Home Investasi Cara Investasi Obligasi Pemerintah dan Keuntungan yang Bisa Anda Dapatkan

Cara Investasi Obligasi Pemerintah dan Keuntungan yang Bisa Anda Dapatkan

by Mas Abadi
Cara Investasi Obligasi Pemerintah dan Keuntungan yang Bisa Anda Dapatkan

Obligasi pemerintah atau yang kerap kali disebut dengan government bond merupakan salah satu obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah. Obligasi ini dibuat lantaran untuk denominasi mata uang. Dan government bond dalam valuta asing biasanya disebut dengan obligasi internasional. Berikut beberapa hal yang perlu anda tahu.

Apa Saja Keuntungan Dari Government Bond?

1. Capital Gain

Cara Investasi Obligasi Pemerintah dan Keuntungan yang Bisa Anda Dapatkan

Keuntungan yang pertama adalah capital gain atau yang bisa disebut juga dengan selisih penjualan dari obligasi. Dengan adanya keuntungan ini akan didapatkan oleh investor saat menjual obligasi di pasar sekunder. Biasanya keuntungan tersebut didapatkan dari harga pembelian maupun harga pokok saat pertama kali obligasi tersebut terbit.
Biasanya jual beli dari obligasi ini akan bisa dilihat dalam bentuk persentase pada harga pokok dari obligasi tersebut. Contohnya adalah ketika anda membeli harga pokok obligasi dengan satu juta rupiah, maka untuk di pasar sekunder anda bisa menjual belikan pada harga yakni 110 persen. Sehingga dapat dikatakan jika harga dari obligasi tersebut mencapai 1.1 juta rupiah.

2. Pendapatan Tetap Dari Kupon

Keuntungan obligasi selanjutnya adalah pendapatan tetap dari kupan bunga yang didapatkan secara periodik dari penerbit. Biasanya untuk bunga obligasi akan memiliki nilai yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan bunga deposito maupun pada BI rate. Untuk itu, jatuh tempo dari obligasi tersebut akan menjadi penentu pada bunga yang nantinya akan diberikan oleh investor.

3. Dapat Diperdagangkan

Keuntungan lain yang bisa anda dapatkan ketika melakukan government bond adalah mampu diperdagangkan atau tradable. Disini, obligasi tersebut dapat diperdagangkan dengan menggunakan pasar sekunder. Market tersebut memang menjadi salah satu tempat untuk jual beli obligasi yang telah diterbitkan sebelumnya oleh pasar perdana.
Melalui penjualan yang dilakukan pada obligasi pasar sekunder tersebut, nantinya pihak investor akan memiliki keuntungan yakni yang disebut dengan capital gain. Seperti yang dijelaskan tadi, dengan adanya capital gain akan membuat investor bisa mendapatkan harga jual yang lebih tinggi dibandingkan dengan harga belinya.

4. Dapat Berpartisipasi Untuk Membantu Negara

Ketika anda melakukan investasi ini, secara tidak langsung anda pun turut untuk berpartisipasi di dalam membangun Indonesia. Hal ini dikarenakan pemerintah telah menerbitkan obligasi menjadi salah satu sumber daya untuk pembiayaan APBN. Sehingga anda pun telah turut membantu negara.

Cara Kerja Government Bond yang Perlu Anda Tahu

1. Melakukan Registrasi

Setelah mengetahui beberapa keuntungan obligasi tak ada salahnya untuk mulai melakukan investasi satu ini dengan mudah. Anda pun bisa melakukannya di beberapa bank yang memiliki layanan ini. namun, proses pertama yang harus anda lakukan adalah dengan registrasi terlebih dahulu.
Disini, anda bisa mendaftar sebagai calon investor dengan cara yakni memasukkan data data diri dan juga nomor SID atau Single Investor Identification. SID adalah nomor yang diterbitkan oleh KSEI. Nomor identifikasi ini juga memiliki sifat yang privat sekaligus unik. Apabila anda akan melakukan transaksi obligasi pastinya akan membutuhkan nomor satu ini.
Akan tetapi, apabila anda belum memilikinya maka anda pun bisa mendaftarnya terlebih dahulu. Apabila anda sudah mendaftar dan memilikinya, maka anda pun bisa melewati tahapan satu ini. contohnya ketika anda ingin melakukan obligasi pada Bank DBS, anda pun bisa melakukannya di Aplikasi Digibank yang dimiliki oleh bank DBS.

2. Melakukan Pemesanan dan Pembayaran

Investasi obligasi dapat anda lakukan di beberapa bank yang memiliki layanan ini, salah satunya adalah Bank DBS. Apabila anda melakukan transaksi obligasi melalui bank ini, maka anda pun bisa memilih menu obligasi yang ada di aplikasi digibank. Selanjutnya pilihlah obligasi yang anda inginkan. Anda pun bisa melihat halaman detail mengenai obligasi akan muncul.
Kemudian, anda nantinya hanya perlu untuk menentukan nomor seri dari obligasi yang ingin anda beli dan masukkan nominal sesuai dengan yang anda inginkan. Selanjutnya, anda bisa klik pesan dan klik konfirmasi di halaman konfirmasi. Barulah anda bisa melakukan pembayaran sesuai dengan saldo yang tersedia di akun digibank yang anda miliki.
Selain itu, anda pun juga bisa melakukan pembayaran dengan menggunakan transfer antar bank. Apabila anda menggunakan cara ini, anda pun bisa membayarnya maksimal dalam waktu 3 jam yakni sejak pemesanan dimulai. Ketika anda telah melakukan cara ini, anda pun telah sah menjadi salah satu investor dari obligasi milik pemerintah dan membantu untuk membangun negara Indonesia.
Bagi anda yang ingin melakukan investasi, maka obligasi pemerintah dapat menjadi salah satu pilihan untuk anda. Hal ini dikarenakan jumlah belanja yang lebih besar dibandingkan dengan pendapatan akan membuat pemerintah mengalami defisit anggaran. Dengan adanya hal tersebut, pemerintah pun akhirnya menerbitkan obligasi. Sehingga dengan investasi ini akan mampu untuk diperjual belikan oleh investor.

 

You may also like