Home Bisnis Cara Berjualan Online Shop Untuk Pemula

Cara Berjualan Online Shop Untuk Pemula

by admin
tips jualan online shop

Online shop merupakan salah satu teknologi berbelanja terkini yang memiliki akses luas dan bisa menjangkau ke seluruh aspek masyarakat bawah dan atas. kemajuan teknologi menjadi peluang yang sangat besar untuk mengembangkan potensi penjualan tanpa harus memiliki toko fisik dan juga dapat menghemat biaya operasional pengusaha.

Pada usaha Mikro kecil, dengan menggunakan online shop akan memberikan dampak positif, karena ketika penjualan di toko atau warung menurun dapat beralih ke online shop supaya penjualannya tetap stabil dan konsumen yang ingin membeli produknya lebih dimudahkan.
Menjamurnya Platform yang mendukung pengusaha untuk berjualan online menjadi peluang di masyarakat berbondong-bondong membuat bisnis dari rumah dan di promosikan dengan membuka online shop. Makanan, minuman dan fashion menjadi target utama para pebisnis yang notabene pemula ingin mencoba keberuntungan dengan membuat online shop.

Perputaran pasar yang semakin modern saat ini membuat Konsumen memilih untuk mencoba membeli produk atau jasa melalui online shop, bagaimana tidak, dengan menggunakan online shop sangat dimudahkan dan produk yang dibeli bisa langsung datang ke alamat konsumen, Jika harus datang ke outlet atau toko offline harus memakan waktu dan biasanya jika produk yang dibeli sangat langka akan membuat konsumen lama mengantri untuk mendapatkan produk tersebut.

Cara berjualan Online secara Umum

Online shop merupakan bisnis yang menggiurkan bagi pemula, karena bisnis ini terlihat mudah dan hanya berbekal gadget dan keinginan untuk membuat inovasi sebuah produk yang akan dijual. Akan tetapi apakah bagi pemula, online shop menjadi bisnis yang menguntungkan? simak uraian cara berbisnis dengan online shop dibawah ini,

  • Memikirkan Produk atau jasa yang akan dijual

    Langkah pertama yang harus Anda lakukan ketika ingin membuat online shop adalah menentukan produk apa yang ingin dijual. Banyak orang yang ingin berjualan online akan tetapi masih bingung akan berjualan apa? Hal dasar yang harus Anda pikirkan terlebih dahulu, mengikuti pasar yang sedang ramai memang bagus untuk pebisnis pemula, akan tetapi untuk jangka panjang tidak bagus karena tren yang terjadi saat ini tidak selalu memiliki perkembangan bisnis yang selalu naik juga. lebih baiknya Anda memikirkan produk yang dijual adalah produk yang selalu dibutuhkan konsumen dan konsumen memiliki keinginan membelinya setiap hari.
  • Membuat Strategi Pemasaran Online

    Langkah selanjutnya adalah membuat strategi pemasaran online atau dengan bahasa kerennya adalah SEO (Search Engine Optimization). strategi ini menjadi sangat penting ketika Anda sudah memiliki produk yang matang dan ingin memasarkannya secara luas, Seo dalam online shop menjadi satu yang wajib Anda pikirkan, karena akan mempengaruhi penjualan dan berapa lama produk yang akan Anda jual bertahan lama.

    Misalnya, ingin menjual makanan atau minuman yang menurut Anda enak dan Anda juga sudah memberikan tester kepada kerabat dan hasilnya memuaskan, akan tetapi masih bingung bagaimana memasarkannya supaya dapat dinikmati semua orang dengan jangkauan yang luas. Metode strategi Seo merupakan cara yang tepat wajib Anda coba, dengan strategi ini akan membuat makanan atau minuman yang Anda jual lebih terlihat bonafit. contoh seo yang bisa Anda coba yaitu membuat website penjualan, mendaftarkan google Ads untuk mengiklankan produk Anda.
  • Memilih Platform Online Shop yang Tepat

    Memilih platform yang tepat adalah salah satu yang wajib juga Anda pikirkan, jika salah memilih platform tempat dimana akan menjual produk Anda. platform yang baik adalah platform yang memberikan pelayanan kepada tenant dengan memberikan kemudahan dalam mengakses aplikasi dan memberikan promo-promo kepada calon konsumen.

    Setiap platform memiliki karakteristik yang berbeda-beda, akan tetapi platform akan memberikan jaminan supaya produk yang Anda jual akan laris terjual. Anda harus mempelajari karakteristik dan pelayanan platform sebelum memakainya.
  • Belajar untuk Membuat Konten yang Menarik

    Langkah selanjutnya adalah memperbanyak membuat konten tentang produk yang akan Anda jual, akan tetapi dengan variasi konten yang mungkin sedang viral saat ini, lalu mengisi blog,website hingga membuat video review tentang produk Anda.
  • Membuat Promo-Promo dan Diskon Produk

    Langkah terakhir yang bisa Anda coba adalah dengan memberikan promo dan diskon untuk calon konsumen. Hal ini dimaksudkan untuk menarik perhatian calon konsumen dan ingin membeli produk Anda, akan tetapi harus tetap menghitung budget yang harus dikeluarkan untuk promo dan diskon supaya tidak terjadi kerugian.

Nah, itu dia cara dan tips berjualan online shop untuk pemula dan juga bagaimana mengembangkan supaya online shop yang dibuat dalam jangka waktu panjang.

 

You may also like