Home Tips Cara Kredit Mobil Bekas Tahun 1990

Cara Kredit Mobil Bekas Tahun 1990

by Mas Abadi
kredit mobil bekas tahun 1990

Memiliki mobil saat ini tidak hanya sekedar untuk kebutuhan transportasi saja, karena banyak sekali orang yang senang mengoleksi mobil bekas yang ada pada tahun tertentu. Semakin tua umurnya dan langka, maka akan semakin mahal. Tapi ada juga beberapa mobil bekas yang tidak terlalu mahal. Bagi Anda yang ingin membeli mobil tua, ada cara untuk kredit mobil bekas tahun 1990.

Tips Membeli Mobil Bekas Tahun 1990

Sebelum tahu bagaimana cara membeli mobil bekas secara kredit, ada beberapa tips yang perlu Anda ketahui untuk bisa membeli mobil bekas yang berkualitas. Berikut ini adalah tips untuk membeli mobil bekas:

  • Jenis mobil

Tips pertama ketika Anda ingin membeli mobil bekas adalah dengan menentukan terlebih dahulu jenis mobil yang akan dibeli. Seperti yang Anda tahu, mobil bekas ada banyak sekali dan juga tahunnya pun berbeda-beda. Jika ingin membeli yang tahun 1990, maka Anda harus mencari tipe mobil yang sekiranya keluar pada tahun tersebut.

  • Perbanyak refrensi

Jika sudah menemukan tipe mobil yang ingin Anda beli, maka selanjutnya Anda harus mencari refrensi dari mobil tersebut. Hal-hal yang perlu Anda cari tahu adalah seperti kelebihan dan kelemahan dari mobil yang sudah Anda pilih.

Walaupun mobil tua sudah pasti tidak memiliki teknologi terbaru, tapi bukan berarti tidak ada kelebihan yang dimiliki. Perbanyak refrensi agar bisa tahu apakah mobil ini tepat untuk Anda sangatlah penting. Bahkan Anda juga harus tahu berapa harga pasaran dari mobil tersebut.

harga mobil bekas dibawah 50 juta

  • Mencari penjual yang tepat

Bila sudah mencari refrensi, berarti tinggal mencari penjual yang tepat. Anda bisa mencari penjual mobil lewat internet atau bertanya kepada orang terdekat. Pastikan bahwa mobil yang dijual harganya sudah sesuai dengan pasaran saat ini.

  • Cek dokumen

Hal paling penting saat ingin kredit mobil bekas adalah dengan mengecek dokumennya. Anda harus memastikan bahwa dokumen mobil sudah lengkap dan masih berlanjut pajaknya. Hal ini sangatlah penting agar lebih memudahkan Anda ketika ingin mengajukan kredit untuk mobil tua.

  • Cek kondisi mesin

Tips terakhir agar Anda bisa memilih mobil bekas yang tepat adalah dengan mengecek kondisi mesinnya. Mobil tua rentan sekali akan mesinnya yang sudah tidak prima. Maka dari pada itu, Anda harus memastikan kondisinya apakah ada yang perlu diperbaiki atau tidak. Sehingga Anda tidak mengalami kerugian.

Cara Kredit Mobil Bekas Tahun 1990

Dengan memahami tips di atas, maka Anda sudah siap untuk kredit mobil bekas tahun 1990 pilihan Anda. Berikut ini adalah cara untuk bisa kredit mobil bekas untuk tahun 1990:

  • Cari leasing

Setelah Anda menemukan mobil yang diinginkan, maka selanjutnya Anda harus mencari leasing yang tepat. Leasing adalah perusahaan yang menyediakan pembiayaan kredit motor ataupun mobil. Ada banyak sekali perusahaan leasing yang ada di Indonesia, di mana Anda bisa memilih salah satunya. Pastikan leasing mempunyai izin resmi dari OJK, sehingga proses kredit dapat dilakukan dengan mudah dan tanpa hambatan.

  • Hitung uang muka, bunga dan kreditnya

Namun, jangan terburu-buru memilih leasing yang sudah Anda temukan. Anda harus hitung terlebih dahulu uang muka, bunga serta kreditnya. Biasanya uang muka untuk bisa kredit mobil adalah sekitar 20% hingga 30% dari harga total mobil. Sedangkan untuk besaran cicilannya ini bergantung dari berapa DP yang Anda serahkan.

Semakin besar DP yang Anda bayarkan, maka biasanya cicilannya akan semakin sedikit untuk setiap bulannya. Sehingga Anda tidak akan berat untuk mencicil setiap bulannya. Jadi sebisa mungkin membayarkan jumlah uang muka sekitar 30%.

  • Siapkan syaratnya

Jika Anda sudah memastikan bahwa leasing sudah sesuai, maka selanjutnya Anda perlu mempersiapkan syarat yang diperlukan. Berikut ini adalah syarat yang harus Anda siapkan:

  • KTP Anda dan pasangan jika ada.
  • Kartu keluarga
  • Salinan buku rekening ataupun rekening koran 3 bulan terakhir
  • Keterangan penghasilan atau slip gaji
  • Bukti pembayaran tagihan listrik
  • Bisa juga menggunakan bukti kepemilikan rumah seperti pembayaran PBB, AJB atau pun sertifikat.
  • Bawa ke leasing

Jika sudah, maka Anda hanya tingga membawa seluruh syaratnya ke leasing yang sudah Anda pilih. Di mana nanti petugas akan melakukan survey terlebih dahulu. Jika pengajuan kredit diterima, pihak leasing akan langsung menghubungi Anda. Kemudian Anda bisa menyelesaikan seluruh dokumen atau syarat tambahan yang sekiranya diperlukan.

Demkianlah cara kredit mobil bekas tahun 1990, di mana Anda bisa mengajukan ke pihak leasing yang sudah dipercaya. Namun, perlu Anda perhatikan bahwa sebelum mengajukan kredit, lebi baik bertanya apakah bisa menerima kredit mobil pada tahun tersebut. Karena tidak seluruh leasing mau memberikan kredit untuk mobil yang terhitung tua.

You may also like