Home Perencanaan Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Paling Mudah

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Paling Mudah

by Greg Pascal
cara cek saldo bpjs ketenagakerjaan

Apabila anda tergabung dalam keanggotaan BPJS pasti ingin tahu cara cek saldo bpjs ketenagakerjaan yang paling mudah dilakukan. Untungnya sudah disiapkan dua cara paling mudah yaitu menggunakan situs resmi dan android. Bagi anda yang belum mengetahuinya berikut ini caranya.

Cara Cek Saldo BPJSTK Menggunakan Website Resmi

Ini adalah cara paling mudah untuk dilakukan karena prosesnya lebih cepat. Para pengguna bisa mengakses secara bebas akun BPJSTK miliknya dan mengetahui detail lain yang berhubungan. Berikut ini adalah cara cek saldo bpjs ketenagakerjaan menggunakan situs resmi.

  1. Kunjungi website resmi di www.bpjsketenagakerjaan.go.id 
  2. Siapkanlah kartu BPJS Ketenagakerjaan untuk melihat Nomor KPJ Anda
  3. Klik Menu Layanan Peserta
  4. Klik Tenaga Kerja
  5. Setelah itu akan muncul pilihan BPJSTK dan antrian online
  6. Untuk cek saldo, klik BPJSTK , buka alamat sso.bpjsketenagakerjaan.go.id dan muncul halaman Login.
  7. Masuk menggunakan email dan sandi sesuai pendaftaran.
  8. Selanjutnya ketika sudah muncul menu, pilih “Lihat Saldo”.

Ingat situs tersebut adalah satu-satunya situs resmi untuk mengakses akun BPJSTK. Selain dari situs resmi dari pemerintah tersebut tidak ada halaman lain yang bisa digunakan untuk mengaksesnya. Apabila anda menemukan website lain untuk melakukan akses maka hati-hati karena bisa jadi itu adalah situs penipuan.

Hal ini perlu anda pahami karena tidak sedikit anggota dari BPJSTK menjadi korban penipuan karena salah dalam memilih situs resmi. Jadi selalu gunakan halaman resmi dari pemerintah untuk mengaksesnya. Atau alternatif lain adalah menggunakan aplikasi resmi yang sudah disediakan.

Cara Cek Saldo BPJSTK Menggunakan Aplikasi Android

Apabila anda memiliki smartphone bisa juga melakukan pengecekan menggunakan aplikasi resmi yang telah disediakan oleh bpjs ketenagakerjaan. Anda bisa mengunduh sendiri aplikasi BPJSTKU melalui Playstore dan memasangnya pada perangkat anda. Berikut ini adalah caranya secara detail.

1. Unduh Aplikasi BPJSTKU

Anda bisa mengunduh aplikasi BPJSTKU menggunakan Playstore secara gratis. Dengan mengetikkan BPJSTKU pada kolom pencarian di Play Store anda sudah bisa menemukan aplikasi resminya. Selain dari aplikasi BPJSTKU tidak ada aplikasi lain yang resmi dari pemerintah.

2. Instal Aplikasi BPJSTKU

Setelah proses pengunduhan selesai maka anda bisa menginstal aplikasi BPJSTKU pada perangkat anda. Tunggu beberapa saat hingga proses instalasi berhasil untuk bisa menggunakannya. Beberapa ponsel mungkin membutuhkan waktu lebih lama saat proses pemasangan ini.

cara cek saldo bpjs ketenagakerjaan

Baca Artikel Selanjutnya :

3. Masuk Menggunakan Akun

Pada saat pertama anda membuka aplikasi BPJSTKU maka akan diminta untuk mengisi informasi akun. Masukkan alamat surel dan password yang anda gunakan untuk mendaftar BPJSTK. Setelah kode tersebut anda masukkan maka bisa langsung masuk ke dalam aplikasi.

4. Gunakan Menu Cek Saldo

Apabila anda sudah bisa masuk ke akun BPJSTK maka proses pengecekan saldo bisa dilakukan. Cari menu “Cek Saldo” untuk melakukan pengecekan apabila anda telah terdaftar dalam keanggotaan BPJSTK. Proses pengecekan akan memakan waktu beberapa detik karena harus mengakses database resmi pemerintah.

Cara Daftar Pengguna Baru

Apabila anda tidak bisa melakukan pengecekan karena belum terdaftar pada keanggotaan BPJSTK maka harus dilakukan pendaftaran terlebih dahulu. Aplikasi BPJSTKU juga bisa digunakan untuk mendaftarkan diri secara mudah. Berikut ini adalah beberapa langkah mudah untuk mendaftarkan diri.

1. Daftar Pengguna Baru

Pada aplikasi BPJSTKU terdapat tombol “Daftar Pengguna Baru” untuk melakukan pendaftaran. Setelah mengklik tombol tersebut maka anda akan diarahkan pada formulir pendaftaran yang perlu diisi. Ingat isi dokumen dengan data yang benar agar proses pendaftaran lebih cepat.

2. Siapkan Dokumen

Siapkan KTP dan kartu BPJS yang anda miliki untuk melakukan pendaftaran akun. Masukkan 11 digit nomor yang tertera dalam kartu BPJS pada kolom nomor KPJ untuk mendapatkan verifikasi akun. Kemudian jangan lupa juga memasukkan alamat surel yang masih aktif untuk melakukan konfirmasi.

3. Tahap Verifikasi

Pada tahap verifikasi ini anda akan menerima email resmi dari pihak BPJSTK berisi nomor unik. Anda bisa menggunakan nomor tersebut untuk melakukan verifikasi kepemilikan akun. Cara ini digunakan untuk meningkatkan keamanan akun pengguna aplikasi BPJSTKU.

4. Pembuatan Kata Sandi

Setelah proses verifikasi menggunakan email berhasil maka anda akan dikembalikan pada aplikasi BPJSTKU. Pada aplikasi tersebut anda bisa mengisikan kata kunci untuk membuka akun anda. Catat juga kata kunci ini agar anda tidak lupa jika akan membuka aplikasi lagi.

5. Tahap Akhir

Setelah pembuatan kata sandi selesai maka anda bisa menggunakan akun BPJSTKU anda secara bebas. Anda bisa melakukan pengecekan status hingga sisa saldo dari akun BPJSTKU. Aplikasi ini juga akan memberitahukan anda secara otomatis ketika ada informasi BPJSTKU dari pemerintah.

Setelah anda mengetahui cara pembuatan akun di aplikasi BPJSTKU pastinya proses pengecekan akan lebih mudah. Dengan memanfaatkan aplikasi ini maka pengguna bebas mengakses akun kapan saja. Jadi proses cara cek saldo bpjs ketenagakerjaan dapat dilakukan tanpa perlu datang ke kantor cabang.

You may also like