Home Tips Cara Daftar BPJS Kesehatan, Bagaimana Prosedur Lengkapnya

Cara Daftar BPJS Kesehatan, Bagaimana Prosedur Lengkapnya

by Greg Pascal
cara daftar BPJS kesehatan

Sebenarnya cara daftar BPJS kesehatan tidak sulit baik itu untuk pekerja maupun individu biasa. Proses pengajuannya tetap bisa dilakukan dan tidak harus seseorang tersebut tergabung pada perusahaan tertentu. Jadi kebutuhan personal dapat terpenuhi tanpa harus berada dalam naungan perusahaan.

Syarat dan Cara Daftar BPJS Kesehatan Bagi Kebutuhan Personal

Syarat daftar BPJS kesehatan tidak terlalu rumit untuk dipenuhi para pemohon bantuan tersebut. Asalkan pemohon merupakan warga negara Indonesia maka persyaratan administrasinya cukup mudah. Berikut ini adalah beberapa syarat yang perlu dipenuhi pemohon tersebut.

  1. Formulir Daftar Isian Peserta (DIP) yang telah disediakan oleh pihak BPJS Kesehatan.
  2. Fotokopi Kartu Keluarga (KK).
  3. Fotokopi KTP/Paspor masing-masing satu lembar.
  4. Fotokopi Buku Tabungan dari pembayar iuran yang terdapat pada KK
  5. Pas foto berwarna dengan ukuran 3×4 masing-masing satu lembar.

Setelah seseorang memenuhi persyaratan administrasi tersebut maka bisa melakukan pendaftaran secara langsung di kantor BPJS (secara offline) atau menggunakan metode pendaftaran daring. Berikut ini adalah prosedur pendaftaran secara offline dengan datang langsung ke kantor.

  1. Calon peserta dapat mendaftarkan diri secara perorangan maupun kolektif di kantor BPJS Kesehatan
  2. Mengisi formulir Daftar Isian Peserta (DIP) dengan melampirkan berkas berikut ini:
    • Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
    • Fotokopi KTP/Paspor, masing-masing 1 lembar
    • Fotokopi buku tabungan dari salah satu calon peserta BPJS yang terdapat pada KK
    • Pas Foto 3×4, masing-masing sebanyak 1 lembar.
  1. Setelah proses pendaftaran selesai maka calon peserta memperoleh nomor virtual account (VA)
  2. Melakukan pembayaran iuran keanggotaan BPJS ke bank yang bekerja sama yaitu BRI, BNI, dan Bank Mandiri
  3. Bukti pembayaran iuran diserahkan ke kantor BPJS Kesehatan untuk dicetakkan kartu JKN .

Para pemohon juga dapat melakukan pendaftaran secara daring dengan menggunakan aplikasi yang telah dipersiapkan oleh BPJS. pendaftaran secara daring ini bisa dilakukan apabila seseorang memiliki kesibukan padat sehingga tidak mampu daftar BPJS kesehatan secara langsung di kantor.

  1. Untuk melakukan konfirmasi pendaftaran pemohon harus mempersiapkan berkas-berkas yang diperlukan seperti Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), kartu NPWP, serta alamat email serta nomor handphone aktif.
  2. Setelah itu pemohon dapat membuka secara langsung halaman BPJS menggunakan perangkat laptop maupun ponsel pintar.
  3. Lakukan pengisian data yang telah disediakan pihak BPJS dengan benar. Data tersebut mencakup data diri serta pilihan kelas yang ditawarkan pada keanggotaan BPJS, fasilitas kesehatan, dan alamat lengkap.
  4. Pilih biaya iuran yang sesuai dengan kebutuhan anda.
  5. Simpan data yang telah dimasukkan kemudian tunggu email notifikasi nomor registrasi di email yang telah ditautkan. Setelah pemohon mendapatkan notifikasi kemudian cetak lembar virtual account tersebut.
  6. Lakukan pembayaran di bank yang telah ditunjuk, seperti BRI, BNI, dan Bank Mandiri.
  7. Setelah melakukan pembayaran dan penyerahan nomor virtual account (VA) pada pihak bank maka pemohon akan mendapatkan bukti pembayaran.
  8. Akun BPJS Kesehatan sudah berhasil diaktifkan, segera lakukan pengecekan email email anda karena akan ada balasan dari BPJS Kesehatan berupa E-ID Card BPJS yang bisa dicetak sendiri.
  9. Anggota juga bisa mencetak kartu BPJS di kantor cabang BPJS terdekat. Untuk melakukan pencetakan, langsung saja datang ke bagian pencetakan kartu BPJS Kesehatan. Cukup lampirkan semua data keanggotaan yang telah diisi sebelumnya, formulir, virtual account, serta bukti pembayaran.

Dengan melakukan pendaftaran BPJS tersebut maka anda dapat menjamin kesehatan personal dan keluarga tanpa perlu kesulitan. Hanya dengan mengeluarkan uang iuran setiap bulan tergantung golongan BPJS anda bisa mendapatkan layanan kesehatan secara gratis ketika membutuhkan.

cara daftar BPJS kesehatan

Baca Artikel Selanjutnya :

Keuntungan Mendaftar BPJS Kesehatan Bagi Keluarga

Mendaftar menjadi anggota BPJS kesehatan tentu memberikan manfaat bagi keluarga. Anda dapat menjaga kesehatan keluarga tanpa perlu pusing memikirkan biaya perawatan pada saat tertimpa musibah. Sebagai anggota yang baik dan taat memenuhi kewajiban iuran bulanan biaya kesehatan tidak perlu lagi dipikirkan.

Dengan mendaftarkan diri beserta keluarga menjadi anggota penerima BPJS kesehatan maka secara tidak langsung anda akan mengatur keuangan secara mudah. Tidak perlu lagi harus mengalokasikan dana kesehatan dan biaya darurat. Karena pada saat terjadi kondisi terdesak sudah ada bantuan dari BPJS yang bisa diandalkan keluarga.

Mendaftarkan diri beserta keluarga juga merupakan tips keuangan rumah tangga agar pengalokasian dana tidak salah sasaran. Memang seringkali seseorang mudah mengalokasikan dana pada kebutuhan sekunder namun melupakan anggaran primer terpenting yaitu kesehatan.

Oleh karena itu jangan sampai anda menyesal tidak memiliki dana ketika kebutuhan mendesak dengan tidak mendaftarkan diri pada anggota BPJS. apabila anda mencintai keluarga dan ingin menjaganya tentu kesehatan keluarga menjadi prioritas utama. Manajemen keuangan keluarga akan menjadi lebih mudah dengan cara ini.

Adanya dua opsi untuk melakukan pendaftaran anggota BPJS maka para pemohon dapat menyesuaikan dengan kebutuhannya. Apabila anda dapat mengalokasikan waktu untuk datang ke kantor secara langsung maka lakukan pendaftaran offline agar segala urusan administrasi dapat dilengkapi dan selesai pada hari itu juga.

Namun jika anda tidak memiliki waktu luang dan termasuk dalam kategori orang yang sibuk metode online dapat diandalkan. Cara daftar BPJS kesehatan secara online mudah dan cepat dilakukan. Jadi jangan gadaikan kesehatan dan keselamatan keluarga anda dengan tidak bergabung pada BPJS kesehatan.

You may also like