Home keuangan Cara Kelola Keuangan untuk Anak Kost

Cara Kelola Keuangan untuk Anak Kost

by Mas Abadi

Kebanyakan permasalahan dari anak kos tidak pernah lepas atau jauh dalam hal pengelolaan keuangan. Karena kebanyakan dari mereka awalnya terlalu terbiasa dengan kebutuhan yang sudah dilengkapi oleh orang tua.

Maka begitu berpisah dan harus tinggal sendiri, kerap mengeluarkan uang untuk hal-hal yang tidak diperlukan dan berlebihan. Padahal ketika kamu kos, segalanya harus kamu lakukan sendiri termasuk untuk membayar beberapa hal.

Mungkin saat awal-awal mulai ke kos orang tua akan mengirimkan lebih karena memang kebutuhan menjadi lebih banyak. Tetapi tidak ada salahnya jika kamu mengelola uang kiriman orang tua tersebut dengan baik.

Sebab bisa saja satu waktu ada kondisi dimana orang tuamu tidak dapat mengirimkan uang padahal kamu sedang membutuhkannya. Karena itu silahkan simak artikel ini hingga selesai untuk mendapatkan tips mengelola keuangan bagi anak kos.

Tips Mengelola Keuangan Bagi Anak Kost

Biasakan berbelanja bulanan

Kebanyakan anak kos berpikiran bahwa membeli keperluan atau kebutuhan lebih hemat ketika barang tersebut sudah habis atau membelinya satu persatu. Tetapi tahukah kamu bahwa sebenarnya akan lebih enak ketika menyetok barang untuk satu bulan.

Namun, pastikan jika barang-barang ini memanglah produk yang memiliki jangka waktu atau kadaluarsa panjang. Kalau misalnya seperti beras, kopi, gula, garam, sabun mandi, deterjen dan lainnya.

Apalagi sekarang sudah ada begitu banyak toko atau supermarket yang menggunakan sistem grosir. Tentunya ini jika dihitung akan jauh lebih murah dibandingkan kamu membeli secara. Kamu juga bisa mengajak teman kos yang lain untuk belanja bersama supaya bisa patungan dan tentunya harganya lebih ramah dikantong.

Jangan lupa untuk mencatat terlebih dahulu apa saja kebutuhan-kebutuhan kamu dalam satu bulan tersebut, pastikan ketika datang ke grocery shopping tidak berbelanja di luar daftar yang telah kamu buat supaya tidak melebihi budget yang sudah ditentukan.

Mempertimbangkan untuk belanja online

Untuk beberapa produk yang masuk dalam kebutuhan primer di mana kamu tidak perlu terburu-buru untuk menggunakannya. Kamu bisa mempertimbangkan untuk berbelanja secara online, tentu hal ini bukan suatu yang sulit apalagi generasi sekarang sudah sangat mengenal teknologi.

Manfaatkanlah promo yang ditawarkan pihak aplikasi atau e-commerce, kamu bisa juga membeli pada waktu-waktu tertentu seperti misalnya harbolnas yang kerap dipromosikan oleh toko hijau ataupun orange. Tetap perhatikan dan pastikan jika barang-barang tersebut memang kamu butuhkan dan bukan karena lapar mata saja melihat harganya yang murah.

Menabung dengan teratur

Menabung adalah salah satu poin dalam pengelolaan keuangan yang baik untuk anak kos. Dalam hal ini lebih kepada memiliki dana darurat, walaupun kamu masih mendapatkan kiriman dari orang tua tidak ada salahnya untuk menyisihkan dana tersebut ke tabungan yang lain.

Agar nantinya di saat kamu benar-benar membutuhkan dana dan orang tuamu dalam keadaan yang tidak bisa mengirimkan uang, kamu masih memiliki simpanan sendiri. Sisihkanlah setidaknya 5-10% dari uang kiriman orang tua ke tabungan yang lain.

Sekarang cukup mudah memiliki simpanan karena sudah ada e-wallet yang dapat digunakan dengan bebas tanpa kamu harus repot-repot datang ke bank membuka rekening tabungan baru. Apalagi fitur di dompet digital juga sudah mulai lengkap termasuk adanya dana yang dapat dikunci untuk jangka waktu tertentu.

Jangan tunda untuk membayar tagihan

Tidak menunda untuk membayar tagihan adalah salah satu cara menghemat yang benar. Tagihan anak kos itu biasanya berupa uang kuliah atau uang kos, ada pula beberapa pos yang menarik biaya untuk listrik dan juga air. Jadi jangan pernah telat membayar hal-hal tersebut karena ketika kamu telah melakukan pembayaran tentu akan ada sanksi tersendiri.

Tidak menunda pembayaran tagihan juga menjadi salah satu cara bagi dirimu untuk belajar bertanggung jawab serta disiplin. Kamu harus tahu bahwa ketika tidak telat membayar tagihan, akan jauh lebih membuatmu merasa nyaman dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Masak dan bawa bekal

Terakhir adalah dengan menghilangkan atau mengurangi kebiasaan jajan di luar dan juga hangout bersama teman-teman. Ada baiknya kamu mulai belajar untuk memasak sendiri di kost karena hal ini akan sangat membantu kamu dalam menghemat pengeluaran.

Lalu dibandingkan jajan di luar, ada baiknya untuk membawa bekal sendiri. Memasak mungkin bisa dimulai dari hal-hal yang paling mudah, misalnya seperti memasak nasi, nyeplok telur hingga memasak sayuran yang tidak terlalu sulit.

Seiring dengan berjalannya waktu ketika kamu telah terbiasa dengan memasak, pastinya kamu bisa mengetahui seberapa besar menghematnya dirimu karena hal kecil yang satu ini. Bahkan, bisa jadi ada teman yang ingin ikut mencicipi masakanmu dan menjadi peluang usaha sendiri.

Nah, demikianlah tadi beberapa tips bagi kamu yang saat ini sedang kos den jauh dari keluarga. Tips ini cocok bagi mereka yang baru pertama kali berpisah dengan keluarga dan ingin berhemat.

 

You may also like