Home Tips Cara Bijak Mengatur Pengeluaran Bulanan untuk Gaji Pas-Pasan

Cara Bijak Mengatur Pengeluaran Bulanan untuk Gaji Pas-Pasan

by Mas Abadi
bisnis modal kecil

Anda mungkin pernah mendengar peribahasa “lebih besar pasak daripada tiang”, tapi sudah tahu artinya belum? Peribahasa tersebut ternyata bermakna lebih banyak pengeluaran daripada pemasukan, sehingga dapat diartikan juga sebagai kondisi keuangan setiap orang. Kalau ingin mencapai kemerdekaan finansial, tentu harus menghindari kondisi tersebut.

Tapi bagaimana caranya? Selain menabung, Anda perlu melakukan beberapa hal lain supaya kondisi keuangan terjamin di masa depan. Salah satunya dengan mengatur pengeluaran bulanan secara bijak, terutama bagi orang-orang yang gajinya pas-pasan. Anda harus bisa mengatur keuangan agar pemasukan dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan.

Alasan Mengapa Mengatur Pengeluaran Itu Sangat Penting

Kondisi finansial merupakan salah satu hal yang dapat mempengaruhi kehidupan seseorang. Tentu kehidupan kita bisa berjalan dengan baik apabila kondisi keuangannya juga baik, begitupun sebaliknya. Hanya saja pada kenyataannya masih sedikit orang yang paham dan mementingkan kondisi finansial mereka. Padahal ini sangat penting untuk menjamin masa depan.

Kalau belajar cara mengatur keuangan dengan baik, Anda mungkin diajarkan untuk mengevaluasi pengeluaran. Evaluasi dilakukan agar kita mengetahui apakah uang sudah dibelanjakan untuk kebutuhan saja atau telah membelanjakan uang secara berlebihan. Berikut ini beberapa alasan kenapa mengatur pengeluaran itu sangat penting, terutama bagi Anda yang ingin mencapai kebebasan finansial lebih cepat.

Mewujudkan Tujuan Hidup

Setiap orang tentu saja memiliki impian yang ingin diwujudkan dalam hidupnya. Misalnya di masa depan ingin membeli rumah menggunakan uang sendiri. Tentu hal tersebut dapat terwujud kalau mampu mengatur keuangan dengan baik. Supaya tidak menunggu sampai tua, maka harus dimulai dari usia produktif. Kalau bisa mengatur pengeluaran bulanan, maka Anda bisa menyisihkan pemasukan ke tabungan.

Memiliki Dana Siaga

Jangan hamburkan uang secara percuma, Anda harus mulai memperhatikan pengeluaran kalau ingin memiliki dana siaga. Kenapa harus menyiapkan dana siaga? Kita semua tidak bisa memprediksi peristiwa-peristiwa yang akan terjadi di masa depan, mungkin ada yang berhubungan dengan kondisi finansial nantinya.

Guna mengantisipasi hal tersebut, dana siaga diperlukan agar dapat memenuhi kebutuhan yang bersifat mendesak. Kalau diibaratkan seperti menyediakan payung sebelum hujan. Jadi, silahkan sisihkan penghasilan Anda ke dana siaga terlebih dahulu sebelum dipakai untuk belanja keinginan. Mengatur pengeluaran bulanan yang baik akan membantu Anda menyiapkan masa depan yang lebih terjamin.  

Meningkatkan Cash Flow

Alasan penting lainnya kenapa harus membuat pengeluaran bulanan adalah untuk meningkatkan cash flow. Ini sangat membantu dalam memonitor pos-pos pengeluaran selama sebulan bahkan selama setahun. Dengan cash flow yang meningkat, diharapkan Anda dapat mengeluarkan uang dengan lebih bijaksana untuk meningkatkan potensi menabung. Silahkan atur pengeluaran Anda sejak dini.

Menghilangkan Hal-hal tidak Penting yang Dikeluarkan Selama ini

Apakah Anda termasuk orang yang rutin mencatat apa saja yang dihasilkan dan dikeluarkan secara detail? Terutama saat gajian, kebanyakan orang yang baik dengan masalah pengelolaan keuangan akan langsung menggunakan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya. Mungkin ada juga yang membayar tanggungan terlebih dahulu, kemudian memasukan sisanya ke dalam tabungan. Kalau sudah tahu berapa pengeluaran, maka mudah untuk menghentikan kebiasaan boros. Anda akan lebih berhemat dan mencapai tujuan finansial lebih cepat.

Cara Mengatur Pengeluaran Bulanan yang Baik

Memastikan jumlah pengeluaran lebih sedikit dari pemasukan merupakan poin terpenting dalam meraih kondisi finansial yang terjaga. Kami telah mengulas cara mengatur pengeluaran bulanan yang baik bagi Anda yang gajinya masih pas-pasan. Yakni dengan menentukan pos-pos pengeluaran.

Hal ini menjadi langkah pertama yang harus dilakukan agar pengeluaran Anda tidak lebih besar daripada pemasukan. Pengelolaan keuangan yang tepat tentu akan membantu dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Lalu, apa saja pos keuangan dalam mengatur pengeluaran?

Pos Bayar Utang

Kalau masih punya tanggungan yang harus dibayar, maka sisihkan gaji Anda untuk melunasinya terlebih dahulu baru digunakan untuk hal lain. Ketepatan waktu membayar perlu diperhatikan untuk menghindari tagihan yang melonjak karena denda keterlambatan. Anda juga harus memastikan bahwa hutang yang dimiliki tidak lebih dari 30% pemasukan.

Pos Sosial

Anda harus menyisihkan sebagian gaji untuk keperluan beramal karena hal ini juga membantu dalam mencapai keuangan yang ideal. Memiliki anggaran pos bisa membuat diri lebih bersyukur dan meringankan beban batin. Silahkan gunakan sedikit dari gaji Anda untuk kebutuhan sosial.

Pos Asuransi dan Pelayanan Kesehatan

Tidak ada yang tahu kapan musibah akan datang. Untuk itu Anda wajib memiliki asuransi sebagai langkah preventif. Setidaknya alokasikan paling sedikit 10 persen gaji untuk pos pengeluaran ini. 

Pos Kebutuhan Sehari-hari

Jumlahnya harus lebih besar dari pos-pos lain karena berkaitan dengan kebutuhan harian. Anda harus bisa menggunakan 60 persen penghasilan untuk pos pengeluaran ini untuk memastikan kebutuhan tetap terpenuhi. Misalnya adalah makan dan minum.

Pos Investasi

Investasi tentu penting dimiliki setiap orang guna mengantisipasi terjadinya inflasi di masa depan. Setidaknya alokasikan sekitar 20 persen penghasilan ke instrumen investasi menguntungkan sesuai toleransi risiko Anda.

Dengan mengetahui cara membuat pengeluaran bulanan yang baik, Anda bisa memiliki perencanaan keuangan yang baik. Silahkan jadikan informasi di atas sebagai acuan.

You may also like