Home Tips Cara cek nomor BPJS Kesehatan dengan NIK

Cara cek nomor BPJS Kesehatan dengan NIK

by Mas Abadi
cek nomor BPJS Kesehatan

Pernahkah anda mengalami ketika anda ingin membayar BPJS kesehatan, anda lupa dengan nomor kartu BPJS anda? Bila pernah, apa yang anda lakukan? Apakah anda kembali ke rumah dan mengambil kartu anda, atau menunda untuk membayar BPJS Kesehatan meski besok sudah jatuh tempo? tenang saja, anda tidak perlu khawatir dan pulang ke rumah terlebih dahulu atau bahkan merepotkan diri sendiri karena nomor kartu BPJS kesehatan bisa dicek menggunakan NIK atau Nomor Induk Kependudukan, loh. Mau tahu bagaimana cara cek nomor BPJS Kesehatan menggunakan NIK? Mari simak ulasannya berikut ini.

Cara cek nomor BPJS Kesehatan menggunakan NIK

Nomor kartu BPJS kesehatan memang sangat penting untuk melakukan pembayaran, mengecek tentang keaktifan kartu hingga cek saldo. Namun ada beberapa orang yang terkadang sering lupa dengan nomor BPJS biarpun itu miliknya sendiri disebabkan oleh berbagai hal. Lantas, bagaimana caranya mengecek nomor BPJS apabila anda lupa atau bahkan kartunya hilang? berikut ada beberapa cara agar bisa mengetahui nomor BPJS anda menggunakan NIK.

  • Cek Nomor BPJS Kesehatan menggunakan Aplikasi

Cek nomor kartu BPJS Kesehatan bisa dilakukan melalui aplikasi yang bernama Mobile JKN. Anda cukup mengunduh aplikasi tersebut melalui ponsel anda untuk mengetahui nomor katu BPJS Kesehatan menggunakan NIK. Setelah anda mengunduh aplikasi tersebut, anda diharuskan untuk Login User id dan password yang anda gunakan untuk mendaftar pada BPJS online. Setelah berhasil masuk, anda cukup pilih di menu peserta lalu pilihlah jenis kartu untuk dilakukan pengecekan hingga muncul informasi nomor pada BPJS Kesehatan anda.

cek nomor BPJS Kesehatan

  • Cek Nomor BPJS Kesehatan menggunakan SMS

Selanjutnya, anda bisa mengecek BPJS Kesehatan dengan NIK melalui layanan sms. Selain terbilang cukup mudah, layanan ini juga berfungsi untuk mengetahui informasi penting lainnya termasuk nomor BPJS Kesehatan anda. Caranya hanya dengan mengetik NIK (spasi) Nomor Induk Kependudukan kemudian kirim SMS tersebut ke nomor 0877-7550-0400.

  • Mengecek Nomor BPJS Kesehatan via Website

Cara ketiga adalah menggunakan website yang bisa diakses dengan aplikasi pencarian yang tersedia di ponsel anda. Caranya dengan membuka situs milik BPJS Kesehatan yaitu di http://bpjs-kesehatan.go.id, kemudian pilihlah tombol menu cek iuran BPJS Kesehatan lalu gunakan NIK anda atau nomor BPJS dari anggota keluarga lain yang tertera di KK. Isilah tanggal lahir Anda dan tunggu nomor validasi muncul. Setelah nomor validasi muncul anda hanya perlu mengetik ulang. Setelah seluruh data terisi, anda tinggal pilih tab cek.

  • Cek Nomor BPJS Kesehatan dengan Media Sosial

Mengecek nomor kartu BPJS Kesehatan juga bisa melalui media sosial seperti Twitter. Anda bisa menginformasikan kendala apa yang terjadi sehingga anda lupa dengan nomor BPJS Kesehatan anda melalui DM ( Direct Message) @BPJSKesehatanRI dengan format Nama lengkap, Tanggal Lahir dan NIK anda lalu tunggu balasan dari admin BPJS Kesehatan itu sendiri.

  • Cek Nomor BPJS Kesehatan melalui Call Center

Selain cara-cara di atas, anda juga bisa mengecek nomor kartu BPJS Kesehatan dengan menghubungi Call Center di 1500-400. Setelah telepon tersambung dengan admin, anda hanya tinggal menyebutkan NIK, nama lengkap serta tanggal lahir saja. Anda juga dapat mengecek nomor BPJS Kesehatan anda melalui wbs@bpjs-kesehatan.go.id.

  • Cek Nomor BPJS Kesehatan melalui Kantor BPJS

Bila anda menemui kendala seperti kehilangan kartu BPJS Kesehatan dan anda tidak ingat nomor BPJS Kesehatan anda, maka anda bisa datang ke kantor BPJS Kesehatan yang ada di kota anda. Hal ini bisa menjadi alternative bila anda belum paham dengan kelima sistem di atas. Anda bisa meminta bantuan customer service untuk mengatasi keluhan anda temasuk cara mengecek nomor BPJS Kesehatan anda. Bawalah KTP sebab petugas akan meminta KTP anda untuk memeriksa data-data anda sebelum menginformasikan terkait identitas dan nomor BPJS Kesehatan anda.

Manfaat BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan sangat bermanfaat bagi pesertanya. Selain dapat meringankan dari segi pengobatan, BPJS juga menanggung hampir semua keluhan penyakit loh. Nah, berikut adalah manfaat dari BPJS Kesehatan apabila anda sudah menjadi peserta.

  1. Hampir semua penyakit ditanggung oleh BPJS
  2. Iuran bulanan kepesertaan cukup terjangkau
  3. Sistem pembayaran mudah
  4. Tidak membutuhkan pemeriksaan untuk menjadi peserta
  5. Menjamin kesehatan tanpa batasan umur
  6. Tidak ada ketentuan Pre Existing Condition
  7. Berhak memanfaatkan pelayanan kesehatan tingkat pertama, 
  8. Berhak atas manfaat rawat jalan tingkat pertama
  9. Berhak atas manfaat rawat inap tingkat pertama
  10. Berhak atas manfaat Pelayanan Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan
  11. Berhak atas manfaat Rawat Jalan Tingkat Lanjutan
  12. Berhak atas manfaat Rawat Inap Tingkat Lanjutan.

Bagaimana, mudah bukan? kesehatan saat ini sangat berharga. BPJS Kesehatan adalah program upaya pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam bidang kesehatan dan kenyamanan pengobatan. Jadi bila anda memiliki kendala untuk mengetahui nomor pada BPJS Kesehatan anda dalam keadaan apapun anda bisa mencoba cara cek nomor BPJS Kesehatan atas.

You may also like