Home Investasi Cara Melihat Harga Saham di IDX, Investor Pemula Wajib Tahu

Cara Melihat Harga Saham di IDX, Investor Pemula Wajib Tahu

by Mas Abadi
melihat harga saham

Bagi Anda yang baru mencoba main saham, ada banyak hal dasar yang wajib dipelajari dengan baik. Agar nantinya tidak salah langkah dalam menentukan investasi. Selain memahami tentang pasar saham, yaitu jam dan satuan lot, Anda juga harus tahu bagaimana cara untuk mengecek harga saham yang ada di IDX.

Hal ini sangatlah penting untuk dipahami, karena Anda tidak mungkin dapat membeli saham tanpa mengetahui harga sahamnya. Terlebih bila Anda ingin melakukan pembelian saham pada suatu perusahaan memerlukan fundamental dan analisis teknikal dimana prosesnya pasti menyangkut harga saham pada waktu tertentu.

Mengapa harus IDX? Karena BEI atau IDX adalah pusat perdagangan yang semua transaksi tentang jual-beli saham berjalan. Bila diibaratkan marketplace dimana menawarkan produk dari beragam toko dan diberikan informasi mengenai harga serinci mungkin, IDX pun menggunakan sistem serupa.

IDX sebagai pusat jual-beli saham, tentunya akan memberikan informasi yang jelas terkait harga saham sesuai kebutuhan publik. Oleh sebab itu, penting sekali bagi Anda mengetahui cara mengecek harga saham di sana sebagai investor.

Apa Itu Harga Saham

Sebelum mencari tahu bagaimana caranya untuk melihat atau mengetahui harga saham. Mari membahas sedikit mengenai saham.

Saham merupakan sebuah tanda dari seseorang yang melibat diri untuk pemberian modal, seperti perusahaan, badan usaha maupun perseroan terbatas. Mereka sebagai penyerta modal berhak memiliki atau mengklaim pendapatan sebuah perusahaan,aset serta berhak untuk menghadiri RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham).

Sementara pengertian dari harga saham, yakni harga yang telah ditetapkan oleh perusahaan kepada entitas atau orang yang ingin mempunyai hak atas saham maupun perusahaan tersebut. Harga saham juga dapat naik dan turun, bergantung pada penawaran serta permintaan atas saham. Namun, umumnya bisa dikarenakan dari kinerja perusahaan, kondisi ekonomi dan sentimen pasar.

Cara Melihat Harga Saham Harian

Selain dengan IDX Anda juga dapat melakukan pengecekan harga saham secara real time dengan platform lain, salah satunya adalah Google. Berikut dibawah merupakan langkah-langkah melihat harga saham pada IDX :

  1. Silahkan mengunjungi halaman website IDX idx.co.id
  2. Kemudian Anda pilih di bagian atas ‘data pasar’, selanjutnya cari pada sub bagian ‘ringkasan perdagangan’ lalu klik ‘ringkasan saham’.
  3. Kemudian masukkan tanggal dari harga saham yang ingin diketahui, filter jenis yang diinginkan. Klik ‘kode saham’, lalu pilih ‘nama perusahaan’, selanjutnya silahkan ikuti instruksi pada halaman tersebut.
  4. Jika sudah, silahkan klik ‘cari’.
  5. Tunggu sebentar, nanti akan muncul secara mendetail semua emiten yang telah terdaftar pada IDX sesuai dengan filter yang tadi Anda pilih.

hal terpenting yang Anda harus perhatikan adalah bila harga saham pada IDX, tidak memperlihatkan harga real time tetapi harian karena dipilih sesuai tanggal yang Anda inginkan dan pengecekan minimal hanya dapat dilakukan satu hari sebelumnya.

Lalu, bagaimana caranya agar dapat melihat harga saham secara real time? Anda dapat memanfaatkan Google, tinggal mengetikan pada kolom pencarian kode emiten perusahaan yang Anda ingin ketahui harga sahamnya. Maka, akan muncul pergerakan sahamnya.

Perlu diketahui, bila Anda ingin melihat secara real time harga saham terkini. Hanya dapat dilakukan satu per satu, jadi Anda memang harus memasukan nama perusahaan secara bergantian. Google tidak akan memperlihatkannya dengan bentuk tabel seperti saham harian.

Cara Melihat Harga Naik atau Turun

Bagian paling penting yang tidak boleh Anda lewati adalah ketika melakukan analisis sebelum membeli saham, tidak terpaku pada harga harian. Perlu juga melakukan survei tentang perubahan harga setiap waktu. Ini perlu karena Anda harus tahu apakah harga saham dari perusahaan yang diincar, naik atau turun.

Anda dapat melakukan analisis tersebut secara berkala dengan mengecek perubahannya melalui Google atau IDX. Perlu diingat, bila melakukan pengecekan pada Google hal tersebut hanya dapat memperlihatkan kepada Anda perubahan harga pada satu emiten, bukan secara keseluruhan seperti harga saham harian seperti di IDX.

Sebagai contohnya, Anda ingin melihat perubahan harga pada ANTM. Berikut dibawah ini adalah langkah yang harus Anda lakukan :

  1. Silahkan masuk ke halaman website IDX di idx.co.id
  2. Kemudian Anda pada bagian atas akan ada pilihan ‘perusahaan tercatat’, setelah itu di sub bagian pilihlah ‘profil perusahaan tercatat’.
  3. Cari berdasarkan dengan saham, ketik kode emiten ANTM, kemudian klik tombol ‘cari’.
  4. Pada bagian bawah, tekan nama ‘aneka tambang’, selanjutnya klik ‘info perdagangan’.
  5. Nanti akan muncul tabel berisi informasi harga saham, mulai dari beberapa hari sebelumnya hingga hari dimana Anda melakukan pengecekkan. Anda akan dapat melihat apakah harganya semakin naik atau turun.

Itulah tadi informasi mengenai saham, harga, cara melihat harga saham harian serta mengecek apakah harganya naik atau turun. Perlu diperhatikan, bila ingin membeli saham pastikan untuk melakukan analisis terlebih dahulu, jika Anda belum mengerti caranya Anda dapat meminta bantuan dari seseorang yang memang ahli di bidang tersebut.

You may also like