Home Bisnis Cara Jualan di Instagram Untuk Pemula Supaya Banyak Pembeli

Cara Jualan di Instagram Untuk Pemula Supaya Banyak Pembeli

by Mas Abadi

Seiring berkembangnya teknologi, semakin banyak juga orang yang memanfaatkan untuk bisa menghasilkan uang dan membuat rekening menjadi lebih berisi. Sekarang pun juga telah banyak media yang bisa digunakan, salah satunya adalah instagram.

Nah, bila Anda memang tertarik untuk berjualan melalui instagram berikut adalah cara supaya produk yang dijual banyak pembelinya.

Anda harus memiliki smartphone dengan kualitas video dan kamera yang baik

Pertama adalah wajib mempunyai smartphone dengan kualitas video dan kamera yang mumpuni. Ini ditujukan agar mempermudah Anda dalam mengambil gambar produk yang nantinya akan di upload ke feed instagram.

Berikan nama akun menggunakan merk produk atau nama toko online

Ada baiknya nama dari akun bisnis Anda menggunakan merk produk agar pelanggan bisa mengetahui apa yang dijual. Anda mengkombinasikannya antara nama produk dengan nama Anda sendiri atau buatlah brand yang unik dan mudah diingat oleh calon konsumen.

Lengkapi bio dengan jelas

Jangan lupa untuk melengkapi data untuk profil pada bagian bio, misalnya seperti :

  • Nama brand atau produk secara jelas
  • Berikan deskripsi singkat mengenai produk
  • Berikan nomor kontak dan alamat website
  • Gunakan foto profil yang memang mewakili jualan Anda¬†

Upload video dan foto dengan memberikan keterangan

Setiap kali Anda mengunduh video atau foto pada feed atau story, jangan lupa untuk menambahkan caption. Isinya tentu saja mengenai produk tersebut, keunggulannya, cara penggunaan (jika ada), ukuran, warna dan lain sebagainya.

Upload foto testimoni dari para pelanggan

Setiap kali Anda berhasil menjual produk, tidak ada salahnya untuk meminta si pembeli untuk mereview produk tersebut dan memberikan testimoni terkait cara Anda berjualan, ketepatan produk yang dibeli, kecepatan pengiriman dan lain sebagainya. 

Kemudian minta izin dari mereka agar diperbolehkan mengupload pembicaraan tersebut di media sosial untuk dijadikan bukti bahwa Anda adalah penjual yang amanah, produk yang Anda jual juga mendapatkan respon baik dan lain sebagainya.

Testimoni ini sangatlah penting, mengingat saat ini banyak sekali penjual yang tidak jujur. Dimana akhirnya berdampak juga pada kepercayaan konsumen kepada pemilik toko online lain yang sebenarnya terpercaya dan baik.

Sering-seringlah membagikan dan menggunakan hastag (#)

Kemudian jangan lupa untuk memberikan hastag atau tanda # pada setiap postingan. Ini bertujuan agar para calon pelanggan mudah menemukan produk atau toko online yang Anda kelola. Namun, dalam penggunaannya jangan berlebihan.

Berikan hastag yang berkaitan dengan produk, misalnya Anda berjualan baju second bisa menggunakan #BajuSecondMurah atau #BajuMurah dan kata-kata yang berkaitan dengan produk tersebut. Kemudian, ada baiknya tidak menggunakan hastag yang telah banyak digunakan karena nantinya akan banyak saingannya dan produk Anda akan susah ditemukan.

Selalu respon pertanyaan pada feed atau DM

Ternyata walau sederhana tetapi hal ini bisa memberikan kesan baik dari konsumen ke penjualnya. Karena calon pelanggan akan merasa dihargai dan lebih senang. Jadilah seller yang ramah serta santun, dengan begitu toko online Anda akan terkenal memiliki kredibilitas baik.

Memanfaatkan fitur promosi dari Instagram

Manfaatkan semaksimal mungkin fitur promosi yang dimiliki oleh Instagram, Anda dapat menyesuaikannya anggarannya sesuai dengan keinginan. Ini bertujuan supaya dapat menjangkau calon konsumen lebih banyak. Jangan lupa juga untuk menentukan siapa yang akan menjadi target pasarnya, contohnya seperti usia, lokasi dan gender.

Tambahlah terus followers

Bila akun untuk bisnisnya sudah siap, selanjutnya yaitu memperbanyak follower. Begitu banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya dengan melakukan memfollow akun-akun bisnis yang memiliki banyak followers. Anda harus mencari yang menjual produk dan barang yang sama, lalu Anda dapat memfollow pengikutnya.

Atau dapat juga memanfaatkan jasa dari para akun giveaway, dimana biasanya mereka memang mencari sponsor untuk mensponsori kegiatan mereka. Nah, sebagai nantinya penyelenggara GA akan meminta pengikutnya untuk memfollow akun sponsor. Tidak apa untuk membayar, tetapi cara ini praktis serta patut untuk dicoba.

Sesekali buatlah promosi

Promosi disini adalah dengan mengadakan flash sale, diskon dan pemberian produk gratis apabila pelanggan membeli produk hingga mencapai nominal tertentu. Hal ini terkadang memang diperlukan oleh para pemilik toko. Selain untuk menarik minat pembeli, juga memiliki tujuan seperti menghabiskan stok barang agar tidak terlalu menumpuk sehingga Anda bisa membeli yang baru.

Follow akun bisnis yang sudah besar dan cari tahu cara mereka berjualan

Terakhir adalah dengan memfollow akun instagram bisnis besar yang memiliki produk jualan yang sama dengan Anda. Bukan untuk mencuri pelanggan mereka, namun lebih untuk mencari ilmu dagang yang mereka gunakan. Bagaimana cara mereka bisa tetap bertahan ditengah-tengah pandemi seperti saat ini, promosi yang digunakan untuk menarik minat pelanggan dan lain sebagainya.

You may also like