Bagian satu ini sangat menarik untuk Anda lihat, sehingga bisa mempengaruhi gaji yang akan didapatkan ketika Anda bekerja nanti. 

Dalam tahap ini Anda harus menyertakan beberapa informasi secara lengkap, mulai dari pengalaman organisasi, prestasi selama di kampus, kegiatan freelance atau sebagainya sudah jelas Anda berikan dari CV yang dikirimkan ke perusahaan. Apabila semuanya telah Anda cantumkan dan perusahaan melihat prospeknya baik, maka bisa Anda dapatkan. 

Apalagi jika Anda sudah bergabung dan menjalani masa percobaan, perusahaan melihat skill dan kontribusi yang Anda berikan sangat positif. Tentu dalam tahap ini perusahaan benar-benar bisa melihatnya secara menyeluruh. Dengan demikian, skill yang ada dan dimiliki tersebut memberikan banyak keuntungan, salah satunya gaji yang akan didapatkan nantinya. 

2. Informasi Gaji Perusahaan 

Mungkin Anda akan bingung ketika baru lulus dari dunia perkuliahan dan mendapatkan penawaran kerja mengenai rentang gaji yang akan diberikan. Apabila Anda terlalu kecil dalam menentukan gaji yang didapatkan, maka kesulitan untuk bertahan. Namun, jika terlalu tinggi dalam menentukan rentang gaji, tentu harus ada nilai lebih yang Anda berikan. 

Bagian satu ini memang sangat penting untuk Anda pahami, sehingga jangan sampai Anda salah dalam menentukan dan memahami ekspektasi gaji yang akan didapatkan. Cara yang paling untuk melakukannya memang mencari beberapa kisaran standar gaji perusahaan tersebut melalui beberapa tahapan yang bisa Anda lihat. 

Saat ini, prosesnya akan sangat mudah untuk dilakukan. Meskipun gaji sifatnya sangat tertutup dan personal, tetapi beberapa ulasan dan review yang ada akan menjelaskan beberapa kisaran gaji yang akan diberikan. Tahapan satu ini memang sangat menarik untuk Anda lihat, sehingga penawaran gaji yang akan Anda berikan pada perusahaan sudah sesuai dengan ketentuannya.

Tetapi, kebanyakan sekarang beberapa perusahaan telah memberikan beberapa informasi gaji karyawannya dan benefit yang akan didapatkan ketika sedang bergabung. Bagian tersebut rasanya bisa menjadi tolak ukur yang bisa Anda berikan. Oleh karena itu, pahami semuanya dengan jelas dan harus mencari beberapa informasi secara lengkap. 

3. Menggunakan Portal Pencari Kerja

Cara selanjutnya untuk menentukan rentang gaji orang yang baru lulus atau fresh graduate bisa melihat dan menggunakan portal pencari kerja. Melalui situs atau aplikasi tersebut biasanya sudah diperlihatkan secara lengkap mengenai informasi gaji dan keuntungan jika Anda diterima dan bekerja dalam perusahaan tersebut. 

Apalagi beberapa aplikasi sudah mempunyai fitur filterisasi mengenai rentang gaji yang akan Anda inginkan, sehingga beberapa perusahaan yang sesuai akan muncul otomatis. Bagian ini memang menarik dan mempermudah Anda dalam mendapatkan ketentuan gaji yang akan didapatkan ketika ditanya mengenai rentang gaji yang didapatkan. 

Dengan demikian, posisinya Anda tidak asal sebut dan sembarangan dalam menebaknya. Sehingga semua proses yang ada bisa Anda tentukan dan dapatkan dengan jelas, kedepannya tinggal perusahaan yang akan mempertimbangkan faktor lainnya. 

4. Upah Minimum Daerah (UMP)

Beberapa daerah atau wilayah mempunyai ketentuan mengenai gaji yang berbeda-beda, karena tidak semua daerah akan mematok rentang gaji yang sama. Apalagi untuk Anda yang baru lulus, maka biasanya ketentuan gajinya pun berdasarkan dari UMP wilayah tempat Anda bekerja tersebut, sehingga proses satu ini harus Anda benar-benar pahami. 

Apabila Anda mengajukan gaji dalam penawaran kerja nantinya, tentu Anda akan mendapatkan respon yang tepat dan tidak sembarangan asal sebut saja. Mengetahui informasi penting untuk Anda lakukan, karena sudah mempertimbangkan penghasilan yang akan didapatkan. Namun, sisi lainnya memang harus ada perhitungan dan aspek lainnya yang harus Anda lihat. 

Oleh karena itu, perbanyak informasi sebelum melamar perusahaan yang dituju Anda sudah harus memegang datanya, ketika ditanya mengenai gaji tidak sembarangan lagi dalam menyebutnya. 

Nah, demikianlah penjelasan lengkap mengenai cara melihat ketentuan gaji yang akan didapatkan fresh graduate ketika bekerja nanti. 

You may also like