Home Investasi Cara Investasi Saham untuk Pemula

Cara Investasi Saham untuk Pemula

by Mas Abadi

Jika Anda mendengar mengenai investasi saham Tentu saja Anda akan langsung berpikir seperti banyaknya orang lain yaitu itu memiliki keuntungan yang sangat besar. dengan investasi anda akan berpikir bahwa keuntungan tersebut akan membuat anda kaya raya hingga tujuh turunan.

Namun investasi saham tidak melulu mengenai uang atau membeli saat harganya sedang rendah atau menjual saat harganya sedang tinggi. dalam investasi saham sebaiknya anda memiliki kemampuan dalam menganalisis.

Contohnya seperti membaca dan memahami laporan keuangan grafik saham dan memprediksi pola dari laporan dan grafik saham suatu perusahaan dimasa yang akan datang serta menetapkan strategi yang tepat agar dapat mengurangi resiko dari investasi.

Kemampuan tersebut akan dapat mudah didapatkan apabila anda belajar dengan baik. Jika anda trader ataupun anda seorang investor saham berikut adalah beberapa cara yang mudah untuk belajar investasi saham.

Memulai Investasi Saham

  • Menentukan tujuan dari investasi

Sebelum menentukan untuk berinvestasi saham Anda harus mempelajari mengenai investasi saham terlebih dahulu dan menetapkan tujuan dari investasi. Anda tidak boleh asal menginvestasikan uang Anda tanpa berfikir panjang terlebih dahulu. Hal yang paling penting adalah tujuan investasi saham anda untuk apa.

Apakah anda memiliki tujuan untuk mengumpulkan dana membeli rumah atau mempersiapkan dana pensiun dana menikah dan tujuan lainnya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal investasi saham sebaiknya dilakukan dalam jangka waktu yang panjang sekitar 5 tahun atau lebih.

Karena hal ini sangat mungkin terjadi apabila dalam jangka waktu tersebut saham yang Anda beli mengalami kenaikan hingga ribuan persen sehingga meningkatkan keuntungan yang Anda dapat dan bisa mencapai tujuan investasi anda.

  • Rutin memeriksa kondisi keuangan

Jika Anda telah menentukan tujuan dalam investasi selanjutnya adalah Anda harus rutin memeriksa kondisi keuangan. mengetahui total penghasilan dan pengeluaran setiap bulannya sangat penting untuk keberlangsungan investasiAanda. Hal tersebut juga penting untuk mengetahui apakah besar pengeluaran dan total Penghasilan yang anda dapatkan seimbang atau Sebaliknya yang membuat keuangan Anda mengalami surplus.

Jika Seperti kata pepatah besar pasak daripada tiang maka anda tidak memiliki dana Yang yang menganggur untuk digunakan dalam berinvestasi. Sementara itu investasi saham tentu saja membutuhkan dana dan membutuhkan komitmen dari Anda agar disiplin dalam menyisihkan dana setiap bulannya.

Idealnya dana yang disisihkan untuk investasi saham dari total Penghasilan anda adalah sebanyak 10% perbulan. Tetapi jika pada bulan tertentu keuangan Anda mengalami surplus atau dana yang masuk melebihi dana yang keluar maka sebaiknya alokasikan dana tersebut untuk investasi saham.

Anda juga perlu memastikan bahwa anda berinvestasi sesuai dengan kemampuan finansial anda, tidak perlu dipaksakan untuk memulai pada nominal yang tinggi seperti jutaan hingga puluhan juta rupiah akibat ajakan dari orang lain.

Ada baiknya nominal investasi saham yang anda investasikan adalah nominal yang  karena investasi saham merupakan salah satu jenis investasi yang memiliki risiko tertinggi.

  • Pelajari mengenai investasi dari berbagai sumber

Sebelum berinvestasi Anda juga perlu mempersiapkan diri Anda dengan berbagai pengetahuan dan wawasan mengenai investasi saham. jika anda tidak memiliki ilmu serta informasi yang memadai anda hanya akan ikut-ikutan saat melakukan trading saham sehingga hal tersebut akan membuat Anda kebingungan dan tidak tahu u perlu mengambil langkah selanjutnya seperti apa.

Akhirnya anda akan  mengandalkan feeling sehingga resiko untuk mengalami kerugian semakin besar. Anda dapat belajar mengenai investasi saham dari sumber informasi yang terpercaya yaitu melalui situs resmi dari Bursa Efek Indonesia.

Pada situs tersebut tercatat banyak dari emiten atau perusahaan yang  terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan terdapat laporan keuangannya serta pergerakan indeks harga saham gabungan dari perusahaan tersebut.

Anda dapat ikut serta dalam kelas belajar investasi saham yang didirikan oleh Bursa Efek Indonesia ataupun dari komunitas investor maupun Trader. informasi mengenai investasi saham juga bisa anda dapatkan melalui buku atau seminar pelatihan hingga sosial media yang sering anda gunakan

  • Memilih platform saham yang terpercaya

Seiring dengan kemajuan teknologi saat ini telah banyak media untuk berinvestasi saham secara online yang  dapat ditemukan dari berbagai perusahaan sekuritas.

Anda harus  menentukan sekuritas yang terdaftar atau tercatat sebagai anggota Bursa Efek Indonesia dan telah memiliki izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan atau OJK langkah selanjutnya Anda dapat menganalisa rekam jejaknya sehingga Anda akan merasa aman serta nyaman dalam berinvestasi. hal ini juga bertujuan untuk mengurangi kemungkinan Anda berinvestasi pada perusahaan bodong

  • Beli saham unggulan

Selanjutnya bagi trader ataupun investor saham pemula Anda dapat memulai investasi dengan membeli saham-saham unggulan seperti konstituen indeks lq45. Indeks lq45 merupakan indeks saham yang yang memiliki 45 daftar saham pilihan.  saham-saham tersebut terdiri dari perusahaan yang baik dan memiliki perekonomian yang stabil

You may also like