Home Perencanaan Cara Cek Jadwal Berangkat Haji

Cara Cek Jadwal Berangkat Haji

by Mas Abadi
cek jadwal berangkat haji

Berangkat haji adalah kewajiban bagi Umat Muslim di seluruh dunia. Bagi Umat Muslim yang ada di Indonesia pun berangkat haji adalah mimpi. Terlebih lagi untuk berangkat kesana harus menunggu, karena jumlah kuota haji tiap tahun untuk Indonesia dibatasi. Hal inilah yang terkadang membuat calon Jamaah Haji lupa kapan waktu keberangkatan. Tapi, sekarang ini sudah bisa cek jadwal berangkat haji dengan menggunakan nomor porsi dan akan dijelaskan lebih jauh dalam artikel ini.

Apa itu Nomor Porsi

Untuk bisa mengecek jadwal keberangkatan haji, Anda membutuhkan nomor porsi. Sebelum mengetahui caranya, lebih baik Anda memahami dahulu tentang nomor tersebut. Pada dasarnya nomor porsi adalah nomor antrian untuk keberangkatan haji. Di mana nomor ini hanya bisa dikeluarkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia.

Isi dari nomor porsi ini adalah tanggal keberangkatan untuk para calon Jamaah Haji dan telah disesuaikan dengan tanggalan masehi dan juga kalender Islam. Lalu kapan calon Jamaah Haji mendapatkan nomor ini? Nomor ini akan diberikan setelah peserta mendaftar kenaikan haji. Setelah itu, jadwal keberangkatannya pun akan sesuai dengan nomor yang sudah diberikan.

Perlu Anda ketahui bahwa nomor porsi ini terdiri dari 10 angka, di mana Anda akan dapatkan setelah menyerahkan setoran awal kepada penyelenggara haji, dalam hal ini adalah bank tempat Anda membayar biaya keberangkatan haji. Jika Anda mendaftar haji lewat travel, maka pastikan Anda meminta nomor ini sebagai bukti pendaftaran keberangkatan haji.

Sangat disarankan bagi Anda yang ingin mendaftar keberangkatan haji, lebih baik secepatnya. Mengapa? Karena jadwal antrian saat ini di Indonesia sudah mencari 10 hingga 15 tahun. Meski ada ONH, tapi tetap saja masa tunggu tidaklah sebentar.

Fungsi dari Nomor Porsi

Walaupun sudah memahami pengertian dari nomor porsi, tapi belum berarti Anda mengetahui apa saja fungsi dari nomor ini. Berikut ini adalah fungsi dari nomor porsi untuk keberangkatan haji:

  • Sebagai nomor antrian

Fungsi pertama dari nomor porsi ini adalah sebagai nomor antrian keberangkatan haji yang sudah disebutkan sebelumnya. Jadi, ketika Anda sudah membayarkan setoran awal dan tidak mendapatkan nomor ini, lebih baik segera memintanya. Karena dengan adanya nomor ini, keberangkatan pun sudah dapat dipastikan.

  • Mengetahui kapan tanggal keberangkatan

Fungsi selanjutnya adalah untuk mengetahui dengan pasti kapan tanggal keberangkatan Anda untuk menunaikan ibadah haji. Tanpa adanya nomor porsi ini berarti Anda belom bisa berangkat. Maka, jika memang belum mendapatkannya, segeralah bertanya dan meminta nomor porsi ini.

  • Sudah terdaftar resmi di Kementerian Agama

Adanya nomor ini pun menjadi bukti bahwa Anda sudah terdaftar di Kementerian Agama. Pada dasarnya nomor ini adalah hasil kerja sama dari Kemenag RI dengan pihak Kerajaan Arab Saudi. Ketika Anda sudah mendapatkan nomor ini, berarti data Anda sudah masuk ke Kemenag dan juga Kerjaan Arab Saudi.

  • Memudahkan Jamaah untuk mempersiapkan diri

Fungsi selanjutnya dari adanya nomor ini adalah memudahkan Anda untuk mempersiapkan segala kebutuhan ketika menjalankan ibadah haji. Semisalnya adalah tetap menjaga kesehatan hingga masa keberangkatan, menunaikan pembayaran sebelum waktu keberangkatan dan lain sebagainya. Mengingat bahwa untuk bisa berangkat perlu menunggu dalam waktu lama, maka Anda harus benar-benar bisa mempersiapkan seluruhnya dengan matang.

  • Masuk dalam kuota haji

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa setiap tahun Kerajaan Arab Saudi hanya bisa menyediakan kuota berangkat haji dengan jumlah terbatas. Maka dari pada itu, tidak heran jika waktu tunggu sangatlah lama. Apalagi setiap tahun pendaftar untuk naik haji selalu bertambah. Jadi, dibuatlah nomor porsi ini agar membuktikan bahwa Anda sudah masuk dalam kuota yang disediakan pada waktu keberangkatan.

Cara Cek Jadwal Keberangkatan Haji

Dengan penjelasan tersebut, maka Anda sudah bisa paham seberapa pentingnya dari nomor porsi ini. Di mana salah satunya adalah untuk mengecek jadwal Anda untuk bisa berangkat haji. Bagi Anda yang ingin megecek kapan Anda akan berangkat haji, berikut ini adalah caranya:

  1. Pertama, bukalah situs resmi dari Kementerian Agama RI di alamat haji.kemenag.go.id.
  2. Apabila sudah, maka Anda akan menemukan menu untuk cek jadwal keberangkatan naik haji Anda. Kliklah menu tersebut.
  3. Kemudian, akan tersedia sebuah kolom yang perlu Anda isi dengan 10 nomor porsi yang telah diberikan sebelumnya. Masukanlah nomor tersebut dan pastikan Anda memasukannya dengan benar. Kliklah tombol Cari.
  4. Lalu, tunggulah beberapa saat hingga proses selesai. Di mana nantinya akan muncul seluruh data tentang jadwal keberangkatan Anda beserta dengan nama dan juga domisili pendaftaran.

Demikianlah penjelasan tentang cara cek jadwal berangkatan haji untuk Anda yang ingin memastikan kapan bisa menenuaikan Rukun Islam yang ke-5 ini. Untuk Anda yang berkeinginan untuk naik haji, usahakan mendaftar secepat mungkin karena setiap tahunnya kuota yang ada sangatlah terbatas.

You may also like