Home Bisnis Cara Beternak Sapi untuk Pemula

Cara Beternak Sapi untuk Pemula

by Mas Abadi

Cara beternak sapi untuk pemula

Beternak sapi adalah kegiatan yang tidak mudah dilakukan dan memerlukan tenaga yang cukup besar, selain itu jika beternak sapi akan digunakan sebagai lahan bisnis maka harus memiliki tempat yang memiliki standar baik dari kebersihan, pakan, sumber daya manusia yang merawatnya.

 

Pada era teknologi yang sangat pesat dalam bidang ilmu peternakan, membuat pemilik sapi yang hanya mulanya untuk dipelihara saja karena hanya memiliki sapi dengan bobot yang kecil sehingga ketika dijual tidak memberikan hasil yang maksimal, lalu dengan banyaknya informasi bibit unggul dengan teknologi kawin silang bibit sapi unggul dengan sapiĀ  membuat banyak peternak yang berbondong-bondong ingin memiliki sapi yang memiliki bobot yang sangat besar seperti limousin, brahman, beefalo dan lain-lain.

Jenis Sapi Bibit Unggul Untuk Peternak Pemula

Banyak sekali jenis sapi dengan spesifikasi yang beragam, dari fisik pastinya akan mencari yang paling besar, lalu kualitas daging yang dimiliki sapi tersebut juga menjadi nilai lebih, karena dibeberapa eropa dan amerika banyak sekali memilih kualitas daging sapi terbaik. lalu apa saja jenis sapi dengan kualitas terbaik yang banyak diminati untuk ekspor dan impor? simak penjelasannya dibawah ini,

 

  • Sapi Limosin
    Jenis sapi unggulan yang banyak dicari oleh warga Indonesia adalah sapi limosin, dengan bobot yang bisa mencapai 1 ton lebih, sapi jenis ini juga banyak dibudidayakan di Indonesia. sapi limosin merupakan sapi yang didatangkan dari daerah dataran tinggi di Prancis, biasanya bibit atau anakan limosin di import ke negara-negara yang konsumsi daging sapinya tinggi seperti asia dan amerika.

    Sapi limosin adalah salah satu sapi primadona ketika lebaran potong di negara-negara mayoritas muslim karena sapi ini memiliki kualitas daging yang banyak dan cukup bagus untuk olahan makanan tradisional dan Modern.

  • Sapi Beefalo
    Jenis sapi unggulan selanjutnya adalah jenis sapi dari silangan antara hewan Bison dengan dikawinkan sapi lokal di Amerika. Bison merupakan hewan dengan bobot dan postur tubuh yang sangat besar sehingga persilangan ini menghasilkan sapi dengan postur yang besar besar.

    Persilangan antara Bison dan Sapi lokal membuat kualitas daging rendah lemak dari pada jenis sapi amerika lainnya, akan tetapi untuk kulit dari beefalo juga sangat tebal jadi jenis sapi ini cocok dibudidayakan di daerah yang memiliki iklim dingin.

  • Sapi Brahman
    Jenis sapi unggulan selanjutnya adalah sapi yang memang diciptakan oleh peneliti di amerika dengan bibit yang diambil dari salah satu kota di India yaitu kota brahma, bibit sapi ini melalui proses yang sangat rumit dari segi pakan, vitamin yang diberikan sampai tempat atau kandang juga harus diperhatikan, setelah riset yang panjang terciptalah sapi brahman ini dengan kualitas terbaik di Amerika, sapi brahman juga disebut-sebut rendah kolesterol dan lemak jahat.

  • Sapi Angus
    Jenis sapi unggulan selanjutnya adalah sapi Angus, sekilas secara postur dan bobotnya sapi ini mirip sekali dengan sapi brahman akan tetapi bedanya kulitnya lebih tebal dan warna sapi ini lebih gelap.

    Sapi Angus berasal dari Skotlandia yang terkenal digunakan untuk makanan steaknya, jenis daging yang memiliki sedikit lemak lalu serat yang padat membuat daging sapi Angus banyak diminati oleh restoran atau hotel bintang lima.

  • Sapi Hereford
    Jenis sapi selanjutnya yang merupakan sapi yang sangat luar biasa bobotnya dan juga pemegang rekor dengan sapi terberat yaitu 1,7 ton. jenis sapi ini sangat diminati seluruh dunia, karena dalam satu ekor sapi bisa mencapai 1 ton lebih akan negara-negara konsumtif daging sapi dapat terpenuhi.

Bagaimana Cara Beternak Sapi untuk Pemula

Beternak sapi merupakan hal yang sangat lumrah ketika melihat perkampungan- perkampungan yang ada di daerah Indonesia, masyarakat sendiri sudah terbiasa dengan memelihara sapi ini secara turun temurun. selain untuk dikonsumsi sapi juga dapat dijadikan alat bisnis seperti untuk menarik kereta atau membantu petani di sawah, sebelum Anda ingin beternak sapi lebih baik membaca penjelasan dibawah ini,

 

  • Mencari Tahu Modal Awal untuk Membeli Sapi Unggulan, Jika modal Anda masih belum cukup untuk membeli sapi dewasa, disarankan untuk membeli sapi yang masih umur sekitar satu tahun dan merawatnya dari kecil.

  • Memilih jenis sapi dengan kualitas terbaik dan juga sesuai dengan iklim dimana Anda tinggal, jika berada di pegunungan bisa memilih sapi jenis brahman, limosin atau beefalo.

  • Mempersiapkan Kandang Sapi yang cocok dan tidak sempit dengan jenis sapi yang sudah Anda beli, semakin banyak sapi yang diternak makin luas kandang yang harus dibuat. selain itu kandang sapi juga harus mendapatkan sinar matahari yang cukup.

  • Pemberian Pakan yang berkualitas juga dapat mendorong perkembangan sapi dengan cepat dan berkualitas tinggi.

  • Perawatan sapi yang baik dengan memberikan vaksinasi, vitamin lalu obat-obatan lain yang mendorong tumbuh kembang sapi menjadi bibit unggulan dan nilai jualnya tinggi.

You may also like