Home Investasi Cara Investasi Emas Bagi Pemula

Cara Investasi Emas Bagi Pemula

by Mas Abadi
cara investasi emas

Emas adalah benda yang paling populer di kalangan masyarakat untuk dijadikan salah satu alat invvestasi. Selain kemudahan untuk mendapatkannya, harga emas juga tergolong sangat cepat untuk naik. Jadi bisa anda jadikan acuan bila suatu saat anda sangat membutuhkan dana dalam waktu yang cepat. Namun bagi pemula tergadang masih kurang mengerti bagaimana cara investasi emas yang benar. Namun sebelum itu, mari kita simak apa saja sih keuntungan dari investasi emas?

Keuntungan dari investasi emas

cara investasi emas

Emas adalah logam mulia yang memiliki daya tarik tersendiri. Maka dari itu banyak orang memilih emas sebagai salah satu investasi yang menjanjikan dibandingkan property ataupun tanah meskipun keduanya juga tidak kalah populer. Lalu apa saja keuntungan yang bisa kita dapat apabila kita memilih emas sebagai alat investasi?

  1. Emas adalah logam mulia yang bisa diterima oleh semua orang di dunia.
  2. Emas adalah salah satu investasi yang bisa dikatakan likuid.
  3. Nilai emas cenderung lebih stabil dibandingkan invesrasi lainnya.
  4. Emas dapat melindungi uang dari masalah inflasi.
  5. Emas juga berperan dalam diversifikasi investasi.
  6. Emas dapat juga digunakan ketika kondisi genting atau darurat.
  7. Tidak harus membeli dalam jumlah yang banyak.
  8. Emas memiliki resiko investasi yang minim.
  9. Pergerakan harga emas bisa dipantau kapan dan dimana saja.
  10. Dapat diperjual belikan dengan mudah. Tidak perlu datang ke toko, jaman sekarang emas bisa diperjual belikan secara online.

Cara investasi emas bagi pemula

Setelah anda mengetahui keuntungan investasi logam mulia ini, yuk simak bagamana cara menginvestasikan emas untuk pemula sebagai berikut.

  1. Pastikan tujuan investasi emas

Sebelum anda memulai investasi emas, hal yang harus anda perhatikan adalah tujuan investasi emas itu sendiri. Apakah anda ingin investasi dengan tujuan pernikahan, biaya pendidikan, ataupun investasi anda di hari tua. Ambil saja contoh jika anda ingin beberapa tahun ke depan berhenti bekerja. Anda perlu menyisihkan uang gaji anda untuk mulai membeli emas. Tak perlu dalam jumlah banyak sebab emas bisa dibeli dalam jumlah yang kurang dari satu gram tentu saja setelah anda menghitung berapa besaran biaya yang anda keluarkan untuk masa pensiun anda.

  • Memantau perkembangan harga emas secara rutin atau berkala

Tujuan memantau perkembangan emas secara berkala adalah emas adalah investasi yang bisa dikatakan paling stabil meskipun terkadang harganya sering naik turun. Namun tentu saja tidak ada salahnya untuk membelinya. Saat harga emas tingga, anda punya pilihan untuk menjual ataupun tetap menyimpannya. 

Era teknologi modern seperti sekarang, anda tidak perlu repot-repot mencari informasi tentang perkembangan harga emas. Sekarang sudah ada website dan aplikasi yang digunakan untuk mengetahui harga emas itu sendiri yang bisa anda akses dimana saja dan kapan saja. Namun perlu anda pahami bahwa investasi emas memang disarankan untuk investasi jangka pajang dalam kurun waktu 5-10 tahun.

  • Membeli Emas di tempat terpercaya

Perlu anda perhatikan bahwa membeli emas harus di tempat yang resmi dan terpercaya contohnya di PT. ANTAM yang merupakan tempat resmi penjulan emas. Bila anda tidak bisa mengunjungi gerainya, anda bisa membelinya secara online melalui e-commers yang telah disediakan. Selain itu ada pula di PT. Pegadaian yang memberikan jasa tabungan emas. Keduanya adalah Badan Usaha Milik Negara yang sudah sangat terpercaya.

  • Tempat Penyimpanan Emas yang Aman

Brangkas adalah pilihan pertama ketika seorang ingin menyimpan Emas. Anda bisa menyimpan emas serta harta benda lain di dalam brangkas dengan kata sandi ataupun kunci yang bisa anda atur sendiri. Namun bila anda merasa masih kurang aman, anda bisa menyimpannya di Safe Deposit Box yang biasanya ditawarkan oleh bank dengan sewa per bulan. Tarif SDB biasanya berbeda-beda tergantung ukuran serta pihak bank tersendiri. Anda bisa menanyakannya terlebih dahulu kepada pihak bank yang bersangkutan.

  • Fokus ke masa Depan

Anda harus paham bila investasi selalu berorientasi pada masa depan bukan tabungan jangka pendek yang bisa anda ambil atau jual kapan saja sekalipun anda sedang tidak dalam keadaan darurat. 

Maka dari itu, melakukan investasi termasuk emas perlu kesabaran yang tinggi sebab investasi berbeda dengan jual beli barang yang memiliki orientasi untuk mendapatkan laba dalam waktu yang cepat. Pikirkanlah bahwa investasi emas yang sedang anda lakukan adalah untuk tujuan masa depan bukan hanya masa sekarang.

Nah, apakah anda tertarik untuk menginvestasikan emas sebagai tabungan pensiun atau masa depan anda setelah membaca cara investasi emas di atas? Jenis investasi ini juga sangat cocok untuk orang yang ingin memulai berinvestasi dengan modal yang tidak terlalu besar. Cukup sisihkan sebagian gaji anda untuk mulai berinvestasi dan menikmati masa pensiun tanpa memikirkan biaya hidup yang cukup mengagetkan di masa sekarang. Namun tentu saja, jangan lupa untuk menabung, ya.

You may also like