Home Investasi Cara Bermain Saham agar Untung

Cara Bermain Saham agar Untung

by Mas Abadi
bermain saham

Tips bermain saham perlu dipahami oleh para pelaku trading khususnya pemula sebelum mereka benar-benar terjun ke dalam dunia investasi saham, sabab saham adalah salah satu instrumen investasi berupa pasar modal yang mempunyai risiko tinggi namun Anda dapat meminimalisir risiko agar dapat memperoleh banyak keuntungan.

Nah, pada kesempatan kali ini Anda dapat menyimak cara bermain trading saham khususnya bagi investor pemula. Untuk lebih lengkapnya simak penjelasan dibawah ini.

1.       Pilihlah Sekuritas dengan Biaya Kecil

Tips pertama yakni Anda harus pilih salah satu perusahaan sekuritas. Untuk biaya transaksi antar broker saham atau perusahaan sekuritas pun bervariasi. Pastinya Anda sedikit bingung terhadap apa itu biaya transaksi.

Di dunia investasi saham, Anda harus mempunyai rekening efek yang disiapkan oleh perusahaan sekuritas tersebut. Jika sudah memiliki rekening, Anda dapat melakukan top-up dana ke re rekening ini yang nantinya digunakan layaknya uang elektronik. Anda dapat membeli berbagai saham untuk dibeli secara online menggunakan uang tersebut.

Semakin kecil biaya sekuritas, tentu dapat menguntungkan Anda. Akan tetapi tidak berarti biayanya yang besar tidak layak untuk dipilih. Jika sudah mengetahui sekuritas mana yang akan dituju, Anda dapat segera menyiapkan dokumen untuk membuat rekening dan mulai belajar IDX atau indeks saham.

2.       Jangan Terlalu Pelit Pengeluaran

Setelah mempunyai rekening efek serta aplikasi bermain saham, Anda dapat top up atau transfer data ke rekening itu. Jika Anda ragu tentu ini adalah hal yang wajar sebab semua orang tidak mau kehilangan uang dari berinvestasi apalagi dalam jumlah yang besar. Akan tetapi, Anda tidak perlu cemas sebab bermain saham dapat dilakukan dengan bermodalkan uang 100 ribu kemudian Anda hanya perlu mengikuti tahapan yang sudah dianjurkan.

Pada transaksi saham sendiri ada yang namanya satuan lot, satu lot berupa 100 lembar saham. Jika harga satu lembar seribu rupiah, Harganya itu berarti satu lot tinggal dikali 100 yaitu 100 ribu. Pastinya Anda tidak mungkin langsung mendapatkan uang yang banyak dari modal 100 ribu saja. Anda harus berinvestasi dengan konsisten serta terukur, tidak boleh tergesah-gesah mengeluarkan uang untuk membeli saham.

Anda harus belajar menahan nafsu dari para investor yang sudah lama berkecimpung di dunia investasi saham, dan selalu sabar dan tenang setiap kali mengambil keputusan. Merasa terpuruk ketika bermain saham adalah hal yang wajar sebab investasi tersebut tidaklah gratis, paling penting Anda sudah mengetahui cara bijak untuk tidak mengulangi lagi kesalahan yang sama.

3.       Pilihlah Saham di Indeks IDX30 dan LQ45

Bursa Efek Indonesia menerbitkan indeks saham yang berperan sebagai pengukuran statistik pergerakan harga dari banyak saham, dan dipilih sesuai kriteria tertentu. Ada sekitar 35 indeks yang sudah terdaftar di dalam BEI dan agar Anda tidak bingung untuk memilih saham yang ada pada Indeks LQ45 atau IDX30.

Terdapat alasan dimana saham yang ada di dalam indeks ini memiliki likuiditas yang begitu tinggi serta fundamental perusahaan pun dinilai baik.

Memilih jenis yang saham yang ada di indeks tersebut adalah cara bermain saham terbilang aman bagi pemula. Nah, dengan mengikuti cara bermain trading saham kali ini, Anda dapat belajar saham dengan memahami dan mengenali apa saja hal yang termasuk di dalam indeks LQ45 dan juga IDX30.

4.       Melakukan Stop-loss

Jika bertanya mengenai bagaimana bermain trading saham yang tepat? Salah satunya yaitu tetap tenang serta tidak panik ketika harga saham yang Anda beli malah turun, Anda harus tenang dan tidak perlu khawatir. Mengatur emosi dalam dunia investasi saham itu sangat penting sebab naik turunnya saham adalah yang sangat amat wajar. Selama perusahaan yang Anda tanamkan modal tersebut memiliki prospek bagus, nantinya harga sahamnya pun besar kemungkinan akan naik kembali.

Ketika menyaksikan portfolio merah, Anda dapat melakukan peninjauan ke emiten bersangkutan. Jika penurunan saham disebabkan oleh faktor fundamental finansial, Anda tidak boleh ragu untuk melakukan stop-loss. Kerugian dapat semakin besar jika perusahaan berujung bangkrut.

5.       Belilah Ketika Harga Saham Turun

Membeli saat ketika harga turun merupakan kesempatan yang bagus. Tapi masih banyak orang yang menganggap bahwa saat harga saham sedang mengalami penurunan adalah kondisi yang buruk untuk melakukan pembelian saham. Asumsi tersebut bisa benar dan bisa salah, sesuai situasi pada saat itu.

Anda dapat membeli saham yang nilainya sedang menurun dan memiliki potensi untuk meningkat nantinya. Jika itu terjadi, Anda dapat memperoleh keuntungan yang sangat tinggi. Anda perlu mengetahui bahwa tidak ada cara bermain trading saham yang mutlak atau benar, semua hal sesuai dengan pilihan bentuk investasi Anda.

6.       Diversifikasi Saham

Upaya satu ini adalah teknik untuk meminimalisir terjadinya kerugian dengan cara membeli saham pada sektor yang bervariasi seperti consumer goods, perbankan, properti dan sebagainya. Cara bermain trading saham ini tujuannya untuk mengantisipasi apabila waktu-waktu nilai saham Anda menurun karena suatu hal, dan kerugiannya dapat tertutupi oleh saham Anda yang ada di industri lainnya. 

You may also like