Home Tips Cara-cara Menjadi Perempuan yang Mandiri Secara Finansial

Cara-cara Menjadi Perempuan yang Mandiri Secara Finansial

by Mas Abadi

Di zaman sekarang ini, sudah bukan saatnya lagi perempuan menjadi nomor dua setelah laki-laki. Sekarang setiap orang dapat memiliki peluang yang sama kapan pun mereka ingin mencoba. Nah untuk bagi para wanita, ayo bangun dan bangkit  bersama untuk meraih kemandirian finansial dan tidak bergantung kepada siapapun. 

Kemandirian finansial yang lengkap juga harus dicapai bagi wanita yang telah menikah untuk mengurangi risiko keluarga. Jadi, jika sesuatu yang tidak terduga terjadi kepada pasangan maupun anggota keluarga yang lainnya, Anda mungkin masih kesulitan untuk memenuhi kebutuhan finansial. 

Sebagai wanita yang sudah menikah, Anda tidak harus bersembunyi di bawah bayang-bayang suami Anda. Bahkan dengan kemandirian finansial Anda dapat memenuhi impian Anda. Nah, berikut ini adalah cara-cara agar Anda bisa menjadi wanita mandiri secara finansial.

Mengenali potensi dan kondisi

Dalam dunia profesional dan bisnis, perempuan seringkali dihadapkan pada berbagai kondisi yang sulit, baik dalam keluarga maupun dalam masyarakat. Dari jam kerja yang kurang fleksibel hingga tuntutan, norma keluarga serta masyarakat yang berbeda. 

Menghadapi berbagai kendala tersebut, Nia mengatakan penting bagi Anda untuk mengetahui potensi  dan  nilai terdalam Anda. “Kami dapat menawarkan ini dalam  pekerjaan, layanan, atau produk,” katanya.

Menentukan target atau tujuan finansial

Jika Anda sudah mempunyai penghasilan sendiri, mulailah merumuskan tujuan keuangan Anda agar hasil kerja keras Anda dapat dikelola dengan lebih baik. Tujuan bertahap serta matang kemampuan untuk memenuhi keperluan pribadi hingga target  finansial dalam  jangka panjang. 

Berinvestasi adalah cara untuk mencapai tujuan keuangan masa depan. Reksa dana merupakan investasi yang mudah bagi pemula karena reksa dana dikelola oleh MI profesional dan diatur secara resmi oleh OJK.

Bijak Berbelanja

Jika Anda sudah mempunyai penghasilan sendiri, mulailah merumuskan tujuan keuangan Anda agar hasil kerja keras Anda dapat diatur dengan lebih baik. Tujuan matang dan bertahap . “Dari keahlian memenuhi keperluan pribadi sampai tujuan finansial untuk jangka panjang. 

Berinvestasi merupakan cara untuk mencapai target keuangan di masa mendatang. Investasi yang mudah bagi pemula adalah reksa dana, karena reksa dana dikelola oleh MI profesional dan diatur secara resmi oleh OJK.

Memiliki penghasilan

Bagi Anda yang masih bekerja, tentunya tidak sulit untuk mengisi kebutuhan tersebut. Karena itu artinya Anda tetap mempunyai penghasilan tetap setiap bulannya, namun untuk wanita yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga Anda juga dapat memiliki penghasilan. 

Ekspansi dunia digital dapat dijadikan ladang penghasilan. Ini bisa dilakukan dengan menjadi reseller serta menjual produk rumahan seperti lauk yang dimasak atau lainnya. Anda juga bisa membuat makanan ringan, misalnya minuman dingin dan kemudian membawanya ke toko di dekat rumah Anda. 

Hal yang paling penting adalah Anda memiliki penghasilan sendiri, tetapi bukan tentang membicarakan besar dan kecil, tapi tentang melatih kemandirian supaya bisa menjaga diri nanti. Selain itu, nantinya pendapatan dari penjualan atau hasil menjadi reseller dapat digunakan secara bebas sesuai keinginan atau kebutuhan Anda.

Perdalam ilmu

Ketika berbicara tentang kemandirian finansial, itu bukan hanya tentang uang. Anda harus meningkatkan juga. Hal ini memungkinkan Anda untuk memanfaatkan kesempatan yang kemungkinan akan muncul di masa depan. Jangan merasa lelah dan jenuh dengan ilmu yang Anda miliki saat ini. 

Terus merangsang rasa haus akan informasi sehingga Anda dapat meningkatkan keterampilan Anda.Misalnya, jika Anda ingin menguasai bahasa Jepang, maka lakukanlah. Belajar melafalkan bahasa Jepang dengan benar melalui film atau program lain. Setelah itu, asah terus dengan sering-sering menonton program berita Jepang. 

Tujuannya adalah untuk membiasakan diri mendengar bagaimana bahasa itu harus diucapkan. Bahkan bagi Anda yang ingin mendalami keterampilan lain seperti pemasaran digital, copywriting, dll. lanjutkan saja. 

Disiplin Keuangan

Hal lainnya yang perlu Anda lakukan untuk menjadi perempuan yang mandiri secara finansial, yaitu disiplin tentang uang. Anda bisa mulai mengatur pos alokasi dana untuk pengeluaran, investasi dan juga dana sehari-hari. 

Anda bisa mulai dengan rumus investasi 20%, hutang atau biaya lain 30%, dan 50% kebutuhan pokok. Cobalah untuk mengelola keuangan Anda secara konsisten dengan bagian ini. Maka dari situ terlihat bahwa Anda memang orang yang memiliki bakat untuk dapat mandiri secara finansial. Jangan terpengaruh oleh diskon atau promosi penjualan. 

Jika Anda kehabisan uang untuk berbelanja, jangan terlalu bersemangat menggunakan tabungan Anda demi membeli barang-barang yang tidak Anda butuhkan. Karena sebenarnya tidak ada yang gratis untuk dilakukan. Ini semua tentang bagaimana peluang dapat mempertemukan mereka sehingga dapat menerapkan pengetahuan yang telah Anda peroleh.

Demikianlah kiat-kiat untuk bisa menjadi sosok wanita yang mandiri secara finansial. Intinya Anda haruslah bijak dalam menggunakan uang serta berusaha menekan keinginan membeli suatu produk atau apapun yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

You may also like