Home Bisnis Cara Jualan Online di Twitter Supaya Laris

Cara Jualan Online di Twitter Supaya Laris

by Mas Abadi

Berjualan online itu dapat dilakukan melalui platform apapun, termasuk menggunakan Twitter. Media sosial yang satu ini menjadi salah satu favorit para seller karena jumlah penggunanya yang banyak. Selain itu Twitter juga memiliki peluang untuk berbisnis yang menjanjikan dan berjualannya juga terbilang mudah.

Apakah Twitter dapat digunakan untuk berjualan

Aplikasi Twitter merupakan layanan media sosial serta mikroblog online yang memungkinkan para penggunanya untuk membaca, mengirim dan menerima pesan dengan teks sepanjang 280 karakter. Post-post tersebut disebut juga sebagai cuitan atau kicauan.

Karenanya, Twitter dapat digunakan sebagai media berjualan online. Namun, memang aktivitas berjualan pada jejaring sosial yang satu ini cukup berbeda bila dibandingkan dengan media sosial lainnya atau marketplace. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak artikel ini hingga selesai.

Tips berjualan melalui aplikasi Twitter

Pastinya setiap berjualan harus mempunyai tips serta trik agar produk yang dijual menjadi laris dan terjual habis, baik berdagang secara online maupun offline semua menginginkan hal tersebut. 

Nah, berikut dibawah ini adalah tips-tips yang bisa digunakan ketika Anda memutuskan untuk berjualan di Twitter :

  • Jual produk yang menjadi kebutuhan

Jualah produk yang memang menjadi kebutuhan banyak orang dan bila menurut survei, pada Twitter hampir 30% pengguna Twitter suka membeli hal-hal yang berkaitan dengan fashion, seperti sepatu, tas, baju, aksesoris dan hal lainnya.

Kemudian 30% yang lain menyukai hal-hal seperti skin care, make up, vitamin, body care dan yang berkaitan dengan kesehatan baik kulit serta anggota tubuh lainnya. Sisa 40% lain berarti gadget dan kebutuhan selain yang telah disebutkan.

Jadi, bila Anda bingung tidak ada salahnya untuk melakukan survei pasar serta siapa yang nantinya akan menjadi target market Anda.

  • Tarik minat dari konsumen

Ada banyak cara untuk bisa menarik perhatian serta minat dari para calon konsumen. Berikut adalah triknya :

  • Berikan potongan pada ongkos kirim, namun berikan juga syaratnya. Misal, akan ada potongan 10% untuk ongkir, apabila membeli produk dengan nominal Rp 100.000.
  • Diskon juga merupakan salah satu hal yang banyak menarik minat, namun juga jangan terlalu sering.
  • Selalu pajang review atau testimoni dari pelanggan yang telah menggunakan produk tersebut.
  • Saring komentar yang masuk pada setiap postingan, jangan sampai ada komentar buruk. Cara? Gampang. Jadilah seller yang ramah, jujur dan santun.
  • Berikan juga refund apabila barang yang dibeli memang tidak sesuai dengan ekspektasi pelanggan.

Bila kelima opsi diatas bisa Anda terapkan, dijamin usaha online Anda akan berjalan dengan mulus dan ramai pembeli.

  • Manfaatkan digital bank sebagai media pembayaran

Seperti yang Anda ketahui bila sekarang ini dunia perbankan juga telah berkembang pesat. Karenanya untuk masalah pembayaran, ada baiknya Anda juga memiliki akun-akun digital banking seperti misalnya OVO, Jago, DANA, GoPay dan masih banyak lagi. Jadi, pembeli mempunyai banyak cara untuk membayar.

  • Promosikan produk dengan video

Faktanya 48% pengguna sosial media, lebih tertarik dengan promosi produk melalui video ketimbang foto. Jadi, buat lah video-video menarik seputar produk yang Anda jual seunik mungkin dan pasti harus bisa membuat penonton menjadi ingin membelinya.

Cara mempromosikan jualan melalui Twitter

Pastinya selalu ada cara supaya cuitan Anda di Twitter dapat menarik perhatian pengguna lain, dengan begitu Anda bisa memperoleh pelanggan sekaligus mempromosikan produk yang Anda jual.

  • Melengkapi profil pengguna

Lengkapilah profil pengguna pada bagian yang memang sudah disediakan. Pada bio, Anda bisa memberikan sedikit informasi mengenai bisnis, misalnya lokasi, nomor WhatsApp, website, foto profil atau logo serta memajang foto pada bagian timeline yang sesuai dengan jualan Anda.

  • ¬†Aktif memfollow akun milik orang lain

Rajin-rajinlah untuk memfollow akun milik pengguna lainnya, Anda bisa melakukannya secara random atau mulai dari mengikuti orang-orang terdekat yang memiliki akun Twitter, misal saudara, sahabat, keluarga lainnya hingga tetangga.

Dengan begitu, para pengguna lain akan mau merespon bahkan mem follow back Anda. Anda juga dapat mengikuti akun-akun bisnis serupa, influencer, artis dan lainnya. Rajinlah untuk mengikuti balik bila ada yang memfollow Anda. Jangan pilih-pilih, kecuali memang akun tersebut meresahkan.

  • Hati-hati dalam membuat caption

Ingat bila batas karakter yang diizinkan hanya 280 saja. Pilihlah kata-kata secara singkat, tepat dan tidak monoton. Kemudian berhati-hatilah dalam membuatnya, jangan menyinggung produk atau brand lainnya. Fokus saja pada jualan Anda.

  • Berinteraksilah dengan follower

Maksudnya adalah Anda harus ramah dan jangan mengabaikan bila ada DM serta jika ada yang berkomentar sebaiknya dibalas. Tetaplah santun, apabila ada komentar yang keluar dari bahasan dapat Anda tegur secara halus atau di blok saja.

Demikianlah cara mudah bagi Anda yang ingin berjualan online melalui aplikasi burung biru alias Twitter. Lakukanlah setiap langkah dengan cermat dan jangan lupa untuk membuat perencanaan pemasaran khusus untuk digital marketing.

You may also like