Home Tips Cara Jual Beli Emas Pegadaian Secara Online

Cara Jual Beli Emas Pegadaian Secara Online

by Mas Abadi
jual beli emas pegadaian

Memiliki investasi berupa emas ternyata masih menjadi pilihan banyak orang. Apalagi seiring berkembangnya zaman dan teknologi, jual beli emas pegadaian dapat dilakukan secara online. Hal ini dilakukan karena PT Pegadaian menyadari betapa antusiasnya masyarakat luas untuk memiliki simpanan masa depan. Dengan adanya Tabungan Emas Pegadaian segalanya menjadi lebih mudah.

Apa yang dimaksud dengan Tabungan Emas Pegadaian

Tabungan Emas merupakan emas batangan yang dapat dimiliki oleh Pemilik Rekening dengan perjanjian untuk jual beli serta penitipan dan disetujui oleh kedua belah pihak, dalam hal ini adalah Anda sebagai pemilik dan Pegadaian.

Bisa diambil kesimpulan bila, tabungan emas adalah layanan untuk penjualan dan pembelian emas dengan sistem titip. Apabila Anda bertanya-tanya tentang apakah itu artinya pihak Pegadaian membeli emas secara fisik, kemudian menitipkannya atau menyimpan untuk Anda? Betul sekali.

Cara Mendaftar Melalui Tabungan Emas

tabungan emas

Untuk dapat membeli emas di aplikasi Tabungan Emas, tentunya Anda harus mengunduh terlebih dahulu aplikasi Pegadaian Digital di Google Play Store, jika sudah terunduh Anda bisa membuka aplikasi tersebut dan melakukan pendaftaran.

Berikut dibawah ini adalah langkah-langkah untuk mendaftar melalui aplikasi :

  1. Setelah tadi Anda mengunduh aplikasinya, selanjutnya adalah mengisi data diri dan upload semua dokumen yang diminta.
  2. Pilih cabang Pegadaian, ini dibutuhkan untuk penyelesaian pembukaan rekening. Karena pihak Pegadaian akan meminta Anda datang secara langsung untuk memastikan jika itu memang benar Anda.
  3. Selanjutnya adalah membayar total dari semua biaya sebesar Rp 100.000, rinciannya :
  • Biaya penitipan selama 12 bulan sebesar Rp. 30.000
  • Pembelian saldo sebesar Rp. 70.000
  • Keduanya wajib dibayarkan, dapat dilakukan melalui virtual account BCA atau datang langsung ke kantor cabang.
  1. Seperti yang telah disampaikan pada poin kedua, Anda harus datang ke kantor cabang guna mengambil buku Tabungan Emas serta verifikasi. Berikut adalah beberapa hal yang akan dilakukan ketika berada di kantor cabang :
  • Verifikasi KTP serta mengecek aplikasi apakah sudah siap.
  • Membuat buku tabungan, buku ini berisi jumlah saldo serta mutasi.
  • Melakukan pendaftaran untuk verifikasi rekening bank milik nasabah, ini akan digunakan ketika Anda ingin melakukan pencairan dana apabila berniat menjual atau menggadai emas yang Anda miliki.

Cara Jual dan Beli Emas Melalui Aplikasi

Apabila Anda ingin membeli emas melalui aplikasi Tabungan Emas, yakni pastikan jika rekening tabungan milik Anda sudah aktif. Di aplikasi juga akan tercantum harga emas pada hari itu per 0,01 gram, namun minimal pembelian adalah Rp. 50.000 dengan maksimal sebesar Rp. 10 juta untuk per harinya.

Harga yang dicantumkan pada aplikasi :

  1. Harga Jual merupakan harga yang ditawarkan oleh Pegadaian kepada nasabahnya. Harga tersebut nantinya adalah yang harus dibayarkan oleh Anda ketika akan membeli.
  2. Harga Beli merupakan harga yang akan diberikan kepada nasabahnya. Harga tersebutlah yang Anda terima ketika menjual kembali emas ke Pegadaian.

Cara membelinya adalah sebagai berikut :

  1. Buka Aplikasi.
  2. Masuk ke fitur Emas.
  3. Pilih “Beli”.
  4. Pilih “Rekening sendiri”, masukan nomor rekening.
  5. Input atau masukan nominal pembelian pada kolom yang tersedia.
  6. Centang pada tulisan “saya setuju dengan syarat dan ketentuan yang berlaku”.
  7. Klik “Selanjutnya”.
  8. Lalu akan muncul perincian total yang harus dibayarkan. Klik “Selanjutnya”.
  9. Pilih virtual account sesuai bank milik Anda. Klik “Bayar”.
  10. Bayarkan segera sebelum batas pembayarannya berakhir.
  11. Jika sudah selesai, nantinya Anda akan mendapatkan email yang berisi “Konfirmasi Pembelian Tabungan Emas”.

Lalu apa yang harus dilakukan jika ingin menjual kembali emas tersebut? Caranya sama dengan ketika Anda ingin membeli, yaitu :

  1. Masuk ke aplikasi.
  2. Masuk ke fitur Emas.
  3. Pilih “Jual”.
  4. Masukan jumlah emas yang akan di jual.
  5. Masukan nomor rekening untuk pencairan.

Saran saja, ketika Anda ingin menjual emas pastikan jika saat itu nilai jualnya memang sedang tinggi atau lebih tinggi dari harga ketika Anda membelinya. Keunggulan dari aplikasi ini juga Anda tidak perlu datang ke kantor cabang untuk mengambil uang, karena dana akan secara otomatis masuk ke rekening bank.

Bagaimana menurut Anda mengenai Tabungan Emas, berinvestasi pada emas merupakan hal yang paling tepat. Karena seperti yang Anda ketahui, jika nilai emas terbilang stabil dan tidak terpengaruh dengan fluktuasi.

Untuk jual beli emas pegadaian sendiri saat ini juga sudah sangat mudah, tanpa perlu pergi keluar rumah Anda bisa memiliki simpanan berupa emas batangan asli yang bisa dicairkan. Pencairan tersebut dapat berupa uang yang ditransfer ke rekening peribadi Anda dan bisa juga berupa emas batangan, apabila tabungan Anda sudah memenuhi syarat.

You may also like