Home Tabungan Cara Ganti PIN ATM Mandiri, BCA, BRI dan BNI

Cara Ganti PIN ATM Mandiri, BCA, BRI dan BNI

by Mas Abadi

Tahukah Anda bila melakukan penggantian PIN pada kartu debit dan kredit merupakan salah satu hal yang penting serta harus dilakukan? Tujuannya adalah menjaga keamanan, walau tidak nyaman tetapi Anda memang perlu melakukan hal tersebut.

Sebab, banyak dari nasabah yang tidak pernah mengganti PIN kartu debit ataupun kreditnya mengalami hal yang tidak mengenakan, yaitu dibobol oleh oknum tidak bertanggung jawab sehingga dana pada tabungan menjadi berkurang atau bahkan hilang.

Mengapa harus mengganti PIN ATM?

Mengubah PIN pada kartu ATM dengan berkala adalah satu hal penting bagi nasabah yang walau merepotkan tetapi harus dilakukan. Tujuannya utamanya adalah menghindari terjadinya pembobolan dana dan keamanan dari rekening tabungan.

Karena saat ini ada begitu banyak modus penipuan yang mengintai keamanan dana. Contohnya modus skimming dan phising yang kerap terjadi pada i-banking serta mesin ATM. Berikut penjelasan singkat mengenai keduanya :

  • Skimming

Merupakan tindak pencurian data kartu debit maupun kredit dengan menyalin semua informasi nasabah yang ada pada bagian strip magnetik di bagian belakang kartu. Cara kerjanya adalah dengan memasukkan skimmer pada mesin ATM.

Ini merupakan alat berukuran kecil yang dapat membaca serta merekam data milik nasabah yang terdapat pada kartu ATM. Biasanya para pelaku akan menaruh alat tersebut pada lubang slot kartu, sehingga tidak akan disadari oleh nasabah yang sedang melakukan transaksi.

  • Phishing

Merupakan kejahatan yang biasanya dilakukan melalui online, bertujuan untuk mengambil informasi nasabah. Contohnya user ID, PIN, password hingga kode OTP. Untuk phishing sendiri sebenarnya adalah modus lama yang kerap dilakukan oleh pelaku penipuan.

Biasanya mereka akan menelepon, mengirimkan pesan melalui SMS/ WA hingga mendekati korban via sosial media. Modus ini termasuk yang banyak memakan korban, karena entah mengapa banyak nasabah yang mempercayainya.

Contohnya, ada nasabah yang ditelepon oleh penipu mengatasnamakan salah bank dan mengatakan jika korban memenangkan undian, namun untuk mendapatkannya korban harus melakukan beberapa hal.

Tips agar aman bertransaksi melalui mesin ATM

Walau saat ini Kartu debit/ kredit telah menggunakan chip untuk menyimpan data. Dimana hal tersebut dianggap lebih aman dan dapat menghindari kejahatan digital, karena sistem pengamanan yang diterapkan akan selalu berubah dari waktu ke waktu.

Tetapi bukan berarti Anda menjadi lengah, karena pada dasarnya mengganti PIN merupakan cara paling tepat untuk menghindari kejahatan perbankan. Berikut dibawah ini adalah tips aman untuk bertransaksi di mesin ATM :

  • Rajin mengganti PIN setidaknya 3 bulan sekali agar dana dan data Anda aman.
  • Selalu tutup bagian tombol ketika Anda akan mengambil uang atau melakukan transaksi melalui mesin ATM.
  • Jangan menggunakan mesin ATM jika lokasinya sepi, cari mesin yang ada pada tempat ramai atau minimarket.
  • Jangan memberikan PIN ATM Anda kepada orang yang tidak dikenal, sekalipun ada yang mengaku dari bank. Sebab petugas bank tidak akan melakukan hal tersebut.
  • Jangan dengan mudah menerima bantuan dari orang tidak dikenal bila Anda menghadapi kendala ketika menggunakan mesin ATM.

Cara mudah melakukan penggantian PIN kartu ATM melalui mesin

Untuk mengubah PIN sebenarnya adalah hal yang mudah, karena Anda hanya harus mendatangi mesin ATM sesuai dengan bank masing-masing. Pergantian PIN ini gratis, jadi Anda perlu khawatir bila saldo terpotong. Berikut dibawah ini adalah caranya dan berlaku untuk semua jenis ATM :

  • Silahkan mendatangi mesin ATM terdekat, tentunya sesuai dengan bank yang Anda pergunakan.
  • Masukkan kartu ATM Anda.
  • Masukkan PIN lama.
  • Pilih bahasa yang diinginkan.
  • Selanjutnya adalah menekan menu pilihan lainnya.
  • Tekan ganti PIN.
  • Bacalah perintah yang ada pada layar.
  • Ketik PIN lama Anda.
  • Tunggu hingga muncul perintah pada layar yang mengharuskan Anda memasukkan 6 digit PIN baru.
  • Selanjutnya Anda akan kembali diminta memasukkan PIN baru sebagai konfirmasi dan proses pergantian PIN telah selesai.
  • Jangan lupa untuk menyimpan struk/ bukti bila PIN sudah berubah atau berganti.

Langkah-langkah diatas tentunya mudah untuk dilakukan, namun Anda harus ingat untuk tidak menerima bantuan dari siapapun ketika akan melakukan penggantian PIN. Apabila Anda merasa takut untuk mengganti PIN di tempat umum, Anda bisa mendatangi bank bersangkutan dan meminta tolong kepada petugas bank terkait hal tersebut.

Selain melalui ATM dan mendatangi bank yang Anda gunakan, Anda juga bisa melakukan pergantian menggunakan mobile banking dan juga internet banking. Tetapi pastikan jika Anda sudah mengaktifkan m-banking maupun ibanking Anda.

Apabila sudah aktif, maka selanjutnya Anda hanya harus masuk/ login ke aplikasi ataupun situs bank yang digunakan. Kemudian pilihlah menu administrasi, nanti pada bagian tersebut akan ada pilihan ganti PIN. Selanjutnya Anda hanya tinggal mengikuti semua perintah yang ada pada aplikasi atau situs.

You may also like